02 July 2018

Begini Cara Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga

cara memulihkan tubuh setelah olahraga, memulihkan tubuh setelah berolahraga

Halodoc, Jakarta – Setelah berolahraga, tubuh pasti akan merasa lelah. Pasalnya, tubuh melakukan aktivitas fisik yang terbilang berat, menarik otot-otot tubuh untuk meregang secara maksimal yang membuat tubuh menjadi pegal setelahnya. Oleh karena itu, seseorang biasanya akan makan cukup banyak dan tertidur pascaolahraga untuk memulihkan kembali energi tubuh yang terbuang.

Namun, bagaimana jika setelah berolahraga kamu harus segera bekerja lagi? Tenang saja, coba lakukan empat cara memulihkan tubuh setelah berolahraga berikut ini:

Segarkan Tubuh dengan Mandi Menggunakan Air Dingin

Beberapa anggota tubuh akan terasa seperti membengkak setelah kamu berolahraga, karena otot bekerja sangat keras saat kamu bergerak dan melakukan aktivitas fisik. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan mandi menggunakan air dingin atau air es. Air es membantu mengurangi bengkak yang kamu rasakan pada tubuh.

Selain itu, air es juga bisa kamu pakai untuk mengompres anggota tubuh yang terasa kram setelah berolahraga. Inilah mengapa para atlet nasional akan sering mandi menggunakan air es selepas mereka berlatih atau melakukan pertandingan.

Baca juga: 4 Tips Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman

Lakukan Proses Pendinginan yang Tepat

Sebelum berolahraga, kamu harus melakukan pemanasan untuk melemaskan otot-otot agar tidak terjadi cidera. Tentu saja, setelahnya kamu juga harus melakukan pendinginan, agar otot bisa beristirahat dan terhindari dari kerusakan jaringan. Namun, lakukan pendinginan dengan tepat, karena pendinginan yang salah bisa menyebabkan penggumpalan darah.

Konsumsi Teh Hijau

Dalam teh hijau, terkandung katekin yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit kronis seperti kanker dan jantung. Tak hanya itu, teh hijau juga membantu melindungi otot dari kerusakan akibat gerakan fisik yang berat saat tubuh berolahraga.

Konsumsi teh hijau bisa kamu lakukan sebelum atau selepas berolahraga. Sebelum berolahraga, teh hijau akan membuat tubuh kamu lebih berenergi, sehingga olahraga yang kamu lakukan akan lebih maksimal. Konsumsi minuman sehat ini selepas berolahraga akan membantu melemaskan otot tubuh dan mengurangi risiko terjadinya kram atau kejang otot.

Konsumsi Makanan Antiradang

Selain mengonsumsi teh hijau, cara memulihkan tubuh setelah berolahraga lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan antiradang. Mengonsumsi makanan yang tidak tepat akan membuat olahraga yang kamu lakukan menjadi sia-sia. Jenis makanan cepat saji seperti mi instan, gorengan, atau fast food mengandung kalori yang begitu tinggi dan meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Sebagai gantinya, cobalah konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, bayam, apel, atau makanan yang kaya akan kandungan asam lemak. Satu jam setelah berolahraga, sebaiknya kamu konsumsi makanan sumber protein dan karbohidrat untuk menggantikan energi yang terbuang dan mencegah terjadinya otot kaku.

Baca juga: 5 Makanan untuk Memulihkan Tenaga Setelah Berolahraga

Banyak Minum Air Putih

Setelah berolahraga, kamu pasti akan merasa haus. Tak mengherankan, karena kamu banyak mengeluarkan keringat, yang berarti kamu harus segera menggantinya untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Hindari konsumsi air dingin selepas berolahraga, minumlah air mineral biasa atau cairan isotonik yang mengandung ion untuk menggantikan cairan yang hilang dan terbuang.

 

Itu tadi beberapa cara memulihkan tubuh setelah berolahraga yang efektif untuk mengembalikan energi tubuh sekaligus mencegah tubuh dari berbagai cedera yang mungkin terjadi. Jika kamu mengalami keseleo, segera lakukan pemijatan ringan dengan bantuan balsam atau obat pereda nyeri otot. Kamu bisa membeli obat-obatan ini melalui aplikasi Halodoc. Dalam waktu satu jam, obat pesanan kamu akan segera tiba. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!