07 July 2018

Ini 5 Dampak Begadang yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Dampak begadang

Halodoc, Jakarta – Salah satu manfaat tidur adalah untuk memperbaiki kondisi fisik dan mental. Pada saat tidur, tubuh akan merangsang pelepasan hormon pertumbuhan yang berguna untuk membangun massa otot dan memperbaiki jaringan sel yang rusak. Itu sebabnya, kamu dianjurkan untuk tidur cukup sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Kurang Tidur, Bisa Akibatkan 4 Hal Ini Bagi Kesehatan

Meski dianjurkan, tidak semua orang bisa tidur dengan mudah. Beberapa hal (seperti padatnya aktivitas) bisa membuat seseorang kesulitan tidur hingga harus begadang. Padahal, begadang bukanlah hal yang baik untuk dilakukan karena bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Selain mudah mengantuk, begadang juga bisa berpengaruh pada kemampuan kognitif, kondisi emosi, hingga daya tahan tubuh seseorang dalam melawan infeksi penyakit. Lantas, apa saja sih bahaya begadang bagi kesehatan?

1. Menambah Berat Badan

Dampak begadang bisa berpengaruh pada kenaikan berat badan.  Alasannya karena kurang tidur bisa meningkatkan nafsu makan sehingga menambah rasa lapar di malam hari. Sebuah studi dari University of Pennsylvania’s Perelman School of Medicine bahkan menyebutkan bahwa semakin lama seseorang terjaga, maka, semakin banyak waktu yang tersedia untuk makan. Jadi, bagi kamu yang berencana menurunkan berat badan, sebaiknya hindari kebiasaan begadang agar berat badanmu tidak bertambah.

2. Menurunkan Kemampuan Berpikir

Jika dibiasakan, begadang bisa mengurangi kemampuan konsentrasi, memecahkan masalah, kemampuan memperhatikan sesuatu, serta tingkat kewaspadaan. Hal ini tentu bisa menurunkan kemampuan berpikir, termasuk kemampuan dalam mengingat dan belajar secara efisien.

3. Menurunkan Gairah Seksual

Kebiasaan begadang juga bisa menyebabkan kelelahan. Alasannya karena begadang bisa meningkatkan rasa kantuk dan ketegangan tubuh, sehingga bisa memengaruhi minat dalam berhubungan intim. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism bahkan menyebutkan bahwa orang yang sering begadang memiliki tingkat hormon testosteron yang rendah. Dampaknya, hormon testosteron yang rendah bisa menurunkan gairah seksual hingga membuat seorang pria sulit mencapai orgasme saat berhubungan intim.

4. Kulit Tampak Lebih Tua

Dampak begadang bisa juga dirasakan pada kulit, yaitu membuat kulit tampak lebih tua. Ini karena kurang tidur bisa merangsang tubuh untuk melepaskan hormon kortisol (penyebab stres). Hormon ini juga bisa memecah kolagen pada kulit sehingga membuatnya tidak maksimal dalam menghaluskan kulit dan menjadikannya elastis. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan mata bengkak, timbul garis-garis penuaan halus di wajah (biasanya di area sekitar mata), dan menjadikan kulit terlihat kusam maupun pucat.

5. Lebih Mudah Lupa

Ketika tidur, otak akan mengalami proses “sharp wave ripples” yang berguna untuk memperkuat ingatan. Melalui proses ini, otak akan memindahkan ingatan dan memori ke otak, khususnya di tempat penyimpanan memori jangka panjang. Namun, hal ini tidak bisa berlangsung optimal jika kamu sering begadang.

Baca juga: Intip 5 Tips Tetap Sehat saat Begadang Nonton Sepakbola

Itulah lima bahaya begadang bagi kesehatan. Kalau kamu punya kesulitan untuk tidur cepat, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin yang dibutuhkan tubuh melalui fitur Pharmacy Delivery pada aplikasi Halodoc. Kamu tinggal memesan obat dan vitamin yang dibutuhkan, lalu tunggu hingga pesanan datang. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.