25 October 2017

5 Cara Makan Alpukat yang Unik dan Sehat

5 Cara Makan Alpukat yang Unik dan Sehat

Halodoc, Jakarta – Alpukat memiliki tekstur lembut yang selalu bisa memenuhi keinginan akan camilan sehat yang juga kaya akan vitamin. Buah yang satu ini bahkan bisa disandingkan dengan banyak jenis makanan lainnya. Karena bertesktur lembut dan creamy, buah berwarna hijau ini juga jadi favorit tak hanya orang dewasa namun juga anak-anak. Dimakan langsung atau dijadikan jus, buah ini siap menjadi pilihan pertama untuk kamu. Nah, bagi yang menjaga pola makan, alpukat bisa dijadikan pilihan untuk diet. Jangan salah, olahan alpukat dengan jenis makanan lainnya akan menjadikan buah ini sangat lezat, lho.

Fotografer dan juga koki profesinal yang selalu menggunakan tumbuhan dalam olahannya, Lara Ferroni membuat An Avocado a Day. Ia mengkreasikan lebih dari 70 resep makanan dengan bahan dasar alpukat. Menu makanan ini bsia jadi alternatif untuk kamu yang ingin diet namun ingin tetap mencicipi makanan lemak sehat. Yuk, cek 5 cara makan alpukat yang unik dan sehat dilansir dari Prevention yang perlu kamu tahu dan bisa coba di rumah berikut ini:

1.  Yogurt Alpukat
Ingin yogurt yang beda dari biasanya? Kamu bisa mencoba yogurt alpukat yang memilik tekstur lembut serta rasa asam atau manis yang khas. Untuk mencobanya di rumah kamu bisa ikuti resep mudah ini.

Untuk membuat 1 porsi yogurt alpukat, kamu membutuhkan:

Bahan:
1/3 cangkir greek yogurt
1/3 cangkir alpukat, bisa didinginkan terlebih dahulu.

Yogurt Asam: sedikit garam dan 1 sdt perasan lemon
Yogurt Manis: 2 sdm  madu dan 1 sdm perasan lemon

Cara Membuat:

  • Tempatkan yogurt dan alpukat di dalam blender. Untuk membuat yogurt asam, tambahkan garam dan perasan lemon. Untuk yogurt manis, tambahkan madu dan perasan lemon. Blender hingga halus.

 

  • Yogurt alpukat ini sebaiknya langsung disajikan, namun warnanya tetap akan bertahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari pendingin. Namun warnanya, akan perlahan jadi pudar namun rasanya tetap enak untuk beberapa hari.


2.  Alpukat Makaroni
Buat menu sajian macaroni yang kaya vitamin dengan perpaduan alpukat. Jika biasanya kamu menggunakan keju, ganti dengan alpukat yang jelas bisa memberikan kamu lebih banyak nutrisi. Jika biasanya kamu menggunakan susu sapi, coba ganti dengan susu kacang yang lebih mudah dibuat dan rendah lemak.

Bahan:
1 cangkir makaroni
½ cangkir susu kacang (susu bisa diganti sesuai selera)
1 sdm minyak kelapa
2 sdt gula
¼ sdt mustar kering
¼ sdt bubuk bawang Bombay
¼ sdt kunyit
1/8 sdt paprika
1/3 cangkir alpukat segar atau sudah didinginkan
1 sdt perasan lemon
Garam kosher dan lada hitam secukupnya.

Cara membuat:

  • Masak 4 cangkir air dalam panic kecil dengan api sedang. Beri sedikit garam lalu hingga mendidih. Masukan makaroni dan masak sesuai petunjuk hingga al dente.

 

  • Sementara memasak makaroni, hangatkan susu dan minyak kelapa dalam panci lainnya dengan api kecil. Panaskan hingga minyak kelapa menyatu. Kemudian masukkan gula, mustar, bubuk bawang, kunyit, dan paprika. Matikan api, kemudian masukkan alpukat dan perasan lemon, kemudian campur dengan menggunakan blender hingga halus. Masukkan garam dan lada sesuai selera.

 

  • Saring makaroni dan aduk dalam saus krim alpukat. Sajikan.


3.  Alpukat Panggang
Buah yang satu ini memang lebih sering diolah dingin, namun bukan tidak mungkin kok diolah dengan cara dipanggang. Bahkan ini bisa jadi pilihan kamu jika sudah bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Untuk 1 porsi.
Bahan:
2 buah alpukat
2 potongan bacon, dimasak dan dipotong kecil
1 daun bawang, iris tipis
½ cup keju parut, (cheddar atau sesuai selera)
¼ sdt flaky sea salt (garam Inggris yang mudah larut)

Cara membuat:

  • Panaskan oven dengan suhu tinggi.
  • Ambil satu buah alpukat dan belah menjadi dua dengan pisau, buang bijinya. Ambil daging alpukat dan tempatkan di mangkuk sedang, hancurkan hingga lembut. Masukkan bacon, daun bawang, dan ¼ cangkir keju.
  • Ambil 1 buah alpukat sisanya, belah menjadi dua dan buang bijinya. Dengan pisau atau sendok, iris daging buah dari kulitnya namun berhati-hati agar daging buahnya tetap di dalam kulit. Kemudian, ambil alpukat yang sudah dihaluskan dan taruh di atas buah alpukat yang masih ada kulitnya (dijadikan mangkuk alpukat). Tambahkan keju dan garam.
  • Tempatkan alpukat di atas Loyang dan panggang hingga keju meleleh selama 5 menit. Sajikan hangat.


4.  Ikan Segar & Alpukat
Ini bisa jadi menu makan malam yang memang terlihat “mewah” namun siapa sangka cara membuatnya cukup sederhana. Kamu bisa mengganti ikan dengan favorit kamu seperti salmon, trout, atau halibut.

Untuk 2 porsi
Bahan:
1 kembang kol, dipotong kasar
1 ikan fillet (jenis ikan sesuai selera)
Garam laut
Lada hitam bubuk
1 sdt minyak alpukat
1 cangkir alpukat yang ditumbuk
1 sdm yogurt plain
Sedikit garam

Cara membuat:

  • Panaskan panci sedang dengan api besar dan didihkan 4 cangkir air. Masukkan kol dan sedikit garam laut, masak hingga layu selama 15 hingga 18 menit. Tiriskan dan taruh di atas mangkok sedang, sisihkan.
  • Bumbui ikan dengan garam laut dan lada sesuai selera.
  • Panaskan oven dan tempatkan panggangan ikan yang sudah diminyaki dengan panas sedang.
  • Saat panggangan sudah panas, keluarkan dari oven dan taruh ikan di atasnya selama 2 menit lalu balik. Kemudian masukkan ikan ke dalam  dan masak selama 2 menit, pastikan ikan tidak kematangan.
  • Masukkan alpukat dan yogurt ke dalam mangkuk berisi kol dan aduk hingga rata menggunakan blender tangan. (atau bisa langsung menggunakan blender biasa jika tidak ada). Bumbui dengan garam dan lada, dan bagi di dua piring. Beri ikan yang sudah di panggang. Sajikan.


5.  Salad Alpukat Ayam
Cara sehat makan ayam bisa kamu lakukan dengan mengkombinasikannya dengan salad favorit. Tambahkan alpukat agar hasil olahannya makin mengguhah selera, ya.

Untuk 2 porsi
Bahan:
2 cangkir ayam yang sudah dimasak dan dipotong kecil
¼ cangkir anggur yang dicacah
3 sdm alpukat mayo
1 sdm tarragon cacah halus
1 sdm kacang yang dipanggang
1 sdm perasan lemon
1 daun bawang iris tipis
Garam laut dan lada secukupnya

Cara membuat:

  • Dalam mangkuk sedang, campur ayam, anggur, mayo, tarragon, kacang, perasan lemon, dan daun bawang. Aduk rata. Tambahkan garam dan lada secukupnya.
  • Sajikan atau simpan dalam lemari pendingin semalaman.
  • Mayo Alpukat (1 cangkir)


Bahan:
1 cangkir alpukat
4 sdt perasan lemon
½ sdr Dijon mustar
1/3 cangkir minyak alpukat
Garam kosher dan lada secukupnya

Cara membuat:

  • Gunakan food processor untuk mencampur alpukat, perasan lemon, dan mustar. Kemudian masukkan minyak, dan bahan lainnya. Setelah teksturnya jadi kental dan creamy, masukkan lada dan garam secukupnya.
  • Simpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama 2 hingga 3 hari. Warnanya mungkin berubah namun, rasanya masih bisa dinikmati.


Pilih selalu sajian sehat untuk makanan favorit kamu, ya. Jika mengalami masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja, dimana saja. Selain itu kamu juga bisa menghubungi dokter untuk membahas masalah kesehatan Halodoc melalui Voice/Video Call dan Chat.

Tak hanya bicara dengan dokter saja, kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan si kecil seperti suplemen atau vitamin melalui Halodoc. Pesanan akan diantar ke alamat tujuan dalam satu jam dan bebas biaya kirim, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.