07 July 2017

Benarkah Konsumsi Alpukat Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

Benarkah Konsumsi Alpukat Bikin Gemuk, Ini Faktanya.

Halodoc, Jakarta - Banyak khasiat alpukat yang belum kamu tahu seperti, membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya, meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga berat badan tetap stabil dan bagus untuk diet. Nah, alpukat merupakan salah satu jenis buah yang bagus sebagai makanan orang yang ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi, banyak orang mengatakan alpukat bikin gemuk. Apakah alpukat sebenarnya dapat membuat gemuk atau tidak? Simak penjelasan berikut ini mengenai fakta tentang buah alpukat.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Konsumsi omega-6 merupakan faktor penting dalam penyakit kardiovaskular. Mereka menyarankan menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang kita konsumsi. Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Menurunkan Berat Badan
Kamu pasti terkejut ternyata alpukat yang tinggi lemak dan kalori adalah baik untuk menurunakan berat badan. Asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung pada alpukat sangat baik digunakan sebagai pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Energi pembakaran yang lambat dan itulah perasaan kenyang yang akan kamu rasakan berhari hari sangat cocok untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi kamu yang sedang diet. Jadi sudah terbukti mengonsumsi alpukat secara rutin tidak akan bikin gemuk. Alpukat bikin gemuk hanya mitos belaka karena belum mengetahui manfaat dan kandungan buah alpukat.

Mencegah Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, terutama karena perkembangan makanan sehat yang sudah semakin sulit kita dapatkan. Peran alpukat dalam mencegah diabetes adalah dapat mengurangi LDL (kolestrol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik dalam darah).

Sumber Lemak Nabati yang Baik Dikonsumsi
Meskipun alpukat masuk dalam kategori buah-buahan, alpukat merupakan sumber lemak nabati yang baik untuk dikonsumsi. Alpukat mengandung kalori yang padat yang menurut para ahli gizi untuk kamu yang ingin menambah berat badan perlu menambahkan sumber kalori padat setiap makan. Bukan berarti kamu boleh mengonsumsi makanan yang kaya kalori sembarangan tanpa aturan, misalnya junk food dan fast food. Pilihlah sumber kalori dan lemak yang mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Alpukat bisa jadi pilihan tepat. Karena alpukat adalah sumber vitamin A, B-6, dan C. Buah eksotis ini juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi.


Dari keempat fakta mengenai alpukat di atas dapat disimpulkan bahwa alpukat jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan sangat baik untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan tetapi jika kamu mengonsumsi alpukat dengan campuran lain seperti susu atau gula dalam jumlah berlebihan bisa mengakibatkan kegemukan.

Kamu ingin lebih tahu manfaat alpukat dan berdiskusi dengan dokter umum atau pun dengan dokter spesialis? Kamu bisa berdiskusi melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya untuk mengetahui manfaat alpukat bersama dokter terbaik melalui berbagai metode pilihan chat, video call atau voice call. Download aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store sekarang juga.

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah 4 Manfaat Alpukat untuk Diet