02 July 2018

6 Camilan yang Bisa Dikonsumsi saat Bosan di Kantor

Camilan sehat

Halodoc, Jakarta – Kebosanan tak jarang memicu rasa lapar, termasuk rasa bosan yang muncul saat di kantor. Kondisi ini disebut sebagai lapar psikologis, yaitu rasa lapar yang muncul tiba-tiba dan tidak ada hubungannya dengan waktu makan terakhir. Biasanya, kondisi ini terjadi saat seseorang merasa sedih, stres, bosan, atau akibat melihat foto makanan.

Baca juga: 4 Camilan Sehat Pengganti Junk Food

Ngemil adalah salah satu cara mengusir rasa lapar. Selain itu, ngemil juga bermanfaat untuk mencegah perut keroncongan, menjaga gula darah stabil dan normal, serta mengendalikan nafsu makan dan mencegah makan berlebih. Manfaat ini bisa diperoleh jika kamu mengonsumsi camilan yang sehat. Lantas, apa saja sih camilan sehat yang bisa dikonsumsi saat bosan di kantor?

1. Roti Gandum

Roti gandum adalah roti yang diolah dari biji gandum utuh. Dibanding roti tawar putih, roti gandum lebih banyak mengandung serat, vitamin E, dan asam lemak esensial, sehingga bisa dicerna dengan mudah dan baik untuk sistem pencernaan. Roti gandum juga bisa menjadi sumber energi tubuh, sehingga bisa mengembalikan stamina untuk bekerja kembali.

Baca juga: Ini yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Roti Gandum

2. Telur Rebus

Telur bukan hanya lezat, tapi juga mengenyangkan. Alasannya karena telur kaya akan protein yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Asupan dalam telur, seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, hingga menjaga berat badan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa dijadikan camilan. Selain rasanya lezat, kacang-kacangan juga mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh, serta membantu menurunkan kolesterol dan mengatur gula darah.

4. Popcorn

Popcorn adalah makanan ringan yang terbuat dari biji jagung kering yang dipanaskan. Popcorn tinggi akan serat, sehingga bisa mempertahankan rasa kenyang dan menstabilkan gula darah. Makanan ini juga rendah kalori dan kolesterol sehingga cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet. Bahkan, seorang ahli dari Universitas Scranton di Amerika, Profesor Joe Vinson, menyebutkan bahwa popcorn polos kaya akan polifenol, yaitu zat antioksidan yang bisa membantu mencegah kanker dan kerusakan sel akibat radikal bebas.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam sering dijadikan camilan untuk mengusir rasa lapar. Makan ini bukan sekadar lezat, melainkan banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain baik untuk kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke, memperlambat proses penuaan, menurunkan risiko diabetes, hingga memperbaiki suasana hati (mood). Baca juga: Ketahui Manfaat Coklat Hitam yang Luar Biasa

6. Sayur dan Buah

Kedua jenis makanan ini sudah dikenal banyak manfaat. Oleh sebab itu, kamu bisa menjadikan sayur dan buah sebagai camilan di kantor. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi salad, jus buah, smoothies, atau olahan lainnya. Baca juga: 7 Jenis Jus dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Baca juga: Cara Atasi Mood Swing di Kantor

Itulah enam camilan sehat saat bosan di kantor. Kalau kamu punya keluhan kesehatan saat bekerja, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!