• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Fungsi Gliserin dalam Produk Kecantikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Fungsi Gliserin dalam Produk Kecantikan

Berbagai Fungsi Gliserin dalam Produk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 November 2021
Berbagai Fungsi Gliserin dalam Produk Kecantikan

“Gliserin adalah salah satu kandungan yang banyak terdapat pada produk kecantikan. Ada banyak fungsi atau manfaat yang ditawarkan untuk kecantikan kulit serta efek sampingnya yang minim. Maka dari itu, pastikan kamu tahu berbagai manfaat dari penggunaan gliserin.”

Halodoc, Jakarta – Banyak wanita yang berusaha mempertahankan kecantikannya dengan menggunakan berbagai macam produk. Ada berbagai macam kandungan produk kecantikan yang diklaim dapat membuat wajah dan kulit menjadi lebih cantik dan mulus. Salah satu zat yang umum terkandung pada produk kecantikan adalah gliserin. Namun, apa saja sih fungsi dari zat ini? Ketahui jawabannya di sini!

Gliserin Adalah Zat yang Memiliki Banyak Fungsi untuk Kecantikan

Gliserin, atau disebut gliserol, adalah senyawa alami yang berasal dari minyak nabati atau lemak hewani. Zat ini berupa cairan bening, tidak berwarna, tidak berbau, dengan rasa yang manis. Selain itu, zat alami ini dapat menjadi pelembap yang menarik air masuk ke lapisan luar kulit dari lapisan yang lebih dalam.

Untuk produk perawatan kulit, gliserin biasanya digunakan bersamaan dengan oklusif, produk pelembap lainnya yang berguna untuk menjaga kelembapan agar terjaga di dalam kulit. Selain itu, gliserin telah terbukti menjadi salah satu zat yang ampuh menjaga kelembapan kulit paling efektif dibandingkan produk lainnya, seperti asam alfa hidroksi dan asam hialuronat.

Lalu, apa saja sih manfaat dari gliserin pada kecantikan kulit? Berikut berbagai hal yang perlu diketahui:

1. Menjaga Kulit Awet Muda

Salah satu manfaat dari gliserin adalah dapat menjaga kulit tetap awet muda. Penerapan gliserin ke kulit secara rutin dapat memerangkap kelembapan di kulit dan membuat kulit bercahaya sehingga terlihat awet muda. Dengan menjaga kelembapan di kulit, gliserin dapat mengurangi munculnya kerutan dan membuat kulit tampak lembut dan halus.

Gliserin dipercaya juga dapat meningkatkan fungsi kulit untuk memperlambat penuaan. Zat ini dapat membantu sel-sel kulit muda dari lapisan terdalam ke permukaan untuk membentuk pelindung kulit. Dengan begitu, kulit dapat menjadi terlihat lebih bersinar dan mulus secara keseluruhan. Maka dari itu, gunakan produk dengan kandungan ini secara rutin setiap hari.

2. Mengurangi Jerawat

Gliserin juga dapat mengurangi jerawat yang tumbuh di wajah. Berbeda dengan kandungan pada pembersih dan pelembap untuk jerawat yang sebenarnya terlalu keras untuk kulit. Bahkan, beberapa produk dapat menyebabkan peradangan dan iritasi bagi beberapa orang. Berbeda dengan gliserin yang dapat mempercantik kulit tanpa adanya efek samping.

Selain itu, gliserin bebas minyak yang berarti tidak menimbulkan sumbatan pada pori-pori. Faktanya, pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat. Maka dari itu, gliserin sangat cocok untuk digunakan seseorang yang memiliki kulit berminyak sehingga jerawat benar-benar teratasi tanpa adanya efek samping.

3. Menyembuhkan Kulit

Jika kamu memiliki kulit kering dan pecah-pecah, gliserin dapat membantu untuk mengatasinya dengan meningkatkan hidrasi pada kulit. Gliserin dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kulit, seperti eksim atau psoriasis, serta menyembuhkan luka disebabkan kulit pecah-pecah. Maka dari itu, jangan ragu untuk menggunakan gliserin guna mempercepat proses penyembuhan luka dan melindungi kulit dari iritasi.

Kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dengan menggunakan gliserin yang terkandung pada produk kecantikan secara rutin. Hal ini sangat baik untuk seseorang yang rentan mengalami jerawat agar masalah ini bisa teratasi dan tidak mudah kambuh. Juga, kamu bisa mendapatkan kulit yang awet muda sebagai bonus tambahan.

Nah, kamu juga bisa lho bertanya pada dokter dari Halodoc terkait segala manfaat yang bisa didapatkan dari gliserin untuk kecantikan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Is Glycerin Good for Your Face and Skin?
Acme-Hardesty 18C. Diakses pada 2021. Eight Benefits of Glycerine for Skin Care.
Paula’s Choice Skincare. Diakses pada 2021. The Benefits of Glycerin in Skin Care.