• Home
  • /
  • Benarkah Asam Urat Bisa Disembuhkan Total?

Benarkah Asam Urat Bisa Disembuhkan Total?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benarkah Asam Urat Bisa Disembuhkan Total?

Halodoc, Jakarta - Asam urat merupakan zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh, tetapi terbentuk secara alami di dalam tubuh. Seharusnya, zat sisa ini dibuang keluar tubuh agar tidak terjadi penumpukan. Pasalnya, terlalu banyaknya zat sisa ini di dalam tubuh membuat kamu rentan alami asam urat. Penyakit ini membuat kamu seperti mengalami nyeri sendi, karena menyerang bagian persendian. 

Inilah mengapa kamu perlu menjaga kadar asam urat di dalam darah agar tidak menumpuk pada sendi dan membuat area ini terasa nyeri. Ketika rasa nyeri sudah terjadi, kamu akan merasakan gejala lain, termasuk pembengkakan, kemerahan pada area yang mengalami peradangan, dan sensasi seperti terbakar. Lalu, apakah penyakit asam urat ini bisa disembuhkan total? 

Sering Kambuh Berkali-Kali, Bisakah Asam Urat Sembuh Total?

Apabila asam urat yang kamu idap telah berada pada kategori parah, bisa terjadi kekambuhan yang lebih dari sekali. Tentu saja, hal ini mengganggu aktivitas karena rasa nyeri yang kamu dapatkan. Tanpa adanya penanganan pula, asam urat yang telah mengendap dalam sendi ini membuat sendi yang mengalami peradangan menjadi rusak. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Asam Urat di Usia Muda

Beberapa orang beranggapan bahwa penyakit ini bisa disembuhkan total, tetapi sebagian lainnya mengatakan tidak demikian. Lalu, mana yang benar? Apakah asam urat bisa disembuhkan? Ternyata, tidak. Penyakit ini tidak bisa sembuh total namun dapat dikendalikan, sehingga kamu bisa mencegah terjadinya kekambuhan. 

Mengatasi Tingginya Kadar Asam Urat

Tentu saja, pilihan pengobatan untuk meredakan gejala asam urat ini bervariasi, bergantung pada seberapa tinggi kadar asam urat yang kamu miliki dalam darah. Artinya, kamu tidak boleh mengonsumsi sembarang obat. Sebaiknya tanyakan kepada dokter dan ceritakan kondisi kesehatan yang kamu alami. Jangan asal bertanya, pastikan kamu tanya jawab pada ahlinya, jadi pakai aplikasi Halodoc yang pasti aman dan terpercaya sebagai solusi masalah kesehatan. 

Baca juga: Masih Usia 20an, Benarkah Bisa Terkena Asam Urat?

Tidak hanya dengan mengonsumsi obat pereda, kadar asam urat yang tinggi harus kamu kendalikan dengan menjalani pola makan yang tepat. Kurangi asupan kerang, jeroan, daging merah, makanan dengan kadar garam dan lemak yang tinggi, minuman bersoda dan tinggi gula, juga konsumsi alkohol. Perhatikan juga asupan cairan, karena dehidrasi membuat tubuh kesulitan untuk mensekresikan asam urat, sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan. 

Jadi, sekarang kamu sudah tahu bahwa penyakit asam urat tidak bisa disembuhkan secara total. Sekali kamu mengidapnya, kamu berisiko mengalami kekambuhan. Kamu hanya bisa mengontrol kadarnya dengan menjaga pola makan, membiasakan hidup sehat, mengurangi kebiasaan buruk, dan mengonsumsi obat untuk meredakan asam urat jika diperlukan. 

Baca juga: Obesitas Lebih Berisiko Terkena Asam Urat?

Pasalnya, selain mengonsumsi obat, apa pun yang menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh juga harus dikendalikan. Seringnya, ini terjadi karena pola makan yang kurang tepat, atau asupan makanan yang tidak sehat yang kamu konsumsi secara berlebihan. Jadi, yuk, biasakan hidup sehat sekarang juga untuk mencegah asam urat!

Referensi: 
Harvard Medical Shool. Diakses pada 2020. All About Gout.
Health Xchange. Diakses pada 2020. Gout: Is There A Cure?
Healthline. Diakses pada 2020. Gout: How Long Does It Last and What Can You Do to Improve Your Symptoms?