26 March 2019

Begini Tips Agar Tamu Bulanan Berjalan Lancar bagi Wanita

Begini Tips Agar Tamu Bulanan Berjalan Lancar bagi Wanita

Halodoc, Jakarta - Datang bulan atau menstruasi adalah periode yang dialami oleh wanita, yang menjadi tanda berawalnya masa pubertas, dan akan berakhir pada usia 40-50an yang disebut masa menopause. Sebab tubuh dan hormon setiap orang dapat berbeda, datangnya si tamu bulanan pun bisa tidak sama. Ada yang lancar dan tepat waktu, ada pula yang kerap telat dan tidak bisa diprediksi. Hal ini wajar, karena itulah yang sebenarnya membuat wanita istimewa, bukan?

Namun, ketidaklancaran menstruasi sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari ketidakseimbangan hormon akibat stres, hingga kondisi kesehatan tertentu yang tidak boleh diabaikan. Salah satu masalah kesehatan yang ditandai dengan tidak lancarnya menstruasi adalah amenorrhea.

Amenorrhea adalah kondisi tidak datang haid atau menstruasi pada wanita. Amenorrhea terjadi jika seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama 3 siklus berturut-turut atau lebih, dan jika hingga berusia 15 tahun belum pernah mengalami menstruasi.

Baca juga: Sering Kentut Saat Haid, Normalkah?

Selain tidak haid, gejala lain yang menyertai ketika seorang wanita mengalami amenorrhea sebenarnya bergantung pada hal yang menyebabkannya. Namun, ada beberapa gejala yang umum dialami oleh pengidap amenorrhea, antara lain:

  • Sakit kepala.
  • Payudara tidak membesar.
  • Gangguan penglihatan.
  • Tumbuhnya rambut-rambut di wajah secara berlebihan.
  • Rambut rontok.
  • Suara berat seperti laki-laki.
  • Jerawat.
  • Keluarnya air susu walau tidak sedang menyusui, akibat meningkatnya kadar prolaktin.
  • Nyeri panggul.

Lancarkan Haid dengan Tips Ini

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melancarkan haid, yaitu:

1. Minum Jus Wortel

Wortel memang sudah terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi juga vitamin C, kalsium, dan besi akan membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan.

2. Kunyit

Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, rempah-rempah berwarna kuning tua ini juga kerap dijadikan sebagai jamu atau obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, dari dahulu hingga kini. Keampuhan kunyit sebagai obat disebabkan oleh kandungan senyawa kurkumin, yang berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Selain menyehatkan, meminum jamu kunyit secara rutin juga dapat membuat haid menjadi lancar.

Baca juga: Inilah Siklus Menstruasi Wanita yang Normal Sesuai Usia

3. Terapkan Pola Makan Sehat dan Bergizi Seimbang

Mungkin sering disepelekan, tapi sudahkah kamu menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang selama ini? Kebiasaan makan makanan yang kurang sehat dan tidak teratur dapat membuat kebutuhan nutrisi tubuh tidak terpenuhi. Akibatnya, produksi hormon (termasuk hormon yang berperan dalam menstruasi) menjadi terganggu. Jadi, cobalah untuk mulai membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan gizi, agar sistem metabolisme dan produksi hormon dalam tubuh dapat lancar.

4. Istirahat yang Cukup

Jika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup, hormon kortisol dapat terproduksi dengan baik. Dengan demikian ketika mengalami stres, dapat teredam dan tidak akan memengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon yang mengatur periode haid.

5. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh. Anda tidak harus melakukan olahraga yang susah dan terlalu berat. Cukup dengan melakukan latihan badan yang mudah dan ringan seperti joging, jalan kaki, bersepeda. Latihan tersebut akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun lancar.

Baca juga: Telat Menstruasi Belum Tentu Hamil, Jangan Panik Dulu!

Itulah sedikit penjelasan tentang cara melancarkan menstruasi. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!