4 Persiapan untuk Menyambut Persalinan

4 Persiapan untuk Menyambut Persalinan
KEHAMILAN 29 March 2018

Halodoc, Jakarta – Memasuki trimester ketiga kehamilan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh para calon orangtua. Pasalnya, setelah sembilan bulan, waktu yang paling ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, yakni hari kelahiran Si Kecil.

Normalnya seorang ibu akan melahirkan setelah sembilan bulan menjalani kehamilan dengan segala rintangan yang terjadi. Nah, agar proses persalinan berjalan lancar, ibu harus tahu nih apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kedatangan sang buah hati. Yuk, cek tips memilih hal-hal yang perlu dipersiapkan segera!

  1. Pilih Rumah Sakit dan Daftarkan

Langkah ini sangat penting dilakukan untuk memastikan ibu mendapat pertolongan terbaik untuk melahirkan. Mendaftarkan jadwal persalinan beberapa hari atau minggu sebelum waktunya tiba bisa membantu menghindari berbagai drama dan urusan administrasi yang bisa memakan waktu. Tak hanya membuat persalinan lebih nyaman, trik ini juga bisa membuat ibu ditangani secepat mungkin saat tiba waktunya sehingga bisa menekan angka kematian ibu dan bayi.

Selain itu, pilihlah rumah sakit yang tidak terlalu jauh dari rumah namun memiliki fasilitas dan pelayanan yang cukup baik. Sehingga ibu tak perlu membuang banyak waktu di perjalanan menuju ke rumah sakit untuk melahirkan.

  1. Siapa yang Mendampingi?

Ibu dan keluarga juga harus menyiapkan siapa saja yang dipilih untuk mendampingi selama proses melahirkan berjalan. ibu yang akan melahirkan benar-benar membutuhkan dukungan dari orang-orang yang dipercaya selama mempertaruhkan nyawa untuk melahirkan Si Kecil. Jadi, jangan sampai melewatkan persiapan yang satu ini, ya.

Karena memilih pendamping bersalin sangat pribadi, ada baiknya ibu memikirkan dengan matang siapa yang dipilih. Misalnya suami, orangtua atau mertua, bidan, atau teman dekat. Tentukan juga berapa jumlah orang yang diinginkan untuk menyaksikan kelahiran. Jangan sampai ruangan terlalu ramai atau terlalu sedikit yang bisa mengganggu kenyamanan ibu. Para pendamping ini juga sebaiknya sudah diberi bekal apa saja yang harus dilakukan selama di kamar bersalin.

  1. Kelas Persiapan Kelahiran

Selain mencari tahu sendiri, ada baiknya ibu juga mengikuti kelas-kelas khusus menjelang waktu persalinan. Hal ini penting untuk mematangkan apa saja yang sudah ibu pelajari sehingga bisa dipraktikkan dengan benar. Mengikuti kelas khusus ibu hamil pun bisa membantu menghindari peredaran informasi yang kurang tepat sehingga bisa menghindari ibu dari kecemasan yang tak perlu menjelang kelahiran.

Mengikuti kelas khusus ibu hamil bisa membantu melatih teknik pernapasan dan relaksasi serta cara mengejan dari orang-orang yang sudah memahami hal tersebut. Ibu juga akan lebih siap secara mental karena merasa tidak sendirian dan sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup.

  1. Tas yang Akan Dibawa

Setelah melahirkan, ibu dan bayi akan beristirahat untuk beberapa saat di rumah sakit untuk memulihkan kondisi tubuh. Artinya, penting untuk menyiapkan keperluan apa saja yang dibutuhkan keduanya selama di rumah sakit kelak.

Ibu perlu memutuskan apa saja yang dibutuhkan selama di rumah sakit dan menyusunnya di dalam tas yang akan dibawa. Usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak barang yang tidak diperlukan. Tips mengisi tas melahirkan yang tepat yaitu membawa baju ganti yang tidak terlalu ketat, perlengkapan mandi, sarung atau kain selimut dan bra khusus untuk menyusui. Siapkan juga beberapa lembar baju ganti untuk Si Kecil.

Saat ibu butuh saran ahli atau menemukan masalah jelang kelahiran, pakai aplikasi Halodoc saja. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan saran terbaik yang dapat dapat membuat ibu lebih tenang dan siap menghadapi persalinan. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

23 July 2018

Tidak hanya lemak dan karbohidrat, konsumsi terlalu banyak gula juga berbahaya. Nah, berikut ini cara melakuka...

Selengkapnya

SEKS

23 July 2018

Nyeri pada Miss V yang cukup kronis dan datang begitu saja dapat terindikasikan kamu terserang vulvodynia. Nah...

Selengkapnya

OLAHRAGA

23 July 2018

Bangun pagi adalah kebiasaan yang baik. Daripada tidur lagi, lebih baik lakukan kebiasaan yang memengaruhi met...

Selengkapnya