Berencana Tes Gula Darah, Harus Puasa Berapa Lama?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Berencana Tes Gula Darah, Harus Puasa Berapa Lama?

Halodoc, Jakarta - Seperti namanya, tes gula darah adalah pemeriksaan medis yang dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah di dalam tubuh. Tes ini sebenarnya merupakan salah satu pemeriksaan yang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin, sebagai deteksi dini dari penyakit diabetes. Nah, bagi kamu yang memiliki rencana untuk tes gula darah, berapa lama sih waktu puasa yang perlu dijalani?

Ya, biasanya sebelum melakukan beberapa jenis pemeriksaan medis, termasuk tes gula darah, dokter akan menginstruksikan untuk berpuasa. Meski ada juga jenis pemeriksaan kesehatan yang membolehkan untuk makan dan minum apapun yang diinginkan. Perlu diketahui bahwa puasa sebelum menjalani tes gula darah merupakan salah satu persiapan pemeriksaan.

Baca juga: Cek Gula vs Kolesterol, Mana yang Penting Sebelum Mudik?

Persiapan pemeriksaan yang benar merupakan hal yang perlu dilakukan agar bisa mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat, sebagai bentuk diagnosis terkait masalah medis yang sedang dialami. Itu sebabnya, kita harus melakukan instruksi yang diberikan oleh dokter dengan benar untuk menghindari pemeriksaan ulang atau menghindari pemeriksaan tambahan yang tidak perlu.

Berapa Lama Harus Puasa?

Puasa sebelum melakukan tes gula darah sangat penting dilakukan untuk membantu memastikan hasil tes yang dilakukan akurat. Pasalnya, kandungan gizi dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum melakukan tes kesehatan akan diserap ke dalam aliran darah dan bisa memberikan dampak langsung pada tingkat glukosa darah.

Itu sebabnya kita diperintahkan oleh dokter untuk berpuasa sebelum melakukan tes gula darah. Hal ini  juga sebagai cara untuk memastikan agar hasil pemeriksaan tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan terakhir dan dapat diartikan dengan benar oleh dokter, sehingga proses diagnosis terkait kondisi kesehatan akan lebih akurat.

Baca juga: 2 Cara Sederhana Mengendalikan Gula Darah

Terkait lama waktu puasa, setiap jenis pemeriksaan kesehatan memiliki aturannya masing-masing. Untuk tes gula darah biasanya akan dianjurkan untuk berpuasa minimal 8 jam saja. Sementara pada beberapa jenis pemeriksaan kesehatan lainnya, waktu puasa yang dianjurkan adalah sekitar 10-12 jam.

Jika Tidak Puasa Sebelum Tes Gula Darah

Puasa dalam konteks pemeriksaan kesehatan adalah tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Meski begitu, kita biasanya tetap diperbolehkan untuk minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga akan memberikan gambaran kadar pemeriksaan yang sebenarnya.

Nah, jika tidak berpuasa atau berpuasa tidak sesuai dengan waktu yang dianjurkan, pemeriksaan yang dilakukan akan memberikan hasil yang tidak akurat karena pemeriksaan tertentu masih dipengaruhi oleh makanan. Namun, kalau merasa berpuasa justru akan menimbulkan masalah bagi kondisi tubuh, kamu dapat mengkonsultasikannya kepada dokter atau perawat.

Baca juga: Tips Menjaga Gula Darah saat Puasa

Itulah sedikit penjelasan tentang tes gula darah dan berapa lama waktu puasa yang dianjurkan sebelum menjalaninya. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!