Biar Makin Sehat, Konsumsi 6 Buah Ini Saat Puasa

Biar Makin Sehat, Konsumsi 6 Buah Ini Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman, terlebih bagi kamu yang memiliki segudang aktivitas, tubuh perlu dijaga agar tetap fit. Menyantap berbagai hidangan favorit saat berbuka dan sahur boleh saja, tetapi jangan pernah lewatkan buah-buahan, ya. Konsumsi 6 buah ini saat puasa dapat membantu tubuh tetap prima, lho.

1. Kurma

Tak lengkap rasanya bulan puasa tanpa kehadiran buah manis asal Timur Tengah ini. Kandungan glukosa yang tinggi dalam kurma menjadi salah satu alasan mengapa buah ini direkomendasikan sebagai takjil, atau kudapan awal berbuka puasa.

Pasalnya, kandungan gula dalam kurma berkisar antara 75-87 persen dari keseluruhan kandungan yang terdapat di dalamnya. Sekitar 55 persen gula dalam kurma berbentuk glukosa dan 45 persen berbentuk fruktosa. Hal ini baik untuk mengembalikan energi yang hilang pada tubuh setelah seharian berpuasa.

Baca juga: Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa

2. Apel

Buah berwarna merah ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar saat berbuka puasa. Apel kaya akan kandungan vitamin A, B dan C yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan nutrisi pada tubuh. Selain itu, mengonsumsi apel saat sahur dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

3. Pepaya

Buah pepaya memang terkenal sebagai buah yang baik untuk sistem pencernaan. Hal ini karena pepaya banyak mengandung vitamin C dan pro-vitamin A yang mampu membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan, sehingga saluran pencernaan makanan tetap lancar saat berpuasa. Selain itu, pepaya juga mampu mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka puasa.

4. Alpukat

Ternyata buah yang sering ada dalam campuran es campur dan es teler ini baik bagi kesehatan tubuh selama di bulan puasa, lho. Dengan mengonsumsi alpukat saat bulan puasa mampu menurunkan kolesterol dan juga menurunkan berat badan. Alpukat juga berfungsi untuk menyerap nutrisi yang dihasilkan untuk tubuh. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung zat besi, vitamin B, lemak serta minyak yang bisa menjadi sumber energi jika dikonsumsi saat sahur.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Makanan Berat atau Makanan Manis Saat Buka Puasa?

5. Blewah

Bukan tanpa alasan buah blewah sering dijadikan sajian untuk berbuka puasa. Rasa manis pada buah ini mempunyai fungsi absorpsi yang akan membantu penyerapan jika kamu makan secara tergesa-gesa dan makanan tidak terkunyah dengan baik. Selain itu, mengonsumsi blewah juga mampu membantu menyerap zat-zat yang tidak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan, bahkan mengatasi rasa mual akibat asam lambung. Blewah juga memiliki banyak kandungan vitamin A.

6. Pisang

Pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat meredakan asam lambung. Buah berwarna kuning ini juga mampu membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Daging buah pisang yang lembut dapat melapisi dinding lambung, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi para pengidap maag yang berpuasa.

Baca juga: 5 Makanan yang Dihindari saat Puasa

Itulah sedikit penjelasan tentang buah-buahan yang baik dikonsumsi saat bulan puasa. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!