• Home
  • /
  • Ternyata Buah Bit Dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ternyata Buah Bit Dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ternyata Buah Bit Dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan

Halodoc, Jakarta - Buah bit merupakan sayuran akar yang populer digunakan untuk masakan. Bit mengandung vitamin esensial, mineral, dan senyawa tanaman, bahkan beberapa di antaranya memiliki sifat obat. Terlebih lagi, buah ini lezat dan mudah ditambahkan dalam list makanan selama diet. 

Buah bit mengandung serat makanan yang menjadi komponen penting dari diet sehat. Ini dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan pencernaan. Satu cangkir bit mengandung 3,4 gram serat dan menjadi sumber serat yang baik untuk pencernaan. 

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

Buah Bit Mengandung Serat yang Baik untuk Pencernaan

Serat membantu melancarkan makanan menuju usus besar, karena ia memberi makan bakteri baik dalam usus. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga pencernaan tetap teratur, serta mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit, penyakit radang usus, dan divertikulitis. 

Selain itu, serat dalam bit dapat mengurangi risiko penyakit kronis termasuk kanker usus besar, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Setiap cangkir bit hanya menyediakan 58 kalori, sehingga cocok dengan diet kalori dan memberikan beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan. 

Di samping serat yang baik, bit juga mengandung folat yang bermanfaat untuk tubuh. Memakan secangkir bit merah yang diiris dapat meningkatkan asupan serat sebesar 4 gram (15 persen) dari 26 gram yang direkomendasikan untuk wanita dan 10 persen dari 38 gram yang direkomendasikan untuk pria. 

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

Mengandung Vitamin B-9 yang Juga Baik untuk Pencernaan

Bit merah juga menawarkan manfaat pencernaan berkat kandungan vitamin B-9 atau folatnya. Dengan mengikuti diet kaya folat dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Dengan mendapatkan cukup folat dalam asupan makanan akan membantu melindungi tubuh dari risiko kanker usus besar yang lebih tinggi terkait dengan konsumsi alkohol. 

Folat juga membantu pertumbuhan sel baru, sehingga berperan dalam perbaikan jaringan, termasuk perbaikan jaringan di saluran pencernaan. Makanlah secangkir atau semangkuk buah bit dan tubuh akan menerima asupan folat sebanyak 148 gram yang merupakan 37 persen dari kebutuhan folat harian tubuh. 

Meski buah ini banyak manfaat, tapi ia mengubah feses menjadi merah sehingga tampak seperti feses berdarah. Efek ini bersifat sementara dan akan mereda dalam beberapa hari. Jika kamu khawatir tentang warna tinja yang seperti itu, cobalah bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tinja yang berwarna merah adalah efek samping yang tidak berbahaya dari memakan buah bit. Namun, ini juga bisa disebabkan oleh pendarahan di usus besar yang memerlukan perawatan medis. 

Baca juga: Minum Jus Buah Bit Sebelum Olahraga, Apa Manfaatnya?

Cara Menyajikan Buah Bit dalam Makanan

Rasa lezat buah bit dapat berbaur dengan berbagai resep. Cobalah panggang buah bit yang telah dikupas bersama wortel dan parsnip sebagai lauk sayuran akar yang sehat. Tambahkan beberapa bumbu yang menjadi andalan kamu. Campurkan lada hitam, rosemary segar, dan minyak zaitun sebelum dipanggang. 

Gunakan bit merah dalam salah satu menu makananmu, mereka sangat cocok dibaurkan dengan kale, kenari panggang, dan keju. Kamu juga bisa memarut wortel dan apel bersama dengan bit merah yang dikukus untuk salad sederhana yang padat nutrisi. Campurkan dengan jus lemon atau lemon peras, bawang putih cincang, dan minyak zaitun. Menu makanan buat bit siap disajikan! 

Referensi:
Health. Diakses pada 2020. 7 Things That Happen to Your Body When You Eat Beets
Healthline. Diakses pada 2020. 9 Impressive Health Benefits of Beets
Live Healthy. Diakses pada 2020. How Do Red Beets Affect Your Digestive System?