5 Makanan untuk Memulihkan Tenaga setelah Olahraga

5 Makanan untuk Memulihkan Tenaga setelah Olahraga
MAKANAN SEHAT 04 May 2018

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu mengapa setelah berolahraga tubuh terasa lemas, kurang tenaga, dan perut menjadi lapar? Sederhananya begini: saat berolahraga, tubuh akan memecah protein menjadi energi. Sebagai gantinya, otot akan menggunakan glikogen untuk menggantikan sel-sel yang rusak sekaligus sumber tenaga tambahan. Inilah mengapa kamu akan merasa lelah dan lapar selepas berolahraga.

Nah, untuk menyuplai kembali glikogen yang telah digunakan dan merangsang terbentuknya otot baru, kamu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi tertentu. Selain mengembalikan tenaga, makanan bernutrisi juga akan mempercepat kedua proses tersebut. Tidak sembarang makan, makanan yang kamu konsumsi harus memiliki kandungan nutrisi berikut:

  1. Karbohidrat dan Protein

Pakar gizi Manuella Vilacorta, R.D. mengemukakan bahwa karbohidrat dan protein adalah dua nutrisi penting yang amat dibutuhkan oleh tubuh selepas kamu melakukan aktivitas berat seperti berolahraga. Karbohidrat berperan membantu tubuh melakukan sintesa glikogen. Sementara itu, protein akan mempercepat pembentukan otot baru sekaligus memperbaiki sel yang rusak dengan kandungan asam amino yang dimilikinya.

  1. Lemak

Seperti halnya protein, lemak juga turut membantu proses pertumbuhan otot tubuh. Tak hanya itu, nutrisi satu ini juga berperan sebagai sumber energi, yaitu sebesar 45 persen dari total energi tubuh. Sebesar 55 persen sisanya berasal dari karbohidrat yang diolah melalui proses oksidasi atau pembakaran.

(Baca juga: Olahraga Saat Menstruasi, Bolehkah?)

Rekomendasi Menu Makanan setelah Berolahraga

Lepas berolahraga memang membuat perut menjadi lapar. Meski demikian, bukan berarti kamu bisa makan apa saja yang kamu inginkan. Tentu saja, ada beberapa makanan yang bisa langsung kamu santap, seperti misalnya buah-buahan. Hindari konsumsi makanan cepat saji dan mi instan meskipun keduanya sangat menggiurkan. Sebagai gantinya, cobalah beberapa menu makanan untuk memulihkan tenaga berikut:

  1. Kacang Almond dan Sereal

Sekilas memang lebih terlihat seperti makanan ringan, tetapi kacang dan sereal adalah menu kombinasi yang tepat disantap setelah kamu berolahraga. Kedua jenis makanan ini memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi. Dalam sekejap, kebutuhan tubuh akan dua nutrisi penting ini akan segera terpenuhi.

  1. Oatmeal

Menu makanan satu ini sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah di supermarket atau minimarket terdekat. Oatmeal kaya akan serat, karbohidrat, dan protein. Jenis makanan ini paling nikmat disantap saat dicampurkan dengan susu putih.

  1. Salad Buah

Selain sereal, makanan untuk memulihkan tenaga lainnya adalah buah. Semua buah memang kaya vitamin, tetapi kamu bisa mempertimbangkan buah nanas atau kiwi. Tak hanya kaya akan vitamin dan mudah dicerna, dua jenis buah ini turut membantu proses pemecahan asam amino serta mencegah terjadinya peradangan otot.

(Baca juga: Lebih Seru, Ini Manfaat Olahraga Trampolin)

  1. Kacang, Yogurt, dan Buah-Buahan

Coba kamu campurkan kacang almond dengan yogurt dan potongan buah pisang atau kiwi. Tak hanya nikmat, campuran menu ini juga secara sekejap akan memenuhi asupan karbohidrat dan protein yang hilang dalam tubuh. Kalau tidak sempat membuatnya, mengonsumsi buah pisang saja sudah cukup kok.

  1. Roti Isi Daging atau Telur

Mengonsumsi daging setelah berolahraga? Tidak salah kok, asalkan masih dalam porsi yang sesuai. Nah, kamu bisa membuat tumis daging dan menyajikannya dengan roti. Kalau tidak ada daging, kamu bisa menggantinya dengan telur.

 

Itu tadi beberapa makanan untuk memulihkan tenaga yang bisa kamu coba setelah berolahraga. Supaya tubuh makin sehat, kamu juga harus mengonsumsi vitamin. Tak harus keluar rumah, cukup memesan lewat aplikasi Halodoc dan vitamin yang kamu inginkan akan segera diantar. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya