• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini 6 Cara Memandikan Anak Anjing

Begini 6 Cara Memandikan Anak Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini 6 Cara Memandikan Anak Anjing

Cara memandikan anak anjing yang benar bisa membuat hewan peliharaan lebih bersih dan sehat. Hal ini sebenarnya tidaklah sulit dilakukan, asalkan pemilik sudah mempersiapkan semua hal sesuai dengan kebutuhan anjing. Sangat penting untuk mengetahui langkah-langkah memandikan anjing serta produk apa saja yang boleh digunakan.

Halodoc, Jakarta – Cara memandikan anjing sebenarnya tidaklah sulit. Namun, bukan berarti hal ini bisa dilakukan sembarangan, apalagi saat memandikan anak anjing. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara yang baik dan benar sebelum mulai memandikan anjing di rumah. Penasaran apa saja yang perlu dipersiapkan? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini! 

Memandikan anjing bertujuan untuk membersihkan kotoran dan menjaga kebersihan tubuh dan bulunya. Kamu bisa memandikan anjing secara rutin, misalnya seminggu sekali atau seminggu dua kali. Selain membawanya ke salon anjing, kamu bisa memilih untuk memandikannya sendiri di rumah dengan persiapan yang sebenarnya tidaklah sulit. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Memandikan Anjing?

Persiapan dan Cara Memandikan Anjing 

Pertama-tama, penting untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara memandikan anjing. Dengan begitu, waktu memandikan anjing tidak akan terlalu lama, sebab hal ini malah bisa menyebabkan hewan peliharaan kedinginan. Selain itu, penting juga untuk memilih produk yang sesuai untuk memandikan anjing, yaitu sampo khusus anjing. 

Biar lebih jelas, simak langkah-langkah atau cara memandikan anjing berikut ini: 

  1. Siapkan Produk Khusus 

Tidak berbeda jauh dengan manusia, anjing membutuhkan shampoo dan sabun untuk membersihkan tubuhnya. Sebaiknya, gunakan produk sampo yang memang dibuat khusus untuk anjing. Menggunakan sampo manusia, sekalipun sampo khusus bayi, adalah hal yang tidak disarankan. Sebab kandungan dalam produk ini mungkin tidak cocok dengan bulu anjing, sehingga bisa memicu alergi atau kerontokan. 

  1. Tutup Telinga Anjing 

Sebelum mulai memandikan, pastikan untuk menutup kedua telinga anjing dengan kapas atau penutup telinga khusus. Hal ini bertujuan untuk mencegah air maupun bilasan sampo masuk ke dalam telinga anjing. Sebab, hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi telinga atau penyakit lain.

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

  1. Sikat Bulu Anjing 

Sebelum memulai memandikan anak anjing dengan air hangat, mulailah dengan menyikat bulunya. Dengan begitu, kotoran-kotoran yang menempel akan lebih mudah dibersihkan. Langsung memasukkan anjing ke tempat mandi atau air malah bisa membuat kotoran tertinggal, mengendap di air permandian, bahkan bisa menyebabkan bulu anjing semakin kotor. 

  1. Bilas Hingga Bersih 

Setelah menggosok tubuh anjing dengan sampo, pastikan untuk membilasnya dengan air hingga bersih. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada sisa sampo atau zat kimia lain tertinggal di bulu anjing. Sebab, hal ini bisa meningkatkan risiko alergi dan kerontokan bulu. 

  1. Lepaskan Penutup Telinga 

Setelah selesai memandikan anjing, jangan lupa untuk melepas kapas atau penutup telinganya. Hati-hati, membiarkan kapas terus tersumbat bisa berbahaya dan menyebabkan terjadinya infeksi pada telinga. Kalau sudah begitu, anjing berisiko mengalami gangguan kesehatan lain yang lebih fatal. 

  1. Keringkan dengan Cepat 

Selesai mandi, jangan lupa untuk mengeringkan tubuh dan bulu anjing. Lakukan hal ini dengan cepat, sehingga hewan peliharaan tidak merasa kedinginan. Setelah itu, biarkan anjing melakukan hal yang disenanginya, misalnya berlari-lari agar membantu mempercepat proses pengeringan bulu dan tubuhnya. Itulah beberapa cara memandikan anjing yang bisa dicoba. 

Baca juga: Ketahui 4 Cara Tepat untuk Mengatasi Kutu Anjing

Selain menjaga kebersihan tubuh anjing, penting juga untuk selalu menjaga kesehatan tubuhnya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan asupan makanan bergizi serta suplemen jika dibutuhkan. Kamu bisa membeli produk makanan maupun kesehatan anjing di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim segera ke rumah. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
PetMD. Diakses pada 2021. DIY Tips for Grooming a Dog at Home.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How to Bathe and Groom Your Puppy.