• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Konsumsi Kangkung Dapat Atasi Gangguan Tidur?

Benarkah Konsumsi Kangkung Dapat Atasi Gangguan Tidur?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Jika kamu sering mengalami gangguan tidur pada malam hari, hal tersebut dapat meningkatkan risiko mengalami masalah kesehatan tertentu. Sering mengalami gangguan tidur juga akan berdampak pada kualitas hidup dan mental seseorang. Untuk mengatasi gangguan tidur, kamu bisa mengonsumsi sejumlah makanan sehat, salah satunya adalah kangkung. Berikut penjelasan selengkapnya!

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Tidur Siang

Cara Kerja Kangkung dalam Mengatasi Gangguan Tidur

Banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi kangkung dapat mengatasi gangguan tidur. Faktanya, hal tersebut benar adanya. Dilansir dari Buku Kontroversi 101 Mitos Kesehatan (2012) karya dr. Florentina R. Wahjuni, kangkung dapat memicu munculnya kantuk. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat senyawa kimia sedatif dalam kangkung yang bersifat menenangkan.

Senyawa tersebut membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga dengan mengonsumsinya di malam hari sebelum tidur akan memicu timbulnya rasa kantuk. Karena dapat memicu datangnya rasa kantuk, konsumsi kangkung di siang hari perlu dihindari, apalagi saat kamu tengah melakukan pekerjaan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi penuh.

Perlu diingat bahwa hal tersebut tidak berlaku bagi semua orang, karena setiap orang membutuhkan kadar sedatif yang berbeda-beda, tergantung dari masing-masing tubuh. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai hal ini, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: Ketahui Pengaruh Gangguan Tidur pada Sistem Organ Tubuh

Makanan Lain yang Mampu Mengatasi Gangguan Tidur

Bukan hanya kangkung saja yang mampu merangsang munculnya rasa kantuk. Berikut sejumlah makanan yang mampu mengatasi gangguan tidur:

  • Sayuran Hijau

Selain kangkung, sayuran hijau yang mengandung banyak serat, vitamin, magnesium, dan kalsium mampu mengatasi gangguan tidur dengan memicu timbulnya rasa kantung. Sayuran hijau mengandung magnesium dan vitamin B yang mampu membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

  • Susu

Susu dapat mengatasi gangguan tidur karena kalsium di dalamnya yang mampu membantu merangsang otak dalam memproduksi hormon melatonin yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

  • Ikan Salmon

Salmon mengandung tinggi omega-3 yang mampu mengurangi hormon stres, serta dapat menenangkan pikiran. Cara mengolahnya dapat dipanggang dengan olive oil dan ditambah dengan berbagai sayuran hijau.

  • Pisang

Pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium, serta triptofan yang mampu membuat otot menjadi lebih rileks. Kandungan triptofan di dalamnya mampu membantu memicu produksi zat serotonin di otak yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

  • Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan yang kaya akan magnesium, kalium, dan kalsium. Seseorang  Menurut pendapat para ahli, orang yang kekurangan magnesium dapat mengalami gangguan tidur.

  • Alpukat

Alpukat mengandung tinggi vitamin B, sehingga dapat menjaga mengatur kualitas tidur menjadi lebih baik. Dengan mengonsumsi alpukat di siang dan malam hari dapat membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak.

  • Teh Herbal

Teh herbal yang dapat membantu tubuh menjadi lebih santai dan rileks sebelum tidur. Kamu dapat memilih teh herbal dengan aroma lavender atau chamomile yang wanginya dapat memberikan efek yang menenangkan.

  • Kacang Almond

Sama seperti pisang, kacang almond dapat membantu mengatasi gangguan tidur. Selain dapat mengatasi gangguan tidur, kacang almond bisa dijadikan camilan saat seseorang sedang diet. Kacang jenis ini mengandung banyak serat, protein, serta lemak tak jenuh di dalamnya. Selain itu, kacang almond mengandung magnesium dan triptofan yang dapat membantu otot tubuh menjadi lebih rileks.

Baca juga: Kebiasaan Sehat untuk Mencegah Gangguan Tidur

Meskipun makanan-makanan tersebut dapat membantu mengatasi masalah tidurmu, bagi seseorang dengan alergi kandungan bahan tersebut dapat memicu timbulnya reaksi alergi saat dikonsumsi. Jadi, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc jika kamu memiliki sejumlah alergi dengan bahan makanan tertentu, ya!

Referensi:
Gridpop.id. Diakses pada 2020. Dipercaya Turun Temurun, Benarkah Mengonsumsi Kangkung Bisa Sebabkan Kantuk? Begini Penjelasan Ahli
American Sleep Association. Diakses pada 2020. Top 10 Foods That Help You Sleep.
Healthline. Diakses pada 2020. The 9 Best Foods to Eat Before Bed.