24 July 2018

Biar Selalu Sehat, Ini Komposisi Lemak yang Baik untuk Tubuh

kadar lemak dalam tubuh, menghitung lemak dalam tubuh, komposisi lemak dalam tubuh

Halodoc, Jakarta – Pola hidup sehat saat ini tengah menjadi gaya hidup sehat bagi banyak orang. Kesadaran untuk melakukan olahraga malah membuat orang-orang memasang target untuk memiliki badan yang sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu, mereka juga semakin memiliki target untuk mengurangi lemak yang ada pada tubuh dan menambah massa otot karena anggapan semakin sedikit lemak dalam tubuh mereka akan merasa lebih baik dan sehat.

Baca juga: Olahraga yang Tepat untuk Si Kurus

Namun nyatanya, tubuh tetap membutuhkan lemak dalam kadar yang normal. Lemak pada tubuh dibutuhkan agar fungsi-fungsi pada tubuh dapat berjalan dengan normal. Selain itu, fungsi lemak dalam tubuh juga membantu tubuh dalam penyerapan vitamin untuk asupan pada tubuh. Yang paling penting, dengan memiliki lemak dalam tubuh dengan kadar yang sehat, kamu bisa terhindar penyakit dan juga rasa lelah yang kronis, karena lemak bisa digunakan sebagai energi dan juga sumber daya tahan tubuh.

Meskipun lemak sangat penting, bukan berarti kamu juga boleh menumpuk lemak terlalu banyak dalam tubuh kamu. Kadar lemak tubuh yang masih dianggap normal dan sehat tentu ada batasnya. Saat kamu sudah memiliki batas lemak normal pada tubuh kamu, sebaiknya kamu harus menjaga kadar lemak dalam tubuh agar tidak mengalami gangguan pada tubuh dan malah menjadi penyakit untuk tubuh kamu.

Kadar Lemak yang Diperlukan untuk Tubuh

Menurut American College Sports Medicine kondisi lemak yang normal untuk wanita kadar lemak harus berada di antara 20-32 persen tubuh. Sedangkan untuk laki-laki berada di antara 10-22 persen dari kondisi tubuhnya. Tentu hal ini juga perlu disesuaikan dengan kondisi kegiatan maupun aktivitas masing-masing orang. Orang yang terbiasa berolahraga biasanya akan memiliki lemak sebesar 21 hingga 24 persen untuk wanita, sedangkan untuk laki-laki 14 hingga 17 persen dari tubuhnya. Orang yang jarang berolahraga masih dianggap memiliki lemak normal jika memiliki lemak berkisar antara 25-31 persen untuk wanita, sedangkan 18-25 persen untuk laki-laki.

Kadar lemak dalam tubuh sangat erat kaitannya dengan gizi seseorang. Jika seorang wanita mengalami kelebihan lemak sebanyak 32 persen, sedangkan laki-laki sebanyak 25 persen, keadaan tersebut menandakan adanya berat badan yang berlebihan atau obesitas.

Cara Hitung Lemak dalam Tubuh

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jumlah lemak dalam tubuhmu. Cara yang paling mudah adalah kamu bisa melakukan pemeriksaan lengkap di rumah sakit untuk mengetahui jumlah lemak kamu. Kedua, kamu bisa menghitung sendiri dengan rumus khusus, tapi sebelumnya kamu harus mengetahui indeks massa tubuh (IMT) sebelum kamu menghitung lemak dalam tubuh. Berikut rumusnya:

Wanita: (1,20 x IMT) + (0,23 x Usia) – 5,4

Laki-laki: (1,20 x IMT) + (0,23 x Usia) – 10,8 – 5,4

Rumus ini tidak sepenuhnya akurat, tapi kamu tetap bisa mengetahui berapa rata-rata kemungkinan lemak yang ada pada tubuh. Hal yang terpenting, tetap jalani gaya hidup sehat dengan olahraga dan makan sehat.

Baca juga: Olahraga Pagi VS Olahraga Malam, Kamu Pilih yang Mana?

Sebaiknya siapkan kondisi kesehatan yang paling baik saat akan melakukan aktivitas. Jangan lupa tanya setiap keluhan yang kamu rasakan saat melakukan olahraga melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang juga agar kesehatan selalu terjaga!