• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Aturan dan Cara Bermain Olahraga Rounders

Begini Aturan dan Cara Bermain Olahraga Rounders

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Aturan dan Cara Bermain Olahraga Rounders

“Rounders adalah jenis olahraga yang sebenarnya adalah nenek moyang dari olahraga bisbol atau kasti. Dalam permainan ini tim akan dibagi menjadi dua kelompok yang bertugas sebagai pemain dan penjaga. Olahraga rounders hanya membutuhkan tongkat pemukul, bola, kotak untuk area memukul, tiang bendera untuk base, dan juga kapur untuk garis pembatas.”

Halodoc, Jakarta – Olahraga Rounders adalah permainan asal Inggris yang terbilang cukup kuno dan hingga kini tidak pernah menjadi olahraga kompetitif yang serius. Olahraga ini juga merupakan nenek moyang dari olahraga bisbol. Referensi paling awal untuk olahraga ini ada pada buku A Little Pretty Pocket-Book (1744), dan kemudian buku The Boy’s Own (edisi ke-2, 1828) mencurahkan satu bab untuk menjelaskan detail tentang olahraga ini. 

Secara umum, olahraga rounders adalah permainan di mana 2 tim bermain melawan satu sama lain untuk mendapatkan sebanyak mungkin pemain dari sisi yang berlawanan. Pada saat yang sama, mereka juga mencoba untuk mencetak rounder sebanyak yang mereka bisa. Berikut penjelasan lengkap mengenai olahraga rounders dan cara bermainnya:

Baca juga: Latih Ketangkasan Anak dengan Bermain Kasti atau Baseball

Cara Bermain Olahraga Rounders

Dalam olahraga ini, setiap tim dapat memiliki 9 pemain di lapangan pada satu waktu, tetapi tim dapat dibangun dari minimal 6 pemain hingga maksimal 15 orang. Jika tim dicampur, aturan pembulatan resmi menyatakan bahwa harus ada maksimal 5 pria pemain dalam sebuah tim. Tim kemudian mengambilnya secara bergiliran untuk memukul sementara tim lainnya ada di lapangan.

Karena olahraga ini disebut sebagai nenek moyang bisbol, maka cara bermainnya juga hampir sama. Secara umum, cara bermain olahraga rounders dapat dibagi berdasarkan 2 tim, yaitu tim pemukul dan bertahan. Untuk tim pemukul, berikut ini adalah cara mereka bermain:

  • Tiap pemain berhak melakukan pukulan sebanyak 3 kali.
  • Setelah berhasil memukul, pemukul harus berlari menuju tiang hinggap berikutnya dengan membawa serta tongkat pemukulnya.
  • Jika pukulan ketiga tidak berhasil, maka pemukul harus berlari menuju base berikutnya.
  • Tiap pemukul akan mendapat  satu poin untuk atas setiap base yang dilewatinya.
  • Setiap pemukul yang dapat kembali ke ruang bebas tanpa pernah dimatikan oleh tim penjaga bisa mendapat 5 poin.
  • Jika berhasil memukul bola dengan baik, kemudian melewati semua base kembali ke ruang bebas atas pukulannya sendiri, maka pemukul bisa mendapat 6 poin dan peristiwa ini disebut homerun.

Sementara itu, tim penjaga mempunyai dua cara untuk mematikan tim pemukul atau lawan mereka, yaitu:

  • Membakar Base: Ini dilakukan dengan cara menangkap bola dan menguasai base dengan menginjaknya sebelum pelari sampai ke base.
  • Melakukan Tik: Tindakan lanjut setelah membakar base kemudian menyentuhkan bola ke tubuh pelari sebelum menginjak base. Saat melakukan tik, bola tidak boleh terlepas dari tangan.

Sementara itu, tim pemukul juga bisa menjadi tim penjaga atau bertukar peran jika:

  • Tim pemukul telah mati 6 kali.
  • Tim penjaga berhasil menangkap bola yang dipukul oleh tim pemukul sebanyak 5 kali.
  • Alat pemukul terlepas dari tangan pemukul dan dianggap membahayakan pemain oleh wasit.
  • Tim yang menang adalah tim yang paling banyak mencetak angka salah satu ronde (inning).

Baca juga: Inilah 6 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kebugaran Tubuh Anak

Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sebelum bermain olahraga rounders, kamu dan tim harus menyiapkan peralatan yang digunakan, dua alat utamanya adalah tongkat pemukul dan bola. Tongkat rounders mirip dengan tongkat kasti dengan panjang 50 hingga 80 cm dan diameter 7 cm, sementara bola resmi rounders berbentuk bulat kecil dan keras. Namun, kamu juga bisa menggunakan bola kasti yang lebih lunak supaya lebih aman.

Sementara itu, kelengkapan lapangan yang harus disiapkan antara lain tempat hinggap (base) yang terbuat dari sabut kelapa, tiang bendera batas yang dipancangkan pada tiap base, hingga garis pembatas yang digambar menggunakan kapur.

Baca juga:  Bolehkah Si Kecil Bermain dengan Bertelanjang Kaki

Namun ingat, olahraga ini harus dilakukan dengan aman dan kamu harus memeriksa lapangan dan memastikannya tidak ada benda-benda berbahaya. Jika cedera atau salah satu pemain terpukul bola dan mengalami luka, segera diskusikan dengan dokter di Halodoc mengenai pertolongan pertama yang bisa dilakukan. Dokter di Halodoc akan selalu siaga membantu kamu agar luka atau cedera yang terjadi bisa ditangani dengan tepat. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Big Game Hunters. Diakses pada 2021. How to Play Rounders.
Britannica. Diakses pada 2021. Rounders.
Rounders England. Diakses pada 2021. Rounders Rules.