• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan

5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Tubuh sering merasa lelah? Mungkin, aktivitas yang kamu lakukan setiap harinya memang sangat menyita tenaga. Namun, bisa jadi, kondisi tubuh yang selalu merasa lelah juga dipicu oleh berbagai faktor lain, seperti gaya hidup yang tidak tepat, kondisi medis tertentu, hingga stres.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir, karena kondisi tubuh yang berlebihan bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara mudah berikut ini. 

1. Mengubah Pola Makan

Diet yang tepat ternyata membantu kamu mendapatkan kembali energi pada tubuh yang sepertinya cepat sekali pergi. Jadi, pastikan tubuh kamu mendapatkan nutrisi yang tepat. Penuhi asupan karbohidrat, protein, dan lemak sesuai dengan porsinya. Jangan lupa perhatikan asupan serat dan makanan yang bersifat antiinflamasi. 

Baca juga: Food Craving, Tanda Pola Makan Tidak Sehat?

Tidak hanya membantu mengembalikan energi, pola makan yang sehat juga membantu tubuh terhindar dari masalah pencernaan, salah satunya irritable bowel syndrome atau iritasi pada usus besar. Studi yang dimuat dalam Microbiome membuktikan bahwa ada keterkaitan antara gangguan pencernaan ini kelelahan.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi dapat menyebabkan tingkat energi yang rendah, berdampak pada rendahnya kualitas tidur, hingga menurunkan konsentrasi serta daya ingat. Menurut studi yang dipublikasikan pada Plos One, peningkatan asupan air pada orang yang biasanya tidak minum ternyata menimbulkan dampak positif terhadap peningkatan energi. Mereka pun cenderung memiliki pemikiran yang lebih positif dan emosi yang lebih stabil. 

Baca juga: Terus Lelah saat Hamil, Normalkah?

3. Mengelola Stres

Hormon stres dapat memiliki efek negatif pada pola tidur, sistem tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan, termasuk membuat tubuh sering lelah. Jadi, kelola stres dengan baik dengan melakukan berbagai hal yang kamu sukai, seperti memanjakan diri, membaca, berolahraga, atau bermeditasi. 

4. Cukupi Kebutuhan Istirahat

Waktu istirahat yang tepat sangat penting jika kamu ingin tubuh tidak sering lelah. Lakukan relaksasi sebelum pergi tidur, dan pastikan kamu mendapatkan tidur malam tidak kurang dari 6 jam setiap harinya. Hindari interaksi dengan ponsel sebelum tidur, dan redupkan lampu agar kamu lebih cepat terlelap.

5. Aktif Bergerak

Olahraga membantu tubuh melepaskan endorfin yang secara alami meningkatkan energi. Sebuah studi yang dimuat dalam Psychotherapy and Psychosomatics menemukan bahwa olahraga teratur dapat membantu mengurangi kelelahan berlebihan pada tubuh. Lakukan setidaknya dua jam olahraga dengan intensitas sedang setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Tubuh Selalu Merasa Lelah

Itu tadi lima cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lelah yang berlebihan. Namun, jika masih belum berhasil, saatnya kamu mendapatkan solusinya langsung dari pakar kesehatan yang tepat. Caranya, pakai aplikasi Halodoc, karena kamu bisa langsung chat dengan dokter tanpa harus menunggu lama, kapan saja, di mana saja. Urusan kesehatan, jangan pernah coba-coba, ya. Pastikan kamu hanya dapat solusi dari ahlinya!

 

Referensi:
Microbiome. Diakses pada 2020. Fecal Metagenomic Profiles in Subgroups of Patients with Myalgic Encephalomyelitis/Chronic Fatigue Syndrome
Psychotherapy and Psychosomatics. Diakses pada 2020. A Randomized Controlled Trial of the Effect of Aerobic Exercise Training in Feelings of Energy and Fatigue in Sedentary Young Adults with Persistent Fatigue
Plos One. Diakses pada 2020. Effects of Changes in Water Intake on Mood of High and Low Drinkers