• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Waktu yang Tepat untuk Tidur Siang

Ini Waktu yang Tepat untuk Tidur Siang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Sleep Foundation, disebutkan kalau tidur siang dapat mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan kinerja, dan konsentrasi. Kapan waktu yang terbaik untuk tidur siang? Jam terbaik bagi kebanyakan orang untuk tidur siang adalah antara pukul 14:00 dan 15:00. 

Alasannya adalah karena kamu sudah makan siang sehingga kadar gula dan energi secara alami akan mulai menurun. Bisa dibilang semua orang punya jam tidur terbaiknya sendiri. Salah satu cara terbaik untuk memilih waktu tidur siang optimalmu adalah dengan mendasarkannya pada jam bangun pagi. 

Jika kamu bangun jam 7:00 pagi, maka waktu tidur siang ideal adalah jam 14:00. Kalau kamu terbiasa bangun jam 6:00 pagi,  berarti kamu harus tidur siang sekitar jam 13:30. Untuk kamu yang bangun paginya di jam 7:30 pagi, direkomendasikan untuk tidur siang pukul jam 14:30 siang.

Memaksimalkan Manfaat dari Tidur Siang 

Tidur siang walaupun sederhana, tetapi memberikan manfaat terhadap kesehatan. Tidur siang dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan banyak lagi. Selain waktu yang tepat, durasinya juga tidak boleh berlebihan. 20 hingga 30 menit adalah durasi yang direkomendasikan.

Yue Leng dan Kristine Yaffe, profesor psikiatri di University of California, San Francisco, menerbitkan makalah di BMJ's Heart yang membahas fakta mengenai tidur siang.

Dalam studi tersebut, para peneliti dari University Hospital of Lausanne di Swiss menggunakan data dari 3.462 orang tanpa riwayat penyakit kardiovaskular yang terdaftar dalam studi berbasis populasi Swiss.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Tidur Siang

Mereka memeriksa seberapa sering dan berapa lama peserta tidur siang per minggu dan bagaimana kondisi jantungnya. Selama 5 tahun ke depan, para peneliti mencatat 155 kejadian medis terkait jantung yang fatal dan tidak fatal di antara para peserta.

Hasil penelitian menunjukkan risiko jauh lebih rendah terkait penyakit jantung ditemukan pada orang yang tidur siang sekali atau dua kali seminggu dibandingkan dengan orang yang tidak tidur sama sekali. Hasil penelitian tersebut juga mengungkapkan tidak ada hubungan antara berapa lama tidur siang perlu dilakukan terkait meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Ini Manfaat Tidur Siang untuk Pertumbuhan Anak

Punya Dampak Negatif?

Tidur siang juga dapat memiliki efek negatif pada periode tidur lainnya. Tidur siang yang panjang atau tidur siang yang terlambat di siang hari dapat berdampak buruk pada durasi dan kualitas tidur malam hari. Kuncinya adalah secukupnya dan tidak berlebihan.

Jika kamu punya masalah kesehatan terkait pola tidur, bisa ditanyakan lewat aplikasi Halodoc.   Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Penelitian menunjukkan manfaat tidur siang yang signifikan, tetapi terkadang ada stigma-stigma yang salah mengenai pentingnya tidur siang. Tidur siang menunjukkan kemalasan, tidur siang hanya untuk anak-anak, orang sakit, dan orang tua.

Sudah saatnya kamu memasukkan tidur siang sebagai jadwal rutin untuk meningkatkan performamu dalam beraktivitas. Ingatlah, bahwa cukup tidur secara teratur adalah cara terbaik untuk tetap waspada dan menjaga vitalitas tubuh. Jika kamu merasa lelah di pagi hari, tidur siang yang singkat dapat memompa stamina mental dan fisik.

Referensi:
Sleep.org. Diakses pada 2020. What’s The Best Time Of The Day To Nap?
Healthline. Diakses pada 2020. Is Napping Good or Bad for Your Health?
Sleep Foundation. Diakses pada 2020. Debunking Sleep Myths: Does Napping During the Day Affect Your Sleep at Night?