Persiapkan 3 Hal Ini Menjelang Kelahiran Si Kecil

Persiapkan 3 Hal Ini Menjelang Kelahiran Si Kecil
KEHAMILAN 20 April 2018

Halodoc, Jakarta – Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Si Kecil yang sudah ditunggu kehadirannya, sebentar lagi akan terlahir. Rasa cemas dan khawatir bercampur menjadi satu dan beradu dengan harapan “semoga ibu dan Si Kecil selamat”. Oleh karena itu, agar ibu lebih siap untuk menyambut kelahiran Si Kecil, simak persiapan kelahiran berikut ini, yuk! (Baca juga: 4 Persiapan untuk Menyambut Persalinan)

1. Perlengkapan Si Kecil

Jika ibu baru pertama kali melahirkan, tentu tak sabar menanti kelahiran Si Kecil. Biasanya, beberapa ibu akan menyiapkan perlengkapan untuk bayinya. Bayi laki-laki umumnya dibelikan perlengkapan yang berwarna biru dan bayi perempuan umumnya dibelikan perlengkapan yang berwarna merah muda (pink). Namun, jika jenis kelamin belum diketahui, umumnya dibelikan warna netral seperti kuning. Berikut ini beberapa perlengkapan bayi yang bisa ibu persiapkan menjelang kelahiran Si Kecil:

  • Baju. Saat ini ada berbagai pilihan lucu untuk baju bayi. Mulai dari kaus hingga baju terusan (jumpsuit). Agar Si Kecil nyaman, sebaiknya ibu memilih baju bayi dari bahan yang lembut dan tidak panas. Karena pertumbuhan bayi yang cepat, ibu juga bisa memilih baju dengan ukuran yang lebih besar agar tidak cepat sempit saat Si Kecil mulai tumbuh.
  • Perlengkapan mandi. Siapkan mulai dari sabun mandi, sampo, handuk, hingga bak mandi untuk Si Kecil.
  • Perlengkapan makan. Siapkan mulai dari botol susu, mangkuk, sendok, gelas, hingga sabun dan sikat botol susu untuk Si Kecil.
  • Selimut dan gendongan. Ini digunakan untuk menggendong bayi. Pilihlah selimut dan gendongan yang berbahan lembut, agar Si Kecil nyaman menggunakannya.

2. Tas Bersalin dan Rawat Inap

Karena waktu bersalin tak selalu tepat, ada baiknya ibu sudah mempersiapkan tas bersalin dan melahirkan pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan. Siapkan dalam satu tas untuk barang-barang yang dibutuhkan selama persalinan dan satu tas untuk barang-barang setelah melahirkan. Apa saja isi masing-masing tas?

  • Tas bersalin, berisi: identitas diri (KTP/SIM), kartu asuransi, formulir dan data-data rumah sakit, kontak darurat, dan barang untuk relaksasi sebelum persalinan (seperti buku, pemutar musik, dan benda lainnya).
  • Tas rawat inap, berisi: perlengkapan pribadi (seperti baju, celana, peralatan mandi, makeup, selimut, dan benda lainnya) ibu, suami, dan Si Kecil yang baru lahir. Ibu juga bisa menyiapkan bra bersalin, bantal menyusui, pompa ASI, dan gendongan bayi jika ada.

3. Persiapkan Rumah untuk Si Kecil

Persiapkan rumah agar aman dan nyaman untuk Si Kecil (babyproof). Siapkan kamar khusus Si Kecil, termasuk perlengkapan khusus untuknya. Pisahkan pembersih pakaian untuk Si Kecil dan orang tua, sebab enggak semua detergen ramah untuk bayi. Pastikan juga setiap bagian rumah aman untuk Si Kecil bermain saat mulai aktif. Misalkan dengan menutup ujung-ujung meja dan stop kontak, serta memberikan pagar pembatas kecil di setiap ruangan yang berbahaya untuk Si Kecil (seperti dapur dan kamar mandi).

Selain tiga cara di atas, ibu juga perlu berdiskusi dengan pasangan tentang pembagian peran merawat Si Kecil dan rumah. Ibu juga bisa mengajarkan pasangan tentang cara menggendong, mengganti popok, memandikan, dan hal lain yang berkaitan dengan Si Kecil. Termasuk memberitahu pasangan tentang hal yang bisa dilakukannya untuk mendukung ibu menyusui. Ini dilakukan agar tercipta kerjasama yang baik antara ibu dan pasangan, serta meminimalisir perdebatan akibat kesalahpahaman.

Agar kondisi ibu dan janin tetap sehat, jangan ragu untuk bicarakan keluhan selama kehamilan ya, bu. Ibu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: Pembukaan Lengkap Saat Melahirkan, Ketahui Lebar Jalan Lahir Bayi)


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

13 July 2018

Cuaca ‘ekstrem’ di Rusia bisa memengaruhi performa pemain di lapangan. Lalu, bagaimana cara pemain menyesuaik...

Selengkapnya

OLAHRAGA

13 July 2018

Membahas fisik dan skill, kira-kira menu latihan seperti apa sih yang bisa membuat otot bagian bawah tubuh pem...

Selengkapnya

IBU & ANAK

13 July 2018

Bagaimana dampak suplemen anak jika diberikan dengan cara yang kurang tepat? Berikut ulasannya....

Selengkapnya