• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Cara yang Bisa Dilakukan untuk Merapikan Gigi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Cara yang Bisa Dilakukan untuk Merapikan Gigi

Berbagai Cara yang Bisa Dilakukan untuk Merapikan Gigi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Desember 2021
Berbagai Cara yang Bisa Dilakukan untuk Merapikan Gigi

“Selain prosedur pemasangan behel, ada beberapa cara merapikan gigi lainnya yang dapat kamu coba. Beberapa di antaranya seperti aligner, retainer, veneer, resin, dan kontur gigi.”

Halodoc, Jakarta – Cara merapikan gigi umumnya dilakukan menggunakan behel. Apa pun cara yang dilakukan, pastikan kamu mendatangi dokter gigi atau ortodontis. Jika tidak, kesehatan mulut dan gigi yang jadi taruhannya.

Pasalnya, dokter harus menyesuaikan perawatan yang dilakukan dengan usia, kondisi gigi, rahang, dan lain-lain. Lantas, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk merapikan gigi? Ini beberapa di antaranya:

1. Aligner

Aligner merupakan alat penyangga gigi yang terbuat dari plastik bening dan tipis. Alat ini akan membungkus dan memiliki ukuran yang sama dengan gigi. Karena fungsinya untuk merapikan gigi, alat ini harus diganti setiap 2-3 minggu sekali.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan struktur gigi yang sesuai dengan keinginan. Kekurangannya adalah alat ini harus dilepas saat menyikat gigi dan makan. Pasien memiliki tanggung jawab penuh atas penggunaan alat ini.

2. Retainer

Cara merapikan gigi selanjutnya dilakukan dengan menggunakan alat bernama retainer. Bentuk dan bahannya sendiri hampir mirip dengan aligner, yaitu menggunakan plastik tipis.

Perbedaannya dengan aligner terletak pada jangka waktu penggunaan. Retainer ada yang bersifat tetap. Sama seperti penggunaan behel, dokter akan melakukan perawatan terlebih dulu sebelum memasang retainer.

Pasca perawatan, retainer harus tetap digunakan selama 6 bulan. Tujuannya adalah menunjang perawatan yang sebelumnya dilakukan. Kemudian, alat tersebut hanya dipakai pada malam hari.

3. Veneer

Veneer terbuat dari porselen, yang bertindak seperti lapisan gigi. Cara yang satu ini bukan hanya membuat gigi tampak rapi saja, tetapi juga memberikan efek gigi yang lebih bersih dan cerah.

Penggunaannya sama dengan kuku palsu. Dokter hanya menempelkan veneer di permukaan gigi. Jika sebelumnya masih terdapat jarak pada gigi, veneer mampu membuat gigi tampak rapat.

4. Resin gigi

Cara selanjutnya dilakukan dengan menggunakan resin sewarna gigi, kemudian dikeraskan menggunakan sinar khusus. Cara ini dapat mengisi jarak pada gigi, menambal lubang kecil, dan meratakan ujung gigi yang kasar.

5. Kontur gigi

Kontur gigi dilakukan dengan mengambil sedikit enamel gigi. Tenang saja, karena kamu tidak akan merasakan ngilu atau nyeri pada gigi. Hasilnya sendiri dapat langsung dirasakan setelah selesai perawatan.

Itulah beberapa cara merapikan gigi yang dapat kamu lakukan di dokter gigi. Kamu bisa tanyakan langsung pada dokter gigi melalui Halodoc mengenai metode yang tepat untuk kondisi gigi dan mulutmu. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. 3 Ways to Straighten Teeth Without Braces.
WebMD. Diakses pada 2021. Teeth Bonding.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Tooth Reshaping and Dental Contouring.