Benarkah Toge Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Toge Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria?

Halodoc, Jakarta - Mendengar kata “toge”, apa yang terbesit dalam pikiranmu? Toge memang bisa diolah menjadi berbagai menu makanan. Mulai ditumis dengan kerang, ditumis dengan sayur caisim, hingga ditumis dengan bumbu saus tiram. 

Namun, sebenarnya bukan menu makannya yang akan kita bahas. Jauh lebih intim pembahasannya, yakni soal kesuburan pria. Nah, katanya toge bisa meningkatkan kesuburan pria, lho. Kira-kira benarkah faktanya demikian? 

Bisa Melindungi Sperma

Dari banyaknya sayuran yang mengandung vitamin E, toge merupakan salah satu yang tak boleh dilupakan. Lantas, apa hubungannya toge dengan kesuburan pria? Nah, vitamin E inilah yang menjadi kuncinya. Vitamin E merupakan antioksidan yang penting untuk reproduksi.

Vitamin E ini dibutuhkan untuk membentuk sperma yang sehat. Tak cuma itu saja, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Jangan main-main dengan radikal bebas, sebab bisa meracuni, sehingga mengganggu proses pembentukan sperma. 

Baca juga: Awas, Gaya Hidup Modern Ini Bisa Turunkan Kualitas Sperma

Nah, kurangnya vitamin E dalam tubuh juga bisa memengaruhi kesehatan reproduksi pria. Selain mengganggu produksi sperma, kekurangan vitamin E juga bisa menyebabkan turunnya produksi hormon dan enzim yang berperan dalam produksi sperma. 

Hal yang mesti digarisbawahi, mengonsumsi toge atau makanan yang banyak mengandung vitamin E, tak akan berpengaruh pada kesuburan pria bila dirinya mengalami gangguan pada testis. Testis sendiri merupakan “pabrik sperma” yang harus dalam kondisi sehat bila menginginkan kesuburan yang optimal. Selain itu, meski banyak yang mengatakan kalau toge dapat meningkatkan kesuburan pria, tetapi banyak ahli juga yang tidak sependapat. Alasannya simpel, hubungan toge dan kesuburan pria belum terbukti secara ilmiah.

Alternatif Pilihan Lainnya

Pada dasarnya, ada empat hal yang amat menentukan kesuburan pria. Mau tahu? Konsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan menghindari faktor risiko (merokok atau konsumsi alkohol). Nah, menyoal makanan ini, selain vitamin E, setidaknya ada tiga nutrisi yang bisa membantu meningkatkan kesuburan pria 

  1. Asam Folat 

Menurut sebuah penelitian, seorang pria yang kekurangan asupan folat rentan mengalami gangguan dalam produksi sperma yang sehat. Pada pria, jumlah konsumsi asam folat harian yang dianjurkan adalah sebanyak 400 mikrogram. 

Lantas, makanan apa saja yang banyak mengandung asam folat? Kamu bisa kok mendapatkan asam folat dari sereal, kentang, kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, bayam, hingga brokoli. 

2. Vitamin C 

Selain vitamin E, vitamin C tak kalah pentingnya untuk meningkatkan kesuburan pria. Vitamin C merupakan antioksidan yang bisa membantu mencegah pria agar tidak cacat dan membuatnya jadi lebih aktif. 

Tak cuma itu saja, antioksidan dalam vitamin C juga bisa meningkatkan kualitas sperma dengan mengurangi jumlah radikal bebas, yaitu pemicu kerusakan membrane sel.  Sumber antioksidan yang baik untuk tubuh adalah vitamin C, vitamin E, serta beta karoten. 

Baca juga: 4 Hal yang Mengharuskan Laki-Laki Periksa Sperma

3. Zinc dan Selenium 

Kekurangan zinc bisa menyebabkan kualitas sperma terganggu. Bahkan, bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan sperma. Imbasnya bisa membuat pria jadi tidak subur. Kamu bisa mendapatkan zinc dan selenium dari tiram, ayam, ikan, hingga telur. 

Nah, sudah tahu kan makanan seperti apa yang bisa membantu meningkatkan kesuburan pria. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Raw Sprouts: Benefits and Potential Risks. 
Live Strong. Diakses pada November 2019. Bean Sprouts Are Healthy, but You Might Not Want to Eat Them Raw 
Healthbenefitstimes. Diakses pada November 2019. Health benefits of Bean Sprouts