08 July 2018

5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan

mengatasi lelah berlebihan

Halodoc, Jakarta – Badan yang lelah atau capek bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah akibat aktivitas berlebih, gaya hidup yang salah, dan juga kondisi psikologis. Kabar baiknya, kondisi ini bisa kamu atasi dengan lima tips mengatasi lelah berlebihan berikut ini:

1. Mengubah Pola Makan

Makanan bisa berpengaruh pada tingkat kelelahan seseorang. Ada sebagian makanan dan minuman yang mampu meningkatkan energi tubuh, namun, ada juga yang bisa membuat kamu mudah lelah. Berikut adalah makanan dan minuman yang perlu dihindari agar kamu tidak mudah lelah:

  • Minuman berkafein. Semangat yang muncul setelah mengonsumsi minuman berkafein ini hanya sementara. Sebab, setelah kafein itu tidak ada lagi, tubuh akan merasakan kelelahan (caffeine crash).
  • Terlalu banyak mengonsumsi  makanan yang diproses atau olahan. Misalnya, makanan cepat saji, makanan dalam kemasan, dan permen yang mengandung pengawet dan garam. Makanan jenis ini bisa membuat tubuh bekerja lebih lambat sehingga membuat kamu mudah lelah.

Sebaiknya, perbanyaklah konsumsi makanan segar yang memiliki banyak nutrisi, seperti buah dan sayuran. Kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung minyak omega-3, seperti ikan salmon dan kacang-kacangan guna memacu semangat dan mengurangi lelah.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu tanda kamu mengalami dehidrasi adalah tubuh merasa kelelahan. Dengan cukup minum air putih, tubuh akan sehat dan segar kembali sehingga kamu bisa terhindar dari kelelahan.  Idealnya, kamu dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Jumlah ini bisa saja berubah, tergantung pada kondisi fisik dan aktivitas fisik yang dilakukan. Jadi, sesuaikan saja asupan air putih harian dengan kebutuhanmu. Semakin tinggi tingkat aktivitas yang dilakukan, biasanya, semakin banyak air mineral yang dibutuhkan dalam satu hari.

Baca juga: Terus Lelah saat Hamil, Normalkah?

3. Mengelola Stres

Bila kamu sedang mengalami stres, sebaiknya segera tangani dengan beberapa cara. Kamu bisa mengelola stres dengan melakukan hal-hal yang disukai, seperti jalan-jalan, yoga, meditasi, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain-lain.

4. Cukupi Kebutuhan Istirahat

Kurangnya waktu tidur juga bisa menjadi penyebab utama seseorang mengalami kelelahan. Maka dari itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur cukup. Kamu juga dianjurkan untuk membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Jika rasa kantuk muncul di siang hari, kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat kantor untuk tidur siang sebentar (power nap), setidaknya 10-20 menit. Hindari mengonsumsi obat tidur tanpa anjuran dokter bila kamu mengalami sulit tidur. Sebaiknya, langsung saja memeriksakan masalah kesehatan yang kamu alami pada dokter tepercaya.

5. Aktif Bergerak

Meski badan lelah, melakukan  aktivitas fisik bisa meningkatkan level energi. Sebab, olahraga bisa meningkatkan semangat, efektivitas dalam bekerja, kepercayaan diri, dan kualitas kesehatan secara menyeluruh. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, misalnya berjalan kaki selama 15 menit untuk mengatasi lelah. Jika sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Tubuh Selalu Merasa Lelah

Itulah lima cara mengatasi lelah berlebihan. Kalau cara di atas belum berhasil mengatasi lelah yang kamu alami, segeralah berbicara dengan dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.