• Home
  • /
  • Begini Prosedur Angiografi untuk Diagnosis Penyakit Buerger

Begini Prosedur Angiografi untuk Diagnosis Penyakit Buerger

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Prosedur Angiografi untuk Diagnosis Penyakit Buerger

Halodoc, Jakarta – Penyakit buerger adalah penyakit pembuluh darah langka yang menyebabkan peradangan dan penyumbatan di pembuluh darah kecil dan menengah di lengan dan kaki. Tes angiografi dilakukan untuk membantu melihat kondisi arteri. 

Angiografi dapat dilakukan secara non-invasif dengan menggunakan CT atau MRI. Bisa juga dilakukan dengan memasukkan kateter ke dalam arteri. Selama prosedur ini, pewarna khusus disuntikkan ke dalam arteri, setelah itu kamu akan menjalani serangkaian sinar-X cepat. Pewarna membantu membuat penyumbatan arteri lebih mudah dilihat pada gambar.

Dokter akan melakukan angiografi dari kedua lengan dan kaki bahkan jika kamu tidak memiliki tanda dan gejala penyakit buerger di semua anggota tubuh. Penyakit buerger hampir selalu memengaruhi lebih dari satu anggota badan. Meskipun kamu mungkin tidak memiliki tanda dan gejala pada anggota tubuh lainnya, tetapi tes ini perlu dilakukan untuk mendeteksi tanda-tanda awal kerusakan.

Begini Prosedur Angiografi

Untuk melakukan prosedur ini, kamu menjalani rawat inap sehari. Beberapa hal yang diperlukan adalah membawa surat referensi atau formulir kalau kamu akan menjalani tes angiografi, membawa semua hasil sinar-X yang diambil dalam 2 tahun terakhir, mengenakan pakaian longgar yang nyaman, tidak makan selama empat jam sebelum tes.

Kamu akan diizinkan untuk minum cairan bening seperti teh hitam, kopi, sup bening atau air selama empat jam sebelum pemeriksaan. Ini dikarenakan sangat penting bagi ginjal untuk memiliki cairan.

Baca juga: Mitos atau Fakta Penyakit Buerger Bisa Diturunkan Secara Genetik

Jika kamu sedang dalam kondisi hamil informasikan ke dokter. Beberapa kondisi lain yang perlu diinformasikan pada tim medis adalah kondisi alergi, asma, diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal atau masalah tiroid, serta obat-obatan yang kamu konsumsi.

Kemudian, kamu akan diminta berbaring telentang di ranjang sinar-X. Staf akan menempatkan tirai steril di atas tubuh. Staf akan memasukkan tabung kecil atau kateter ke dalam arteri di lengan atau selangkangan dan menyuntikkan pewarna ke dalamnya.

Efek Samping Prosedur Angiografi

Prosedur angiografi memiliki efek samping mulai dari tubuh merasa dingin dan memerah, sebagian area tubuh mungkin terasa hangat. Jika ini mengganggu kamu, beritahu staf. Setelah itu, staf yang akan melakukan sinar-X akan pergi di belakang layar atau ke ruang sebelah untuk memulai mesin sinar-X. 

Mereka akan meminta kamu untuk diam, dan mungkin meminta untuk mengambil napas dalam-dalam dan menahan napas selama proses sinar-X. Ketika selesai, kamu akan diminta untuk menunggu sementara staf memeriksa gambar, karena mungkin memerlukan pemeriksaan sinar-X lain.

Informasi selengkapnya mengenai prosedur angiografi bisa ditanyakan langsung melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. 

Sementara itu, pemeriksaan ini memiliki risiko yang cukup serius terhadap kesehatan. Makanya  sebelum melakoninya, dokter akan mempertimbangkan risiko-risikonya. Angiografi seringkali tidak dianjurkan pada awal kehamilan. 

Baca juga: Simpatektomi, Operasi Medis untuk Menangani Penyakit Buerger

Pemeriksaan ini juga akan meninggalkan sejumlah kecil radiasi. Kemungkinan akan ada reaksi alergi dari pewarna yang dimasukkan. Kamu mungkin mengalami mual, bersin, muntah, gatal, gatal-gatal dan pusing. Reaksi yang lebih serius dapat terjadi, tetapi sangat jarang, seperti infeksi, perdarahan, atau cedera di tempat suntikan. Jika kamu khawatir mengenai risikonya, bicarakan dengan dokter sebelum pemeriksaan.

 

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Buerger’s Disease.
Imaging Pathways Health. Diakses pada 2020. Information for Consumers - Angiography (Angiogram).