• Home
  • /
  • Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Terapi Radiasi?

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Terapi Radiasi?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Terapi Radiasi?

Halodoc, Jakarta - Terapi radiasi atau radioterapi adalah salah satu perawatan kanker yang memanfaatkan radiasi dosis tinggi untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor. Pada dosis rendah, radiasi juga bisa dimanfaatkan dalam rontgen untuk melihat bagian dalam tubuh, seperti dengan rontgen gigi atau tulang yang patah.

Setiap perawatan terapi radiasi umumnya hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Namun terapi radiasi untuk menyembuhkan kanker biasanya diberikan setiap hari, Senin hingga Jumat, selama sekitar lima hingga delapan minggu. Istirahat di akhir pekan perlu dilakukan untuk memberi waktu sel-sel normal untuk pulih.  Durasi yang lebih pendek juga mungkin dilakukan untuk meredakan gejala.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Melakukan Terapi Radiasi

Bagaimana Radiasi Digunakan Sebagai Perawatan Kanker?

Bagi sebagian orang, radiasi mungkin satu-satunya perawatan yang dibutuhkan. Namun, pada banyak kasus kanker, terapi radiasi hanya sebagai salah satu perawatan pendukung. Kanker umumnya diatasi dengan cara operasi, kemoterapi, dan imunoterapi.

Terapi radiasi dapat diberikan sebelum, selama, atau setelah perawatan lain untuk meningkatkan peluang bahwa pengobatan akan bekerja. Waktu kapan terapi radiasi diberikan tergantung pada jenis kanker yang dirawat dan apakah tujuan terapi radiasi adalah untuk mengobati kanker atau mengurangi gejala.

Seseorang bisa diberikan terapi radiasi dikombinasikan dengan pembedahan dengan cara seperti ini:

  • Sebelum operasi, guna mengecilkan ukuran kanker sehingga dapat diangkat dengan operasi dan kecil kemungkinannya untuk kembali.

  • Selama operasi, sehingga langsung mengenai kanker tanpa melewati kulit. Terapi radiasi yang digunakan dengan cara ini disebut radiasi intraoperatif. Dengan teknik ini, dokter dapat lebih mudah melindungi jaringan normal di sekitarnya dari radiasi,

  • Setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang tersisa.

Jika kamu atau orang terdekat hendak melakukan terapi radiasi untuk membunuh sel kanker, kamu juga bisa mendiskusikan hal ini dengan dokter di Halodoc. Kamu bisa bertanya seputar terapi radiasi ini, dan dokter akan memberikan semua informasi dan saran yang dibutuhkan. Ambil segera smartphone kamu, dan hubungi dokter segera hanya di Halodoc.

Baca juga: Ketahui 6 Persiapan Sebelum Melakukan Terapi Radiasi

Persiapan Sebelum Melakukan Terapi Radiasi

Sebelum menjalani terapi radiasi sinar eksternal, tim perawatan kesehatan akan memandu melalui proses perencanaan untuk memastikan bahwa radiasi mencapai titik yang tepat di tubuh, di tempat yang dibutuhkan. Perencanaan biasanya meliputi:

  • Simulasi Radiasi. Selama simulasi, tim terapi radiasi akan bekerja dengan pasien untuk menemukan posisi yang nyaman selama perawatan. Sebab penting untuk tetap diam dan tenang selama perawatan nantinya. Untuk melakukan ini, kamu perlu berbaring di meja yang sama yang digunakan selama terapi radiasi. Bantal dan pengekang digunakan untuk memposisikan pasien dengan cara yang benar dan untuk membantunya tetap diam. Tim terapi radiasi juga akan menandai area tubuh yang akan menerima radiasi. 

  • Scan Perencanaan. Tim terapi radiasi juga akan meminta pasien menjalani pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) untuk menentukan area tubuh yang akan dirawat.

Baca juga: IMRT Jadi Terapi Radiasi untuk Kanker dan Tumor Jinak

Setelah proses perencanaan, tim terapi radiasi juga akan memutuskan jenis radiasi apa dan dosis apa yang diterima berdasarkan jenis dan stadium kanker, kondisi kesehatan secara umum, dan tujuan perawatan.

Dosis tepat dan fokus sinar radiasi yang digunakan dalam perawatan akan direncanakan dengan cermat untuk memaksimalkan radiasi ke sel kanker dan meminimalkan kerusakan pada jaringan sehat di sekitarnya.

Referensi:
Cooper University Health Care. Diakses pada 2020. Questions You May Have About Radiation Therapy.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Radiation Therapy.
National Cancer Institute. Diakses pada 2020. Radiation Therapy to Treat Cancer.