• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menghilangkan Mata Sembab Setelah Menangis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menghilangkan Mata Sembab Setelah Menangis

Begini Cara Menghilangkan Mata Sembab Setelah Menangis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 Desember 2021
Begini Cara Menghilangkan Mata Sembab Setelah Menangis

“Menangis menjadi salah satu cara alami manusia untuk meluapkan emosi yang berkecamuk dalam dada dan pikiran. Bisa dibilang, menangis adalah bagian dari kehidupan, yang mampu memberikan ketenangan, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan lain-lain.”

Halodoc, Jakarta – Air mata sejatinya diproduksi untuk menjaga mata tetap lembab dan terasa nyaman. Gunanya tidak sampai di situ saja, air mata juga dapat membersihkan mata dari debu dan kotoran. Ada beragam jenis air mata, salah satunya adalah air mata emosional.

Nah, air mata jenis ini yang bisa menyebabkan mata sembab setelah menangis. Bukan itu saja, menangis dalam waktu yang lama juga menjadi pemicu mata sembab. Mata sembab bukan hanya mengganggu penampilan saja, tetapi juga membuat mata terasa tidak nyaman.

Lantas, adakah cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya? Kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini untuk mengatasinya:

1. Kompres Dingin Area Mata

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan pada mata sembab. Caranya, cukup ambil kain bersih dan basahi dengan air dingin. Kemudian, posisikan tubuh dengan nyaman, sembari duduk atau berbaring. Tempelkan kompres tersebut di sekitar mata, sembari ditekan-tekan dengan lembut.

2. Tempelkan Irisan Mentimun atau Kantung Teh

Langkah mengatasi mata sembab selanjutnya dapat dilakukan dengan menempelkan irisan timun dingin. Tempelkan pada mata hingga rasa dinginnya menghilang. Langkah selanjutnya dilakukan dengan menempelkan kantung teh. Kandungan kafein di dalamnya bukan hanya meredakan pembengkakan saja, lo.

Kafein di dalam teh dinilai dapat menembus kulit dan meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut. Caranya dapat dilakukan dengan membasahi dua kantung teh, dinginkan selama 20 menit, lalu letakkan di mata selama 15-30 menit. Jika belum mereda, kamu bisa mengulanginya beberapa jam sekali.

3. Lakukan Pijatan Lembut

Langkah mengatasi mata sembab selanjutnya dilakukan dengan memijat lembut area tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan aliran darah di sekitar mata. Berikut ini beberapa langkah yang dilakukan:

  • Tekan beberapa titik di alis selama beberapa saat. Kemudian, urut dari sudut dalam mata ke luar.
  • Tekan area sinus menggunakan jari telunjuk dan tengah di masing-masing tangan. Lakukan gerakan mulai dari kedua sisi hidung ke arah luar.
  • Pijat kelenjar getah bening di leher dengan lembut. Pijat dengan gerakan dari atas ke bawah.

Sejumlah langkah tersebut dapat dilakukan selama 3 menit dalam masing-masing sesi. Kamu juga bisa mengulanginya sesering mungkin, sesuai dengan kebutuhan.

4. Gunakan Roller Mata

Langkah selanjutnya dilakukan dengan mengoleskan gel pendingin mata menggunakan roller logam. Tujuannya adalah membantu mengatasi peradangan di area tersebut, dengan cara mendinginkan dan menghidrasi kulit. Oleskan bolak balik di area mata memiliki efek yang sama dengan memijat.

5. Menggunakan Krim atau Serum

Sebelum menggunakan skincare, coba untuk mendinginkannya terlebih dulu. Hal tersebut dapat membantu mengurangi pembengkakan dengan cara mempersempit pembuluh darah. Hati-hati dalam penggunaannya, ya. Jangan sampai kandungan skincare masuk ke dalam mata.

Itulah sejumlah cara mengatasi mata sembab yang bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah. Sebenarnya, caranya sangat alami. Kamu hanya perlu melakukan rutinitas perawatan kulit secara teratur dan terapkan pola hidup sehat lainnya, seperti mencukupi waktu tidur dan konsumsi makanan sehat.

Jika pembengkakan mata tidak juga membaik, sepertinya kamu perlu membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit terdekat untuk mengetahui penyebab yang sesungguhnya. Yuk, download Halodoc, dan cari tahu informasi menarik lainnya seputar kesehatan dan kecantikan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Eyes Swollen from Crying? Try One of These 13 Home Remedies.
Medical News Today. Diakses pada 2021. 8 home remedies to reduce puffy eyes from crying.
Medicine Net. Diakses pada 2021. What Are the Three Types of Tears?