Begadang Bisa Ganggu Fungsi Hati, Kenapa?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begadang Bisa Ganggu Fungsi Hati, Kenapa?

Halodoc, Jakarta – Hati atau liver adalah kelenjar yang paling besar pada tubuh seseorang. Pada orang dewasa, berat liver bisa mencapai 1,4 kilogram. Lokasinya yang terlindungi tulang rusuk membuat orang tidak dapat mengetahui dan meraba lokasi hati. Meskipun begitu, fungsi hati harus dijaga dengan baik agar tidak menimbulkan penyakit atau masalah kesehatan.

Hati adalah organ yang penting dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi seperti menghancurkan sel darah merah yang sudah tua dan membersihkan sel darah dari senyawa yang berbahaya atau kandungan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Kenali 10 Fungsi Hati bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, fungsi hati sebagai metabolisme protein dengan mengubah amonia menjadi urea. Hati dapat menyimpan energi untuk tubuh dalam bentuk glikogen dan mengubahnya dalam bentuk glukosa. Hati juga menyimpan asam folat untuk tubuh, memproduksi protein seperti albumin, memproduksi hormon pertumbuhan pada anak-anak, dan memproduksi cairan empedu yang membantu pencernaan makanan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati, salah satunya adalah memiliki waktu tidur yang berkualitas. Faktanya, terlalu sering begadang dapat mengganggu fungsi hati.

Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki jam biologisnya sendiri. Ketika seseorang mengalami begadang, artinya ada organ-organ tubuh yang terganggu jam biologisnya. Padahal, jam biologis seseorang digunakan untuk mengatur proses metabolisme sewaktu tidur. Jadi, ketika kamu begadang, jam biologis kamu ikut untuk berubah dan mengganggu jam biologis organ yang lainnya. Hasilnya, kondisi ini bisa merusak fungsi hati.

Baca juga: Konsumsi 8 Makanan Ini Demi Kesehatan Hati

Ada beberapa penyakit yang muncul pada hati akibat terlalu sering begadang seperti hepatitis C maupun kanker hati. Sebaiknya kurangi kebiasaan begadang dengan melakukan tips ini:

  1. Sebaiknya gunakan kasur hanya untuk tidur saja.

  2. Hindari konsumsi alkohol maupun kafein 6 jam sebelum kamu tidur.

  3. Kelola stres agar kamu bisa tidur dengan nyaman setiap malam.

  4. Tidak ada salahnya untuk menata maupun membersihkan kamar agar kamu bisa tidur dengan nyaman.

  5. Sebaiknya usahakan tidur dan juga bangun tidur di jam yang sama. Hal ini dapat membuat metabolisme dalam tubuh terbiasa termasuk hati.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Hati

Tidak hanya begadang, ada beberapa kebiasaan lagi yang dapat merusak hati dan menyebabkan kesehatan terganggu, seperti:

1. Menahan Buang Air

Menurut Dr. Daniel Paradis dari European Liver Diseases Association mengatakan, racun dalam tubuh dikeluarkan melalui proses buang air kecil maupun air besar jadi sebaiknya jangan pernah menahan buang air karena dapat memengaruhi kesehatan liver.

2. Kebiasaan Melewati Sarapan

Sebaiknya jangan pernah melewati sarapan. Sarapan adalah kegiatan yang penting dilakukan setiap pagi karena dapat melindungi hati dan menetralisir asam di perut. Kamu bisa memilih sarapan dengan oatmeal, buah, atau sayuran. Makanan tersebut mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat membantu untuk mengurangi lemak dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit pada hati.

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol tidak hanya menimbulkan masalah paru maupun otak, gangguan hati juga dapat terjadi ketika seseorang tidak membatasi asupan alkohol yang masuk dalam tubuhnya. Alkohol mengurangi kemampuan hati untuk menyaring racun yang ada pada tubuh.

Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan hati, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Bukan Cuma Alkoholik, Perlemakan Hati Bisa Terjadi pada Siapa Saja