Benarkah Pengidap Kanker Berisiko Alami Herpes Zoster?

Benarkah Pengidap Kanker Berisiko Alami Herpes Zoster?

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jaga pola makan agar kamu memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Ada berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, salah satunya adalah penyakit herpes zoster.

Penyakit herpes zoster adalah kondisi ruam pada kulit yang menyebabkan rasa sakit. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintil pada kulit yang berisi cairan. Penyebabnya karena pengidap terinfeksi virus Varicella zoster.

Baca juga: Hati-Hati Risiko Ibu Hamil Tularkan Herpes ke Janin

Kondisi ini umum terjadi pada orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Kebanyakan orang yang pernah terserang penyakit herpes zoster kemungkinan tidak terserang lagi ketika sudah sembuh.

Herpes zoster terjadi karena adanya virus yang berkembang pada tubuh. Setelah sembuh, virus tersebut menjadi tidak aktif atau memasuki masa “tidur” pada akar saraf.

Gejala Herpes Zoster

Kenali gejala dari penyakit herpes zoster agar kamu bisa mendapatkan penanganan lebih cepat. Gejala umumnya adalah muncul ruam merah pada kulit yang berbentuk lurus mengikuti alur saraf pada tubuh. Selain itu, ruam hanya terjadi pada satu bagian sisi tubuh dan diawali dengan benjolan merah yang mengalami pembengkakan yang berisi cairan

Setelah membengkak, bintil yang muncul berkembang menjadi luka lepuh pada permukaan kulit. Parahnya, bintil dapat muncul di sekitar area mata yang mengganggu penglihatan pengidapnya. Selain itu gejala fisik, pengidap herpes zoster juga mengalami gejala seperti demam, tubuh yang lemas, sakit kepala dan pengidap akan lebih sensitif terhadap cahaya.

Penyebab Herpes Zoster

Penyebab herpes zoster disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini sama dengan virus yang menjadi penyebab cacar air. Jadi, pengidap herpes zoster merupakan orang-orang yang sebelumnya pernah mengalami penyakit cacar air. Setelah cacar air sembuh, artinya virus Varicella zoster kembali tidak aktif. Virus ini dapat aktif kembali dan menyebabkan herpes zoster. Seseorang dengan herpes zoster menularkan virus kepada siapa saja yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Selain itu, penularan dapat melalui kontak langsung atau terkena ruam yang pecah pada salah satu bagian tubuh pengidap herpes zoster.

Baca juga: Gejala Herpes Zoster yang Perlu Diwaspadai

Pencegahan Herpes Zoster

Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan pada tubuh seperti kebutaan, infeksi bakteri, otot yang melemah dan rasa nyeri yang tidak kunjung hilang. Jadi sebaiknya ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pencegahan penyakit ini.

1. Vaksinasi

Vaksinasi disarankan bagi orang yang berusia di atas 50 tahun. Untuk mencegah kondisi ini kambuh, vaksin dapat diberikan pada orang yang pernah mengalami herpes zoster.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, sebaiknya konsumsi makanan sehat agar daya tahan tubuh kamu meningkat.

3. Jaga Kebersihan

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan agar kamu terhindar dari penyakit herpes zoster.

Pasien Kanker Berisiko Lebih Tinggi Mengalami Herpes Zoster

Herpes zoster mudah menyerang orang-orang yang memiliki sistem imun tubuh yang rendah atau tidak berjalan normal. Salah satunya adalah pengidap penyakit kanker. Penelitian berjudul Herpes zoster risk after 21 specific cancers: population-based case–control study mengatakan bahwa pengidap kanker berisiko tinggi mengalami penyakit ini

Ada beberapa jenis kanker yang rentan terserang penyakit herpes zoster seperti kanker mulut, esophagus, lambung, kolorektal, payudara, paru-paru, ovarium, prostat, ginjal, dan kanker darah.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan agar terhindar dari penyakit herpes zoster. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Hati-hati, Herpes Bisa Menular Lewat Udara!