13 June 2018

Kenali 4 Tanda dan Gejala Herpes Zoster

Tanda herpes zoster, gejala herpes zoster, kenali herpes zoster

Halodoc, Jakarta - Jika kamu memiliki riwayat cacar air, maka, kamu berisiko untuk mengidap herpes zoster di kemudian hari. Sedangkan jika kamu tidak memiliki riwayat cacar air dan belum pernah mendapatkan vaksin cacar, maka, kamu berisiko lebih besar untuk tertular herpes zoster. Umumnya, penyakit ini menyerang orang lanjut usia (lansia) dan orang dengan kekebalan tubuh yang rendah akibat penyakit kronis, obat-obatan, atau stres.

Tanda dan Gejala Herpes Zoster

Herpes zoster adalah infeksi pada saraf dan kulit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster (VZV). Berikut adalah beberapa tanda dan gejala pada herpes zoster:

  1. Nyeri pada kulit. Biasanya ditandai dengan munculnya rasa panas, sensasi terbakar, atau seperti tertusuk benda tajam. Nyeri pada kulit juga dapatdisertai dengan rasa gatal dan mati rasa pada bagian saraf yang terkena.
  2. Timbul ruam pada kulit. Ruam ini dapat berubah menjadi luka melepuh dan bintil yang berisi air (menyerupai bintil pada cacar air). Kulit yang melepuh dan bintil ini biasanya terasa gatal dan rentan pecah, lalu mengering dan dalam beberapa hari akan berubah menjadi koreng.
  3. Nyeri dan ruam pada satu sisi tubuh sesuai dengan saraf yang terinfeksi virus. Ruam ini biasanya akan membentuk pola tertentu yang menyerupai ular, sehingga penyakit ini juga disebut sebagai cacar ular.
  4. Munculnya gejala penyerta lain, seperti demam, nyeri kepala, tidak enak badan, tidak nafsu makan, dan sensitif terhadap cahaya.

Sama seperti cacar air, herpes zoster juga akan sembuh dengan sendirinya karena virus bersifat self-limiting. Biasanya, dokter akan memberikan obat-obatan untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi kemungkinan komplikasi. Obat-obatan yang umum diberikan dokter antara lain antivirus dan pereda nyeri.

Selain mengonsumsi obat-obatan, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan di rumah untuk mengurangi keluhan herpes zoster:

  1. Menggunakan pakaian longgar berbahan katun untuk mengurangi gesekan ruam dengan pakaian.
  2. Tutup ruam agar tetap bersih. Sebisa mungkin, hindari penggunaan plester atau penutup berbahan perekat lainnya untuk menutup ruam. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi dan infeksi yang lebih parah.
  3. Gunakan losion yang mengandung calamine untuk mengurangi gatal pada ruam yang belum pecah.
  4. Hindari penggunaan antibiotik oles karena dapat memperlambat proses penyembuhan.
  5. Rawat dan bersihkan ruam serta bintil yang berisi air dengan mengompres air dingin.

Itulah empat tanda dan gejala herpes zoster yang perlu diketahui. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar herpes zoster, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!