31 May 2018

Benarkah Hipnosis Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Benarkah Hipnosis Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Halodoc, Jakarta – Tak selamanya berarti negatif, ternyata hipnosis juga memiliki beberapa manfaat. Salah satunya berhubungan dengan diet. Memiliki tubuh langsing memang menjadi dambaan setiap wanita. Rutin berolahraga dan mengurangi asupan lemak serta gula tak menjamin kamu akan segera mendapatkan berat badan yang ideal. Sebagai metode diet tambahan, kamu bisa mencoba hipnosis.

Mmungkin terkesan efektif dan sangat mudah dilakukan. Namun, benarkah metode hipnosis untuk menurunkan berat badan bisa bekerja maksimal?

Sekilas Tentang Hipnosis

Biasa disebut dengan hipnotis, hipnosis merupakan metode yang sering digunakan untuk membuat pikiran dan maupun tubuhmu lebih tenang dan relaks. Nantinya, sang hipnoterapis akan memberikan sugesti pada diri kamu, dan kondisi tubuh serta pikiran yang relaks akan membuat kamu lebih mudah menerima sugesti dari terapis.

Saat menjalani proses hipnosis, kamu akan masuk atau berada pada alam bawah sadar, atau yang lebih sering disebut dengan subsconscius. Dalam kaitannya dengan kesehatan, metode ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan psikologis atau psikis. Misalnya saja, kamu ingin keluar dari ketakutan terhadap sesuatu (fobia), masalah ketergantungan, dan termasuk masalah berat badan.

(Baca juga: Mau Sehat & Langsing? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini!)

Lalu, Bagaimana dengan Menurunkan Berat Badan dengan Metode Hipnosis?

Telah banyak studi yang dilakukan terkait dengan metode hipnosis untuk menurunkan berat badan. Hasilnya, orang-orang yang menggunakan hipnosis cenderung mengalami penurunan berat badan secara berkala dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan metode hipnosis. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa menambahkan metode hipnosis dalam program penurunan berat badan dinilai efektif.

Meski begitu, hampir semua penelitian terkait hipnosis untuk menurunkan berat badan dilakukan bersamaan dengan program diet lainnya. Ini artinya studi yang membahas sepenuhnya keterkaitan antara hipnosis dengan penurunan berat badan tanpa bantuan program, diet lainnya masih sangat jarang dilakukan.

Dengan demikian, kamu tidak bisa mengandalkan hipnosis sepenuhnya untuk mendapatkan berat badan ideal. Ini karena hipnosis hanyalah berupa sugesti yang masuk kea lam bawah sadar pikiran kamu. Tentunya, tanpa diimbangi dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan serta asupan nutrisi tubuh, sangat sulit bagi kamu untuk mendapatkan berat badan seperti yang kamu inginkan.

(Baca juga: Inilah 6 Cara Turunkan Berat Badan yang Mudah Dilakukan)

Bagi kamu yang kesulitan untuk menurunkan berat badan dengan berolahraga atau menjaga pola makan, hipnosis bisa menjadi metode alternatif terbaik. Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa menggunakan cara hipnotis untuk menurunkan berat badan terbukti aman dan tidak membahayakan. Dengan menanamkan sugesti positif ke dalam pikiran dan mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat, memiliki tubuh langsing pun tak hanya sekadar impian.

Meski begitu, kamu perlu menemukan ahli terapi yang tepat untuk melakukan metode ini. Usahakan terapis yang kamu pilih memiliki lisensi yang jelas, profesional, dan yang pasti berpengalaman. Ini disebabkan karena ketika kamu dalam proses hipnosis, pikiran kamu akan mudah mengikuti apa yang dikatakan sang terapis. Hal ini amat rentan dengan kasus penipuan berkedok hipnosis untuk kesehatan yang kerap terjadi.

Nah, supaya kamu tidak salah pilih, sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu semua hal terkait hipnosis untuk menurunkan berat badan pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu akan mendapatkan solusi terbaik tentang menggunakan cara hipnosis agar berat badan bisa turun. Aplikasi Halodoc bisa kamu download langsung dari Google Play Store atau App Store, ya.