• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buah-buahan Ini Aman Dikonsumsi Pengidap GERD
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buah-buahan Ini Aman Dikonsumsi Pengidap GERD

Buah-buahan Ini Aman Dikonsumsi Pengidap GERD

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 10 Desember 2021
Buah-buahan Ini Aman Dikonsumsi Pengidap GERD

“Pengidap penyakit asam lambung alias GERD harus berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat gejala menjadi lebih buruk dan nyeri akibat GERD menjadi lebih parah. Salah satu jenis makanan yang dianjurkan dan baik dikonsumsi adalah buah-buahan.”

Halodoc, Jakarta - Buah memang dikenal punya banyak kandungan nutrisi yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Serat, vitamin, dan mineral adalah beberapa di antaranya. Akan tetapi, tidak semua jenis buah aman untuk dikonsumsi oleh para pengidap GERD alias penyakit asam lambung

Jika kamu termasuk kelompok yang memiliki riwayat masalah kesehatan tersebut, jenis buah yang dianjurkan untuk dihindari adalah buah yang punya rasa asam atau disebut dengan buah sitrus. Ini termasuk lemon, jeruk, kiwi, atau sirsak. Pasalnya, mengonsumsi buah dengan rasa asam bisa membuat gejala asam lambung justru memburuk.



Jenis Buah yang Aman untuk Pengidap GERD

Jangan khawatir, masih banyak kok jenis buah lain yang bisa dikonsumsi para pengidap GERD, bahkan bisa mendatangkan efek positif untuk tubuh. Beberapa di antaranya, yaitu: 

  • Pisang

Buah jadi pilihan camilan sehat terbaik untuk pengidap GERD saat merasa lapar sebelum waktu makan tiba. Pisang mengandung senyawa aktif yang berfungsi melawan asam dalam tubuh, juga kandungan kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Selain itu, pisang juga mengandung serat yang bisa melancarkan pencernaan sehingga mengurangi refluks asam lambung. 

  • Pepaya 

Buah lain yang dianjurkan untuk pengidap GERD adalah pepaya. Buah ini mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium. Tidak hanya itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan. 

  • Melon 

Lalu, ada juga buah melon yang aman untuk pengidap GERD. Seperti halnya buah pisang, melon juga merupakan buah yang mengandung basa, sehingga sangat efektif untuk melawan asam. 

  • Semangka 

Semangka dikenal sebagai buah yang segar dan mengandung banyak air. Jenis buah ini ternyata juga aman dikonsumsi pengidap penyakit asam lambung. terdapat kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino dalam satu buah semangka. Buah satu ini juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi sekaligus membantu menetralkan asam lambung sehingga mengurangi refluks. 

  • Apel 

Buah apel mengandung banyak vitamin, di antaranya vitamin A, C, D, dan B. Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium. Beragam kandungan tersebut bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan dan membantu menenangkan perut pada pengidap penyakit asam lambung. 

  • Buah Persik

Buah persik juga aman untuk pengidap GERD. Buah ini memiliki banyak kandungan kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12, dan C. Buah persik mungkin memiliki kandungan asam, tetapi tergolong rendah dan aman untuk pengidap penyakit asam lambung.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan pola makan dan pola hidup yang sehat, ya! Jika gejala GERD yang kamu alami tidak membaik, segera tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Agar #SehatmuTerlindungi setiap saat, kamu bisa memanfaatkan Garda Healthtech. Caranya sangat mudah kok, cukup ikuti langkah berikut: 

  1. Buka aplikasi Halodoc, lalu klik Perlindungan Kesehatan pada menu Penunjang Kesehatan.
  2. Kemudian, pilih jelajahi pilihan paket.
  3. Selanjutnya, sesuaikan saja dengan kebutuhan perlindunganmu saat ini.
  4. Pastikan kamu pelajari setiap detail paket yang ditawarkan sebelum memilih. Setelahnya, klik lanjutkan.
  5. Lengkapi data yang dibutuhkan dengan benar, lalu lanjutkan ke tahap pembayaran. 

Dengan bergabung bersama Garda Healthtech, kamu akan mendapatkan jaminan tanya jawab dengan dokter umum maupun dokter spesialis serta beli obat baik secara online melalui aplikasi Halodoc atau saat berkunjung ke rumah sakit. Proses keanggotaannya pun sudah pasti lebih cepat, mudah, dan praktis. 

Terlebih, sekarang Garda Healthtech sedang memberikan promo akhir tahun yang sangat menarik untukmu. Kamu berkesempatan mendapatkan jaminan rawat jalan selama satu tahun hanya dengan membayar sebesar Rp299.000! Periode promonya mulai tanggal 12-31 Desember 2021 mendatang. Yuk, download aplikasi Halodoc dan bergabung sekarang juga bersama Garda Healthtech!

Referensi: 
Livestrong. Diakses pada 2021. Fruits and Vegetables That Are Safe to Eat With GERD.
Food NDTV. Diakses pada 2021. 6 Fruits To Combat Acid Reflux Stress.
Georgia Reflux Surgery. Diakses pada 2021. Feeling Fruity? Low Acid Fruits for Your Heartburn Diet.
Healthline. Diakses pada 2021. What to Drink for Acid Reflux.