• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Obat Kumur Bisa Cegah Gigi Berlubang?

Benarkah Obat Kumur Bisa Cegah Gigi Berlubang?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu salah satu orang yang sering menggunakan obat kumur? Obat kumur kerap dicari untuk menghilangkan bau mulut. Bukan cuma ampuh menyegarkan mulut, obat kumur juga mengandung cairan antiseptik, sehingga efektif membersihkan sela-sela gigi, kerongkongan, serta permukaan lidah dan gusi.

Tidak hanya membuat mulut lebih segar dan membersihkan mulut secara keseluruhan, katanya obat kumur juga bisa mencegah gigi berlubang. Benarkah? Berikut penjelasannya. 

Baca Juga: Ini Pentingnya Mencegah Gigi Berlubang

Benarkah Obat Kumur Mampu Mencegah Gigi Berlubang?

Melansir dari WebMD, Mark Wolff, ketua kariologi dan perawatan komprehensif di New York University College of Dentistry mengatakan, obat kumur dapat mengurangi gingivitis, kerusakan gigi, karang gigi dan plak, serta dapat mencerahkan gigi. Dikutip dari American Dental Association, ada dua jenis utama obat kumur, yaitu  kosmetik dan terapi. Nah, jenis obat kumur terapeutik yang membantu mengurangi atau mengendalikan plak, radang gusi, bau mulut, dan kerusakan gigi.

Meski bisa mencegah gigi berlubang, bukan berarti obat kumur bisa mengganti sikat gigi dan flossing. Lebih baik jika kamu mengkombinasikan semua perawatan gigi ini. Obat kumur digunakan sebagai perawatan tambahan untuk membersihkan mulut agar terhindar dari gigi berlubang atau penyakit gusi. 

Perlu digaris bawahi juga jika obat kumur tidak mampu menyembuhkan masalah serius. Jika kamu mengalami gusi berdarah, atau bau mulut yang parah, segera kunjungi dokter gigi dan jangan tunggu sampai kondisinya semakin parah. Apabila kamu berencana memeriksakan diri, kamu dapat membuat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat aplikasi.

Baca Juga: Membiarkan Gigi Berlubang, Ini Dampaknya

Aturan Penggunaan Obat Kumur

Obat kumur dapat digunakan sebelum atau sesudah menyikat gigi dan menggunakan benang (flossing). Gunakan obat kumur selama 30-60 detik. Berkumur kurang dari satu menit mungkin tidak begitu efektif. Sebaliknya, berkumur lebih dari satu menit juga lebih dari cukup. 

Nah, kamu juga harus menyesuaikan kandungan obat kumur yang kamu beli dengan masalah mulut dan gigi yang kamu alami. Baca label dengan cermat saat membeli obat kumur yang dijual bebas. Sebab, bahan dan manfaatnya bisa bervariasi pada setiap merek. Umumnya, obat kumur mengandung satu atau lebih dari bahan-bahan berikut:

  • Fluor. Bahan ini membantu mengurangi kerusakan gigi dan mencegah gigi berlubang.

  • Antimikroba. Bahan ini dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut, plak, dan radang gusi.

  • Pemutih, seperti peroksida. Bahan ini dapat membantu menghilangkan noda pada gigi, sehingga gigi tampak lebih putih.

Baca Juga: Alasan Gigi Berlubang Bisa Bikin Sakit Kepala

Kalau kamu ingin mencegah gigi berlubang, pastikan untuk memilih obat kumur yang mengandung fluor. Nah, kalau kamu butuh membeli obat kumur, pesan lewat Halodoc biar lebih praktis. Tidak usah repot keluar rumah, tinggal order dan pesanan kamu akan diantarkan dalam satu jam ke tempat tujuan.

Referensi:
American Dental Association. Diakses pada 2020. Mouthwash (Mouthrinse).
WebMD. Diakses pada 2020. Dos and Don'ts of Mouth Rinsing.
National Dental Care. Diakses pada 2020. Does mouthwash work?.