• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

Berbagai Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Desember 2021
Berbagai Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

“Mengubah pola makan dapat secara signifikan membuat tekanan darah normal. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang. Oleh karena itu, kamu yang mengidap hipertensi perlu mulai konsumsi makanan tersebut lebih sering.”

Halodoc, Jakarta – Menjaga tekanan darah memang bukan hal yang mudah. Apalagi kamu juga kerap tidak mengalami gejala apapun saat mengidap tekanan darah tinggi. Namun, obat-obatan, perubahan pola makan, dan modifikasi gaya hidup lainnya dapat mengurangi tekanan darah tinggi sekaligus menurunkan risiko kondisi terkait lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Banyak peneliti telah menemukan bahwa makanan tertentu dapat menjaga tekanan darah. Makanan tersebut pun umumnya mudah didapatkan dan bisa menjadi asupan yang sehat karena pada dasarnya makanan tersebut adalah makanan bergizi tinggi.

Makanan untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

Berikut ini adalah makanan untuk menjaga tekanan darah yang bisa kamu coba konsumsi lebih sering:

  • Buah Beri

Blueberry dan stroberi mengandung anthocyanin, yang dapat membantu seseorang. Blueberry dan stroberi juga mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, sejenis flavonoid. Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang memiliki asupan antosianin tertinggi, terutama dari blueberry dan stroberi, memiliki penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8 persen, dibandingkan dengan mereka yang asupan antosianinnya rendah.

  • Pisang

Pisang mengandung banyak potasium, yaitu mineral yang memainkan peran penting dalam mengelola hipertensi. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potasium. Menurut American Heart Association, potasium mengurangi efek natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah. Orang dewasa harus mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium setiap hari. Namun, jika kamu memiliki penyakit ginjal, kamu harus berbicara dengan dokter tentang asupan potasium, karena terlalu banyak bisa berbahaya.

  • Buah Bit

Minum jus bit dapat mencegah hipertensi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Pada tahun 2015, peneliti melaporkan bahwa minum jus bit merah menyebabkan tekanan darah lebih rendah pada penderita hipertensi yang minum 250 mililiter, sekitar 1 cangkir, jus setiap hari selama 4 minggu. Para peneliti melihat beberapa efek positif dalam waktu 24 jam.

Dalam penelitian ini, mereka yang minum 1 cangkir jus bit setiap hari rata-rata mengalami penurunan tekanan darah sekitar 8/4 milimeter merkuri (mm Hg). Bagi banyak orang, perubahan ini membawa tekanan mereka dalam kisaran normal. Rata-rata, satu obat tekanan darah mengurangi kadar sebesar 9/5 mm Hg. Para peneliti menyarankan bahwa tingkat nitrat anorganik yang tinggi dari bit menyebabkan penurunan. 

  • Cokelat Hitam

Camilan lezat ini dapat menjadi pilihan makanan untuk sehat. Pasalnya kandungan kakao dalam cokelat hitam mampu mengurangi hipertensi atau pre-hipertensi. Pilihlah cokelat berkualitas tinggi yang mengandung minimal 70 persen kakao, dan konsumsi satu kotak, atau sepotong berukuran sekitar 1 ons, setiap hari.

  • Kiwi

Satu porsi kiwi setiap hari dapat mecegah hipertendi dan menjaganya agar tetap normal. Para peneliti membandingkan efek apel dan kiwi pada orang dengan tekanan darah sedikit tinggi. Mereka menemukan bahwa makan tiga kiwi sehari selama 8 minggu menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih signifikan, dibandingkan dengan makan satu apel sehari untuk periode yang sama. Para peneliti menduga bahwa zat bioaktif dalam kiwi menyebabkan pengurangan tersebut.

Kiwi juga kaya akan vitamin C, yang secara signifikan dapat meningkatkan pembacaan tekanan darah pada orang yang mengonsumsi sekitar 500 mg vitamin setiap hari selama sekitar 8 minggu.

Jika kamu mengidap hipertensi dan ingin mencari tahu cara membuat tekanan darah, kamu bisa buat janji untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit melalui Halodoc. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The 17 Best Foods for High Blood Pressure.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Fifteen Good Foods for High Blood Pressure.