• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Buah-buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

8 Buah-buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Berpuasa akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Karena hal tersebut, seseorang yang berpuasa harus menjaga asupan makanan agar tubuh tetap terasa sehat dan bugar. Salah satu makanan sehat yang direkomendasikan untuk santap sahur adalah buah-buahan, karena kaya akan vitamin dan mineral.

Baca juga: Buah-Buahan Segar yang Bisa Turunkan Kolesterol

Selain itu, serat dan gula dalam buah-buahan mampu memberikan tubuh energi untuk beraktivitas. Berikut buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat sahur: 

  • Kurma

Kandungan glukosa, vitamin A, B2, B12, mineral, kalsium, sulfat, sodium, fosfor, potasium, serta magnesium dalam kurma mampu membantu menjaga kesehatan tubuh, serta menghasilkan energi untuk beraktivitas. Kurma sendiri berguna untuk mengurangi tekanan darah, anti inflamasi, serta mengurangi resiko stroke.

  • Pisang

Buah pisang mengandung vitamin A, B1, B2, serta vitamin C. Jika buah pisang dikonsumsi saat sahur, maka seseorang akan mengalami kenaikan suasana hari, merasa kenyang lebih lama. Selain itu, pisang juga mampu mengikat lemak, mengatur cairan dan elektrolit, serta menurunkan berat badan. 

  • Apel

Buah apel mengandung vitamin A, B, dan C cocok dikonsumsi saat sahur. Makanan sehat yang satu ini mampu membantu tubuh dalam menurunkan nafsu makan berlebihan, sehingga kamu tidak akan merasa lapar setelah berpuasa seharian. Apel dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi beberapa jenis makanan, seperti pai apel, salad buah, atau puding apel.

Baca juga: Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar

  • Alpukat

Alpukat memiliki kandungan serat tinggi yang baik dikonsumsi saat sahur. Bukan hanya itu saja, makanan sehat ini juga mengandung tinggi lemak sehat, serta protein nabati yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, alpukat juga mampu menurunkan kadar kolesterol, menjaga kulit, serta kesehatan kuku dan rambut.

  • Kiwi

Sama seperti buah apel, buah kiwi juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yang mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Buah ini baik dikonsumsi guna menjaga kesehatan organ pencernaan, serta mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, kandungan gula fruktosa yang rendah dalam kiwi dapat membantu tubuh untuk memecah glukosa, sehingga kadar gula dalam darah terjaga dengan baik. 

  • Blewah

Buah blewah mampu membantu penyerapan zat-zat dalam makanan. Makanan sehat yang kaya vitamin A ini mampu membantu menyerap zat-zat yang tidak diperlukan dari makanan, obat-obatan, serta mampu mengatasi mual akibat naiknya asam lambung.

  • Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan isotonik yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain itu, air kelapa juga dapat mengobati lambung yang terasa perih karena asam lambung yang meningkat. Untuk membantu mengontrol gula darah, serta menurunkan kadar kolesterol, para pengidap darah tinggi direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan sehat ini.

  • Pepaya

Buah pepaya dikenal baik bagi sistem pencernaan, makanan sehat yang satu ini mengandung banyak vitamin C, serta pro-vitamin A yang mampu membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan. Mengonsumsi buah pepaya saat berbuka juga dapat mengurangi rasa mual.

Baca juga: Alpukat Bisa Tingkatkan Berat Badan Anak, Benarkah?

Jika kamu adalah pengidap masalah kesehatan tertentu dan ingin mengonsumsi buah-buahan tersebut, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Meskipun buah-buahan tersebut mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, gejala alergi bisa saja muncul pada sebagian orang. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan?

Referensi:
Idn Times. Diakses pada 2020. 5 Buah Ini Cocok Dikonsumsi saat Sahur, Penuh Nutrisi!
Health & Wellness. Diakses pada 2020. From Sahur to Iftar: Healthy Eating Practices for the Fasting Month.
The National. Diakses pada 2020. The best foods to eat and avoid during iftar and suhour.