Minum Jus Buah Bit Sebelum Olahraga, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
minum-jus-buah-bit-sebelum-olahraga-apa-manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Rutin berolahraga merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Nah, agar tubuh mendapat khasiat yang lebih maksimal, jangan lupa untuk “merencanakan” jadwal olahraga sebaik mungkin. Termasuk jenis olahraga pilihan, intensitas, kapan dilakukan, hingga persiapan sebelum berolahraga.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah mengonsumsi segelas buah bit sesaat sebelum berolahraga. Belakangan ini, buah bit semakin populer dan banyak dikenal karena memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, yaitu membantu menstabilkan tekanan darah. Ternyata, buah bit masih menyimpan khasiat lain, salah satunya bisa dimanfaatkan bagi pecinta olahraga atau orang yang berprofesi sebagai atlet.

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

Dalam satu buah bit, terkandung banyak nutrisi penting, seperti folat, kalium, vitamin C, serat, magnesium, protein, nitrat, hingga antioksidan. Nyatanya beragam nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh dan bisa membantu melengkapi asupan gizi harian. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi segelas jus buah bit sebelum berolahraga?

Stamina Meningkat

Stamina menjadi satu hal yang penting dalam berolahraga. Menyiapkan stamina sebaik mungkin sebelum berolahraga adalah hal yang penting. Nah, mengonsumsi segelas jus buah bit disebut bisa menjadi salah satu cara meningkatkan stamina. Orang yang rutin mengonsumsi jus buah bit mampu berolahraga hingga 16 persen lebih lama dari sebelumnya.

Hal itu berkaitan dengan kandungan di dalam buah bit yang mampu merangsang peningkatan stamina tubuh. Buah bit kaya akan kandungan nitrat yang bisa diubah tubuh menjadi nitrat oksida, yaitu senyawa yang berguna untuk memaksimalkan penggunaan oksigen selama melakukan aktivitas fisik. Dengan demikian, tubuh tidak mudah kehilangan oksigen dan dapat berolahraga lebih lama.

Membentuk Kekuatan Otot

Tak hanya menambah stamina, rutin mengonsumsi segelas jus buah bit sebelum berolahraga juga bisa membantu pembentukan kekuatan otot. Bahkan, sebuah penelitian dari Washington University School of Medicine, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa mengonsumsi buah bit benar-benar bermanfaat untuk otot.

Orang yang rutin mengonsumsi segelas jus buah bit sebelum berolahraga disebut menunjukkan peningkatan kekuatan otot hingga 13 persen dibanding sebelum mengonsumsi. Hal ini berkat kandungan nitrat yang tinggi dalam buah bit. Kandungan nitrat dapat membantu melancarkan aliran darah pada pembuluh vena dan arteri, sehingga dapat meningkatkan fungsi serta kekuatan otot.

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

Performa Olahraga yang Memuaskan

Performa olahraga juga meningkat saat seseorang rutin mengonsumsi segelas jus buah bit. Kebiasaan ini disebut dapat meningkatkan kecepatan mengayuh sepeda maupun berlari pada para atlet. Mengonsumsi jus buah bit sebelum berolahraga disebut mampu meningkatkan kekuatan dan ketangkasan dalam berolahraga.

Yang Perlu Diperhatikan saat Mengonsumsi Buah Bit

Buah bit memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Meski begitu, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi jus buah ini. Buah bit ternyata masuk dalam jenis buah yang memiliki kandungan gula cukup tinggi. Artinya, orang dengan riwayat gula darah tinggi atau penyakit diabetes harus berhati-hati.

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

Bukan berarti buah bit menjadi pantangan dan tidak dianjurkan bagi pengidap diabetes. Tapi, sebaiknya selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai rutin minum jus buah bit, sehingga khasiatnya bisa didapat secara utuh serta kesehatan tubuh pun tetap terjaga.

Kamu bisa coba membicarakan rencana konsumsi jus buah bit dengan dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!