Fisik dan Mental Sehat Penunjang Keberhasilan Anak, Mengapa?

Fisik dan Mental Sehat Penunjang Keberhasilan Anak, Mengapa?
IBU & ANAK 05 June 2018

Halodoc, Jakarta - Setiap orangtua pastinya menginginkan anaknya mencapai keberhasilan, baik dalam bidang akademis maupun non akademis. Berbagai cara pun dilakukan oleh orangtua supaya anaknya bisa sukses, di antaranya adalah dengan menyekolahkan mereka di sekolah terbaik, mengikutkan mereka ke berbagai kursus keterampilan atau kegiatan olahraga.

Namun, tidak banyak orangtua yang menyadari bahwa keberhasilan anak akan dicapai dengan keseimbangan. Keseimbangan yang dimaksud adalah keseimbangan kesehatan fisik dan mental anak. Sebab, keseimbangan antara kedua hal tersebut dapat mendorong anak mencapai potensinya untuk mencapai keberhasilan.

Dalam hal ini, orangtua memiliki peran yang penting dalam mewujudkan keseimbangan tersebut. Orangtua harus hadir bagi anak sebagai pendukung mereka, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang baik bagi kesehatan mental anak. Jangan lupa juga, orang tua harus menjaga kesehatan fisik anak dengan mengajarkan mereka gaya hidup yang sehat dengan makanan sehat dan olahraga.

Untuk membantu anak dalam mencapai keberhasilan, berikut adalah kiat-kiat yang bisa orangtua lakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental anak:

(Baca juga: Agar Lebih Dekat, Kenali Tanda Anak sedang Ingin Didengarkan)

Ajarkan Anak untuk Tenang

Ajarkanlah kepada anak bahwa hidup memang penuh misteri. Berikan pemahaman bahwa tidak selamanya hidup akan berjalan mulus, sebab terkadang hidup akan menghadapi kendala. Ketika anak menghadapi permasalahan dalam kehidupannya sehari-hari, cobalah untuk mendengarkannya dan membantunya dalam menyelesaikan masalah. Hindari untuk memberikan tekanan ketika anak belum mencapai sebuah keberhasilan.

Selain itu, orangtua juga bisa menciptakan lingkungan di rumah menjadi lebih tenang. Ajaklah anak untuk lebih menikmati hidup. Misalnya dengan mengajak anak untuk berjalan-jalan di alam, berolahraga, atau sekedar bermain dengan hewan peliharaan. Jangan lupa untuk memberi contoh pada anak bagaimana agar tetap tenang dalam menghadapi sebuah permasalahan.

Ajarkan Anak untuk Mencintai Dirinya Sendiri

Untuk mencapai sebuah keberhasilan memang tidak mudah. Terkadang, kita menekan diri kita sampai pada titik tertentu untuk mencapai keberhasilan tersebut. Akibatnya, kita bisa mengalami tekanan yang mendalam jika kita terus dipaksa untuk selalu berhasil dalam berbagai hal. Bahkan, keadaan tersebut juga bisa mendorong kita untuk membenci diri sendiri karena belum mencapai keberhasilan.

Jangan sampai anak mengalami hal tersebut. Jika anak mendorong dirinya terlalu keras, dikhawatirkan dia akan tertekan dan membenci dirinya sendiri. Keadaan tersebut tidak baik bagi kesehatannya dan keberhasilan pun tidak akan pernah bisa diraih. Untuk mengatasinya, orangtua bisa mengingatkan anak bahwa dia harus mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu.

Mencintai diri sendiri yang dimaksud adalah mengajarkan anak untuk selalu menghargai usahanya sendiri. Bahkan, ketika anak menghadapi kegagalan, ajarkan anak untuk tetap menghargai usahanya tersebut. Berikan pengertian pada anak bahwa kegagalan bukanlah hal yang menentukan dan mendefinisikan dirinya.

Orangtua sebaiknya mengajarkan anak bahwa dirinya adalah pribadi yang hebat karena sudah berusaha untuk mencapai sesuatu. Dengan begitu, anak akan lebih mencintai dan menghargai dirinya sendiri.

Ajak Anak untuk Beraktivitas

Supaya anak selalu sehat secara fisik dan mental, ada baiknya orangtua mengajak mereka untuk berkativitas. Aktivitas tersebut bisa berupa kegiatan berolahraga bersama, berkemah, menonton bersama, atau apa pun yang bisa dilakukan bersama.

Salah satu aktivitas yang bisa orangtua lakukan bersama anak adalah berolahraga bersama, seperti renang atau lari pagi. Melalui kegiatan tersebut, anak akan memiliki waktu bersama dengan orangtuanya dan dapat menciptakan ikatan yang kuat. Sehingga, anak akan memiliki kesehatan mental yang baik, karena mempunyai hubungan yang sehat dengan orangtuanya. Potensinya untuk mencapai keberhasilan juga akan semakin maksimal.

(Baca juga: Mengajarkan Tanggung Jawab pada Anak Melalui Hewan Peliharaan)

Untuk mencapai sebuah keberhasilan, memang diperlukan keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental. Begitu pun dengan anak-anak, mereka membutuhkan keseimbangan tersebut untuk berhasil.

Lebih mudah menjaga kesehatan anak dengan Halodoc. Dengan aplikasi ini, kamu dan pasangan dengan mudah bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Chat,Voice Call, atau Video Call. Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan kamu akan sampai dalam waktu satu jam. Bahkan, kamu juga bisa memesan lab service tanpa harus keluar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

 


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya