• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Pengidap Diabetes Memakai Behel Gigi?

Bolehkah Pengidap Diabetes Memakai Behel Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Jika kamu mengidap penyakit diabetes, sebaiknya lakukan gaya hidup sehat dan pola makan tepat agar terhindar dari komplikasi penyakit ini. Kandungan gula yang cukup tinggi dalam darah nyatanya dapat memicu berbagai gangguan kesehatan tubuh, termasuk bagian mulut dan gigi. 

Baca juga: Alasan Pengidap Diabetes Sering Alami Bau Mulut

Pengidap diabetes sangat rentan memiliki karang gigi, gangguan pada gusi, bau mulut, sariawan, dan mulut kering. Lalu, bolehkah pengidap diabetes menggunakan behel gigi untuk keperluan kesehatan giginya? Nah, tidak ada salahnya simak ulasannya dalam artikel ini, agar kamu lebih memahami kondisi kesehatan tubuh.

Penggunaan Behel Gigi bagi Pengidap Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup umum terjadi. Namun, meskipun begitu, penyakit ini cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat. Mulai dari gangguan pada jantung, ginjal, hingga kulit. Bukan itu saja, penyakit ini juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut serta gigi.

Lalu, apakah pengidap diabetes boleh menggunakan behel gigi? Ada beberapa masalah kesehatan mulut dan gigi yang sering dialami pengidap diabetes. Salah satunya adalah gangguan kesehatan pada gusi. Sirkulasi gula darah yang kurang baik membuat gusi lebih rentan menjadi infeksi. 

Padahal, penyakit diabetes pun bisa memicu penurunan imun tubuh seseorang. Hal ini akan meningkatkan risiko gangguan pada gusi yang lebih besar. Penggunaan behel atau kawat gigi dinilai dapat memicu tekanan yang lebih besar pada gusi. Kondisi ini sangat rentan membuat gusi menjadi stres karena adanya pergerakan gigi selama penggunaan behel gigi.

Jadi, tidak ada salahnya sampaikan riwayat kesehatan kamu, jika akan mengunjungi dokter gigi. Kamu juga bisa menggunakan Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter gigi mengenai perawatan mulut dan gigi yang tepat bagi pengidap diabetes. Kini, tidak perlu repot, kamu bisa download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: 5 Efek Samping Diabetes yang Tidak Terduga

Perawatan Gigi yang Tepat Bagi Pengidap Diabetes

Untuk mencegah gangguan kesehatan pada gigi dan gusi, ada beberapa perawatan yang perlu kamu lakukan, seperti:

1.Selalu Kontrol Gula Darah

Jangan lupa untuk mengontrol kondisi gula darah setiap harinya. Selain itu, pengobatan dan mengikuti saran yang dianjurkan oleh dokter juga bisa menjadi cara untuk mengontrol gula darah. Semakin penyakit diabetes dapat dikontrol dengan baik, tentunya kamu akan terhindar dari gangguan kesehatan mulut dan gigi.

Jangan lupa untuk melakukan gaya hidup sehat dan pola makan tepat. Dengan begitu, kamu bisa menurunkan risiko diabetes semakin parah.

2.Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Jangan lupa untuk selalu menyikat gigi minimal dua kali sehari. Saat pagi hari dan juga sebelum tidur malam hari. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut serta pasta gigi yang mengandung fluoride. Hindari cara menyikat yang terlalu kasar karena dapat membuat gusi menjadi iritasi.

Selain menyikat gigi, kamu juga bisa menggunakan dental floss satu kali dalam sehari. Jika kamu ingin mencuci mulut, sebaiknya gunakan pencuci mulut tanpa alkohol.

3.Berhenti Merokok

Jika kamu pengidap diabetes, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mulut dan gigi.

4.Kenali Gejala Awal Gangguan Gusi

Sebaiknya kenali beberapa gejala awal yang menjadi tanda adanya gangguan gusi. Mulai dari kemerahan, pembengkakan, hingga perdarahan gusi. Segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan jika gejala tersebut disertai dengan gejala lain. Misalnya, mulut kering, nyeri pada mulut, hingga gigi copot.

5.Kunjungi Dokter Gigi Secara Rutin

Cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut pengidap diabetes dengan rutin mengunjungi dokter gigi. Lakukan pemeriksaan secara berkala setiap 6 bulan.

Baca juga: Idap Diabetes Melitus Rentan Terkena Oral Trush

Itulah beberapa perawatan gigi bagi pengidap diabetes. Lakukan pola makan, gaya hidup sehat, dan aktivitas fisik agar kondisi gula darah dapat dikontrol dengan baik. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari berbagai komplikasi dari penyakit diabetes, termasuk gangguan mulut dan gusi.

Referensi:
Greater Houston Orthodontics. Diakses pada 2021. Could Your Diabetes Effect Your Orthodontic Treatment?
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diabetes and Dental Care: Guide to A Healthy Mouth.
Web MD. Diakses pada 2021. Diabetes and Dental Care.