30 August 2018

Hindari 5 Kesalahan Penggunaan Krim Mata Ini

krim mata

Halodoc, Jakarta – Salah satu rutinitas perawatan kulit yang enggak boleh kamu lewatkan adalah menggunakan krim mata. Pasalnya, area kulit di sekitar mata berbeda dengan kulit di bagian wajah lainnya, sehingga kamu perlu menggunakan krim khusus untuk mata selain pelembab wajah. Buat kamu yang sudah rutin menggunakan krim mata, coba perhatikan lagi, apakah kamu sudah mengaplikasikan krim tersebut dengan benar. Bukannya mendapatkan manfaat yang maksimal, bisa jadi area kulit di sekitar matamu jadi bermasalah bila memakai krim mata dengan cara yang salah.

Bila dibandingkan dengan kulit wajah, kulit di sekitar mata lebih tipis, mudah kering, dan cenderung mengalami proses penuaan lebih cepat, serta kelelahan. Karena itu, merawat area kulit mata dengan menggunakan krim mata sangat penting agar penampilan wajahmu secara keseluruhan juga bisa terlihat lebih cerah, segar dan awet muda. Tapi ingat, hindari beberapa kesalahan berikut saat menggunakan krim mata:

1. Terlalu Banyak Menggunakan Krim Mata

Kesalahan yang sering dilakukan para wanita adalah menggunakan krim mata dengan takaran yang sama dengan pelembap wajah. Padahal krim mata hanya digunakan di area kulit sekitar mata saja, jadi enggak perlu terlalu banyak. Bukannya membuat formula dalam krim bekerja lebih cepat, menggunakan krim mata terlalu banyak justru bisa membuat kulit sekitar mata iritasi.

Jadi, pastikan kamu menggunakan krim mata dengan takaran sebesar biji jagung. Bila krim mata kamu dikemas dalam wadah yang lebar, gunakanlah spatula, untuk mencegah krim terkontaminasi dengan bakteri yang ada di jarimu. Tapi sebaiknya, pilihlah kemasan tube dengan bagian mulut berbentuk corong yang mengecil di ujungnya.

2. Meratakan Krim Mata dengan Cara Digosok

Bila selama ini kamu selalu meratakan krim mata dengan cara digosok, segera hentikan, karena cara ini bisa membuat kulit matamu jadi kendur. Karena area kulit di sekitar kulit mata lebih tipis, menggunakan krim mata dengan cara digosok akan membuat kulit tertarik-tarik sehingga meregang dan membuatnya menjadi kendur.

Jadi, gunakanlah krim mata dengan cara membuat titik-titik kecil di sekitar mata, lalu tepuk-tepuk atau tekan dengan lembut.

3. Menggunakan Jari yang Salah

Penggunaan jari yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil aplikasi krim pada mata. Kamu yang sering membersihkan wajah dengan susu pembersih atau scrub, mungkin terbiasa menggunakan seluruh jari ketika meratakan produk. Namun, berbeda halnya untuk meratakan krim mata. Lapisan kulit di daerah mata perlu diperlakukan secara lembut. Jadi, alih-alih menggunakan jari tengah atau telunjuk, gunakanlah jari manis agar jari tidak terlalu menekan kulit.

4. Mengaplikasikan Krim di Tempat yang Salah

Bila kamu mengoleskan krim mata pada kulit di bawah mata dan seluruh kelopak, berarti selama ini kamu salah mengaplikasikan krim mata. Pasalnya, krim yang dioleskan tepat di bawah mata berisiko menggumpal dan masuk ke dalam mata. Bila digunakan pada seluruh kelopak, krim juga berisiko menggumpal dan bisa menyebabkan kelopak mata jadi cepat berminyak. Kelopak mata yang berminyak akan membuat eyeshadow kamu cepat luntur dan bergaris-garis. Kamu tentunya enggak mau kan?

Karena itu, aplikasikanlah krim mata di sekeliling mata. Coba raba wajah dan temukan tulang di sekitar mata. Nah, di situlah, kamu harus mengaplikasikan produk. Bila digunakan tepat di atas kelopak mata (bukan di kelopak), krim mata bisa berfungsi dengan baik untuk melindungi kontur kulit dan mencegah kelopak menjadi kendur.

5. Hanya Menggunakannya di Malam Hari

Menggunakan krim mata jangan hanya di malam hari saja, tapi juga di pagi hari, karena mata memerlukan perlindungan seharian. Tinggal di negara tropis dengan paparan sinar matahari yang cukup tinggi ini bisa menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi kering dan timbul kerut halus. Nah, menggunakan krim mata di pagi hari mampu menghidrasi kulit sehingga tetap lembab. Selain itu, krim mata juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas seperti matahari dan juga polusi.

Bila kamu sering melakukan salah satu dari lima kesalahan tersebut, segera ubah cara kamu mengaplikasikan krim mata agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Cara menggunakan krim mata yang benar yaitu gunakan jari manis untuk membaurkan krim mulai dari sudut dalam mata menuju tulang mata atas yang ada di bawah alis, lalu ke sudut luar mata dan kembali ke sudut dalam. Lakukan dengan ditepuk-tepuk dan dengan tekanan yang lembut. Ulangi putaran tersebut beberapa kali sampai krim meresap.

Kalau kamu masih ingin tahu lebih lanjut tentang cara merawat area kulit mata, tanyakan saja langsung pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: