14 September 2018

Begini Cara Menggunakan Krim Wajah yang Benar

krim wajah

Halodoc, Jakarta – Krim wajah merupakan salah satu produk skincare yang wajib kamu miliki. Biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu krim pagi dan krim malam. Menggunakan krim wajah setiap hari sangat penting karena bermanfaat untuk melembabkan, melindungi, serta memberikan nutrisi untuk kulitmu. Namun bagaimana kalau sudah rutin menggunakan krim wajah yang aman setiap hari, tapi kamu belum juga mendapatkan hasil yang diinginkan?  Nah, mungkin hal ini disebabkan karena cara kamu menggunakan krim wajah kurang tepat. Yuk, cari tahu cara menggunakan krim wajah yang benar di sini.

1. Tidak Perlu Mengoleskan Banyak-banyak

Saat mengoleskan krim pada wajah, enggak perlu banyak-banyak, tapi secukupnya saja. Namun yang penting, aplikasikan krim secara merata di wajah. Dengan mengoleskan krim secukupnya, krim dapat bekerja secara optimal untuk memberikan hasil yang terbaik untuk wajah cantikmu.

2. Usap Hingga Merata dari Sisi Luar ke Dalam

Jadi, cara menggunakan krim wajah yang disarankan adalah oleskan sedikit krim pada beberapa titik di wajah, kemudian ratakan dari sisi terluar wajah menuju ke bagian tengah dengan gerakan memutar ke atas. Mulailah dari bagian tengah dagu, kemudian pijat perlahan-lahan dengan gerakan melingkar yang lembut ke garis rahang, terus menuju ke dahi dan berakhir di area hidung.

Hindari menggunakan krim dari arah yang sebaliknya, yaitu dari area hidung ke dahi dan terus menuju ke dagu. Pasalnya, krim wajah berpotensi tertahan dan menumpuk di sekitar jalur garis rambut dekat telinga kamu saat kamu mengoleskannya. Krim yang menumpuk akan menyumbat pori-pori sehingga akhirnya wajah bukan menjadi bersih, tapi malah timbul banyak komedo dan jerawat di area tersebut.

3. Jangan Lewatkan Bagian Leher

Kulit di bagian leher merupakan perluasan dari kulit wajah yang butuh dirawat juga. Oleh karena itu, setelah mengoleskan krim di seluruh wajah, jangan lupa aplikasikan juga krim di bagian leher. Namun, banyak orang sering mengoleskan krim wajah dalam jumlah lebih banyak di wajah, kemudian sisanya baru diaplikasikan ke leher. Cara ini sebenarnya kurang tepat. Sebaiknya, pisahkan bagian krim untuk wajah dan untuk leher.

4. Oleskan Krim Segera Setelah Mandi

Sebaiknya gunakan krim wajah segera setelah kamu mandi atau membersihkan wajah, karena pada saat itu, kulit wajah masih berada dalam kondisi lembab, sehingga bisa menyerap krim dengan lebih baik.

5. Gunakan Krim Wajah yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Kalau kamu merasa menggunakan produk krim wajah apa saja tidak masalah, kamu perlu berpikir ulang. Pasalnya, setiap orang punya jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Jenis kulit berminyak, kering, normal, dan kombinasi masing-masing membutuhkan krim khusus yang dapat mengakomodir kebutuhannya.

Selain menyesuaikan dengan jenis kulit, kamu juga perlu membedakan antara krim siang dengan krim malam. Krim siang biasanya mengandung SPF yang dapat melindungi kulit wajahmu dari dampak buruk sinar matahari. Sedangkan krim malam, mengandung berbagai macam vitamin yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi di siang hari.

6. Pilih Krim Pagi yang Mengandung SPF

Karena Indonesia adalah negara beriklim tropis yang sinar mataharinya sangat terik di siang hari, kamu disarankan untuk menggunakan krim pagi dengan kandungan SPF. Kandungan ini sangat berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa menyebabkan kulit terbakar.

Itulah cara menggunakan krim wajah yang benar. Kalau kamu punya masalah seputar kecantikan kulit wajah, langsung gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya dan minta saran kesehatan dari ahlinya melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: