• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Batuk Pilek Anak, Ini Penanganan Rumahan yang Dapat Dilakukan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Batuk Pilek Anak, Ini Penanganan Rumahan yang Dapat Dilakukan

Batuk Pilek Anak, Ini Penanganan Rumahan yang Dapat Dilakukan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 November 2022

“Orang tua tidak perlu panik saat anak mengalami batuk pilek. Batuk pilek anak dapat diatasi dengan penanganan rumahan, seperti dengan memberikan madu, minuman hangat, hingga memperbanyak istirahat.”

Batuk Pilek Anak, Ini Penanganan Rumahan yang Dapat DilakukanBatuk Pilek Anak, Ini Penanganan Rumahan yang Dapat Dilakukan

Halodoc, Jakarta  – Batuk dan pilek sering terjadi pada anak. Herannya lagi, batuk dan pilek ini sering menyerang di saat bersamaan. Batu pilek anak sering kali membuat tidak nyaman, karena anak jadi sulit tidur di malam hari. 

Perlu diwaspadai, batuk pilek anak yang dibiarkan tanpa pengobatan dalam waktu yang lama bisa berakibat serius. Orang tua harus segera melakukan penanganan pertama. Sebagai langkah awal, penanganan rumahan dapat dilakukan. Lantas, apa saja penanganan rumahan untuk mengatasi batuk pilek anak?

Penanganan Rumahan untuk Atasi Batuk Pilek Anak

Berikut ini penanganan rumahan untuk mengatasi batuk pilek anak:

  1. Gunakan pelembap udara

Udara yang lembap dapat mengencerkan lendir sehingga anak bisa bernapas lebih mudah. Tempatkan pelembab udara di dekat tempat tidur, tapi jangan terlalu dekat dengan anak. Pastikan untuk membersihkan dan mengeringkannya setiap hari untuk mencegah kontaminasi bakteri atau jamur. 

  1. Perbanyak Istirahat

Istirahat dapat membantu tubuh anak untuk melawan infeksi, terutama saat ia demam. Sebaiknya jangan biarkan anak bermain atau beraktivitas terlalu berat untuk mempercepat pemulihan.

  1. Berikan cairan yang cukup

Air putih, jus, sup, dan cairan bening lainnya dapat membuat Si Kecil tetap terhidrasi. Mendapatkan asupan cairan juga dapat melonggarkan dan mengencerkan lendir. Hal tersebut membantu membersihkan saluran hidung anak. Selain itu, batuk dan aliran napas hidung bisa terasa lebih baik dan mudah setelahnya. Uap dari sup juga dapat menenangkan batuk dan meredakan tekanan sinus.

  1. Berkumur dengan air garam hangat

Berkumur dengan larutan garam dapat meredakan sakit tenggorokan. Cobalah untuk berkumur dengan air garam hangat sebanyak sekali atau dua kali sehari untuk pemulihan. 

  1. Minum madu

Untuk meredakan batuk, berikan anak satu sendok teh madu sesuai kebutuhan. Namun, hindari memberikan madu pada bayi, karena berisiko pada kondisi yang disebut botulisme infantil. Anak yang lebih besar dapat meminum 1 hingga 3 sendok teh madu secara langsung atau mencampurnya  dengan segelas air putih. 

  1. Gunakan uap hangat

Udara hangat dan lembap dapat meredakan hidung tersumbat dan batuk. Orang tua dapat mengubah kamar mandi menjadi ruang uap dengan menyalakan air panas dan menutup pintu. Duduklah di kamar mandi bersama anak selama sekitar 15 menit.

  1. Gunakan minyak esensial

Produk herbal ini semakin populer dan beberapa mungkin efektif meredakan batuk atau nyeri otot saat dioleskan ke kulit atau disemprotkan ke udara. Namun, sebaiknya tetap  bicarakan terlebih dulu pada dokter sebelum menggunakan minyak esensial. Sebab, tidak semua minyak aman untuk anak dan dosisnya tidak diatur.

Batuk dan pilek merupakan keluhan kesehatan yang terbilang umum pada anak, dan dapat berlangsung selama berhari-hari. Batuk yang dialami anak biasanya bukan kondisi serius, meskipun dapat mengganggu tidurnya.

Nah, bila cara-cara di atas tidak mampu meredakan batuk pilek anak, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apalagi bila batuk pileknya disertai kesulitan bernapas atau keluhan serius lainnya. 

Selain itu, jika batuk dan pilek tidak kunjung sembuh lebih dari dua minggu, sebaiknya segera tanyakan pada dokter spesialis anak di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc demi menjaga kesehatan keluarga. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
Healthgrades. Diakses pada 2022. 8 Home Remedies for a Kid’s Cough or Cold
Healthline. Diakses pada 2022. How to Treat a Cough in Toddlers at Home
Children’s Health. Diakses pada 2022. Home remedies for cough in kids