• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Membaca Hasil USG 4D dengan Tepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Membaca Hasil USG 4D dengan Tepat

Begini Cara Membaca Hasil USG 4D dengan Tepat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 26 November 2021
Begini Cara Membaca Hasil USG 4D dengan Tepat

“Banyak wanita hamil yang kebingungan saat ingin membaca hasil pemeriksaan USG. Mungkin ibu penasaran untuk mengetahui bagian tubuh apa saja yang sudah berkembang pada janin. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara baca hasil USG 4D yang benar.”

Halodoc, Jakarta – Pastinya banyak ibu hamil yang ingin melihat perkembangan kandungannya setiap bulan. Dengan mengetahui perkembangannya, ibu akan melihat ukuran tubuhnya semakin membesar dan bahkan mengetahui jenis kelamin calon bayi.

Salah satu cara untuk melihat perkembangan janin di dalam kandungan adalah dengan pemeriksaan USG 4D. Meski begitu, masih banyak orang yang bingung cara baca hasil USG. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca di sini!

Cara Baca Hasil USG 4D dengan Benar

Sama seperti USG biasa, USG 4D adalah pemeriksaan menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar janin yang berada di dalam kandungan. Perbedaannya dari USG biasa adalah pada pemeriksaan ini menghasilkan gambar dengan empat dimensi yang berupa video, sehingga para orangtua dapat melihat janin dengan jelas bahkan gerakan yang dilakukannya di dalam rahim.

Memang banyak orangtua yang melakukan USG 4D karena ingin melihat wajah calon bayinya untuk pertama kali. Selain itu, dokter juga lebih menyarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan metode ini karena dapat mendeteksi cacat lahir tertentu lebih awal, seperti mulut sumbing, yang biasanya tidak terlihat pada USG biasa. Dengan adanya gambar lebih jelas, dokter lebih mudah untuk menjelaskannya.

Namun, bagaimana sih cara baca hasil USG 4D dengan benar? Nah, berikut penjelasannya:

1. Abaikan Teks dan Angka di Bagian Atas Pindaian

Hal pertama yang perlu ibu lakukan adalah mengabaikan teks dan angka yang ada di bagian atas dari hasil pemeriksaan. Sebagian besar tempat pelayanan pemeriksaan medis mencantumkan detail, seperti nama, nomor referensi rumah sakit, serta pengaturan mesin ultrasound saat pemeriksaan dilakukan. Maka dari itu, ibu dapat mengabaikan informasi tersebut.

2. Mulai dari Bagian Atas Gambar

Cara baca hasil USG 4D untuk langkah selanjutnya adalah ibu dapat melihat bagian atas dari video atau gambar yang diberikan. Gambar yang dilihat dapat menunjukkan seperti apa organ atau jaringan tersebut dari samping, bukan dari atas. Semua yang terpampang di layar atau hasil cetak merupakan gambaran jaringan di atas rahim. Ibu juga dapat melihat jaringan yang lebih dalam seperti seluruh bagian rahim.

3. Ketahui Perbedaan Setiap Warna

Ibu perlu tahu perbedaan setiap warna sebagai cara baca hasil USG 4D. Sebagian besar gambar ultrasound berwarna putih dan hitam, tetapi ibu tetap dapat melihat perbedaannya. Perbedaan warna tersebut berasal dari tingkat kerapatan bahan yang dilewati suara, antara lain:

  • Jaringan padat, seperti tulang, akan terlihat berwarna putih karena permukaan luar memantulkan lebih banyak suara.
  • Jaringan atau struktur jaringan pada tubuh janin dapat terlihat berwarna abu-abu.
  • Jaringan yang berisi cairan, seperti cairan ketuban di dalam rahim, akan tampak lebih gelap.

Selain itu, pencitraan menggunakan ultrasound tidak dapat bekerja dengan baik untuk kandungan gas, sehingga organ tubuh yang berisi udara layaknya paru-paru tidak dapat diperiksa dengan ultrasound.

Nah, itulah beberapa dasar yang perlu diketahui sebagai cara baca hasil USG 4D. Hal yang paling penting adalah ibu tahu dasar-dasar untuk mengetahui apa saja indikator yang perlu dipahami pada gambar atau video dari hasil pemeriksaan tersebut.

Ibu juga dapat melakukan pemesanan untuk pemeriksaan USG 4D di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc, lho. Untuk bisa melakukan pemesanan ini, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc. Nikmati kemudahan akses kesehatan tanpa batas ini sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
WikiHow. Diakses pada 2021. How to Read an Ultrasound Picture.
Web MD. Diakses pada 2021. 3D and 4D Ultrasounds.