• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bikin BAB Lancar, Ini 7 Makanan Pembersih Usus
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bikin BAB Lancar, Ini 7 Makanan Pembersih Usus

Bikin BAB Lancar, Ini 7 Makanan Pembersih Usus

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 November 2022

“Usus kotor ternyata bisa dibersihkan melalui beberapa jenis makanan. Contohnya yogurt yang kandungan bakteri baiknya mampu mengoptimalkan proses pencernaan.”

Bikin BAB Lancar, Ini 7 Makanan Pembersih UsusBikin BAB Lancar, Ini 7 Makanan Pembersih Usus

Halodoc, Jakarta – Studi menyatakan kalau ada beberapa makanan yang mampu membersihkan usus yang kotor sehingga proses pencernaan lebih optimal. Melansir Healthline, pembersihan usus punya sederet manfaat, seperti membuang limbah dan racun dari tubuh sampai menurunkan berat badan.

Pembersihan usus besar sebenarnya masuk kategori tindakan medis. Prosedurnya bernama irigasi usus besar atau hidroterapi usus besar. Namun, kamu wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena mempunyai risiko. Mulai dari dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, ketidakseimbangan bakteri dan infeksi, sampai perforasi usus.

Kendati demikian, penelitian menunjukkan kalau ada beberapa makanan yang bisa membantu pembersihan usus yang kotor. Yogurt misalnya, makanan ini mengandung bakteri asam laktat mengoptimalkan proses pencernaan sampai mengatasi masalah pencernaan.

Makanan yang Membantu Membersihkan Usus Kotor

Berikut makanan lain yang membantu membersihkan usus:

1. Apel

Apel mengandung pektin, serat larut yang mudah dipecah oleh bakteri baik di dalam usus. Alhasil, tekstur tinja melunak dan sembelit atau diare bisa terhindari. Buah ini juga terbukti mengurangi risiko infeksi usus, serta peradangan pada usus besar.

2. Kombucha

Jenis teh ini melalui proses fermentasi dengan cara menambahkan strain bakteri, gula, dan ragi. Proses tersebut kemudian menghasilkan probiotik yang meningkatkan kesehatan pencernaan. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa kombucha membantu penyembuhan sakit maag (16).

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah dan roti gandum mampu meningkatkan fungsi usus. Kamu membutuhkan setidaknya 25 gram serat setiap hari untuk mendapat manfaat ini. Dibandingkan dengan karbohidrat olahan, seperti roti putih dan pasta, biji-bijian utuh menyediakan banyak serat, serta nutrisi tambahan, seperti asam lemak omega-3. 

4. Sayuran berdaun hijau

Bayam dan kangkung adalah contoh sayuran hijau dengan sumber serat terbaik. Jenis sayuran ini juga mengandung folat, vitamin C, vitamin K, dan vitamin A. Penelitian menunjukkan kalau sayuran hijau mengandung jenis gula yang mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus.

5. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim pencernaan yang bernama papain. Enzim tersebut membantu membantu memecah serat protein selama proses pencernaan. Papain juga dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar, seperti sembelit dan kembung.

6. Kefir

Kefir adalah produk susu dengan tambahan biji-bijian. Nah, biji-bijian tersebut berasal dari campuran ragi dan bakteri. Seperti probiotik dalam yogurt, bakteri kefir membantu pencernaan laktosa dan mengurangi efek intoleransi laktosa seperti kembung, kram, dan perut bergas. Penelitian menunjukan kalau makanan sehat ini meningkatkan bakteri baik dan menurunkan bakteri jahat pada usus yang memicu masalah pencernaan. 

7. Biji Chia

Chia seed adalah sumber serat baik dengan membentuk zat seperti gelatin setelah dikonsumsi. Zat itu bekerja seperti prebiotik, mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus sehingga menjaga kesehatan saluran cerna. Kandungan seratnya juga memperlancar buang air besar.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 19 Best Foods to Improve Digestion.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. 5 Foods to Improve Your Digestion.