Berapa Lama Tubuh Dapat Bertahan Tanpa Air?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Berapa Lama Tubuh Dapat Bertahan Tanpa Air?

Halodoc, Jakarta - Tubuh perlu selalu terhidrasi agar organ-organnya berfungsi dengan baik. Hal ini berhubungan dengan reaksi metabolisme tubuh yang mengeluarkan keringat dan buang air kecil setiap harinya. Tubuh perlu diisi kembali untuk menggantikan cairan yang hilang sehingga terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: Agar Tak Dehidrasi, Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Tubuh?

Manusia Lebih Bisa Bertahan Hidup Tanpa Makan

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Maka itu, tubuh hanya bisa bertahan hidup tanpa air untuk beberapa hari. Sebuah studi bahkan menyebutkan manusia tidak bisa bertahan hidup lebih dari 8 hari tanpa air. Hal ini mengindikasikan bahwa kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi demi kesehatan. Caranya dengan perbanyak minum air putih ataupun konsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti buah dan sayuran. Namun, perlu diketahui bahwa ada minuman yang justru memicu dehidrasi, seperti kafein dan alkohol.

Manfaat Minum Air untuk Kesehatan

  1. Cegah Dehidrasi

Ketika jumlah air dalam tubuh berkurang sebanyak satu persen, kamu akan merasa haus. Jika dibiarkan, rasa haus bisa memicu dehidrasi yang ditandai dengan mulut kering, kelelahan, jarang buang air kecil, urine berwarna kuning gelap, dan mata terlihat cekung. Tekanan darah juga bisa menurun dan kulit kehilangan elastisitas. Dehidrasi parah menyebabkan syok, koma, hingga kematian.

  1. Baik untuk Otot, Sendi, dan Suhu Tubuh

Ketika  jumlah air dalam tubuh berkurang sebanyak lima persen, kekuatan dan ketahanan otot juga berkurang. Pasalnya, air berfungsi melumasi sendi, menjaga gerakan tetap halus, dan mencegah kekakuan. Hal ini karena air berperan sebagai elektrolit pengirim impuls saraf yang memberitahu otot untuk berkontraksi. Air juga terlibat dalam pengiriman oksigen ke otot dan menjaga suhu tubuh tetap normal.

  1. Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Mulut dan mata yang lembap mencegah masuknya bakteri dan patogen lainnya ke dalam tubuh. Air juga membantu membersihkan kotoran atau limbah dalam tubuh lewat urine. Jika urine yang dikeluarkan sedikit karena dehidrasi, kotoran dan limbah rentan menumpuk dalam tubuh dan berpotensi menyebabkan penyakit.

  1. Menghilangkan Limbah Padat

Air dibutuhkan untuk mencerna makanan di saluran pencernaan. Saat kamu makan, usus besar menyerap air dari makanan yang dikonsumsi untuk membentuk feses. Jika tidak berkontraksi dengan baik, usus besar akan menyerap banyak air sehingga memicu terjadinya sembelit.

Baca Juga: Awas, Ini 5 Tanda Tubuh Sudah Dehidrasi

Kebutuhan air tiap orang berbeda-beda, tergantung pada aktivitas hariannya. Namun secara umum, kamu dianjurkan untuk minum 2 liter air atau setara 8 gelas per hari. Jika kamu sering mengalami dehidrasi tanpa sebab, segera bicara pada dokter Halodoc. Gunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!