18 December 2018

Biar Tetap Sehat, Perhatikan Ini Saat Pilih Camilan Natal

Biar Tetap Sehat, Perhatikan Ini Saat Pilih Camilan Natal

Halodoc, Jakarta – Momen perayaan natal identik dengan camilan manis yang lezat. Misalnya, kastangel, kue salju, cookies dan permen. Karena beberapa camilan tersebut hanya ada saat natal, kebanyakan orang menjadi "kalap" mengonsumsinya. Meski tak ada yang melarang, kamu tetap perlu membatasi konsumsi camilan manis yang dihidangkan saat natal agar berat badan tidak bertambah.

Cara Menikmati Camilan Natal Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Tak ada yang melarang kamu mengonsumsi banyak camilan natal. Namun, persoalannya adalah kandungan gula dan lemak di dalamnya. Maka itu, kamu lebih dianjurkan untuk buat camilan natal sendiri di rumah untuk menjadi kualitas kue yang dihidangkan.

Berikut ini tips membuat camilan sehat saat natal yang bisa dicoba:

  • Tukar mentega atau margarin dengan minyak sehat. Misalnya, minyak zaitun, minyak canola atau minyak sayur. Mentega bisa ditukar dengan bahan kue non-tradisional, seperti yogurt, jus buah, atau susu mentega non-lemak.

  • Gunakan tepung gandum karena kandungan seratnya empat kali lebih banyak dibanding tepung lainnya.

  • Batasi garam dan gula. Usahakan tidak memberi garam dan gula dalam adonan kue secara berlebih. Kamu bisa menyesuaikan dengan adonan kue yang dibuat, tapi pastikan agar konsumsi gula harian tidak lebih dari 4 sendok makan dan garam harian tidak lebih dari 1 sendok teh. Agar lebih sehat, kamu bisa mengganti gula pasir dengan gula alami (seperti madu) pada adonan kue.

Selain mengganti bahan adonan kue natal, kamu juga bisa melakukan cara berikut untuk mencegah kenaikan berat badan:

1. Jangan "Lapar Mata"

Camilan natal memang sayang untuk dilewatkan. Meski bebas untuk konsumsi camilan apa pun, kamu perlu memperhatikan porsi camilan yang dimakan. Usahakan untuk konsumsi camilan dalam porsi kecil dan sedikit, sehingga perutmu punya banyak "ruang" untuk mengonsumsi camilan lain tanpa khawatir berat badan bertambah.

2. Sertakan Buah dan Sayuran

Setelah seharian mencoba camilan natal, pastikan untuk mengonsumsi buah dan sayuran sebagai pelengkap nutrisi harian. Dengan begitu, kamu merasa kenyang dan kebutuhan serat akan tetap tercukupi. Kamu bisa mengonsumsi buah secara utuh, atau mengolah buah dan sayuran menjadi jus.

3. Jangan Lupa Olahraga

Tak ada salahnya memulai momen natal dengan berolahraga. Sebab studi yang dipublikasikan dalam Journal Medicine, Science in Sports and Exercise menyebut olahraga di pagi hari bisa menjaga perilaku makan sepanjang hari. Pasalnya, olahraga di pagi hari mengoptimalkan metabolisme tubuh sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih cepat dan mencegah kenaikan berat badan. Kamu bisa melakukan olahraga yang disukai, seperti jalan kaki, lari, bersepeda dan berenang setidaknya 15 – 30 menit di pagi hari.

Natal harus dirayakan dengan suka cita. Salah satu cara mempersiapkannya dengan menjaga kesehatan agar kondisi tubuh tetap fit saat kumpul keluarga di momen natal. Agar tak repot, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk diskusi tentang kondisi kesehatanmu. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: