28 October 2018

Ini 6 Efek Samping Air Kelapa Bagi Kesehatan

Ini 6 Efek Samping Air Kelapa Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Air kelapa bukan hanya bisa dijadikan sebagai bahan baku minuman segar, tapi air kelapa bisa juga dipercaya mampu menyembuhkan beberapa keluhan penyakit misalnya alergi, demam berdarah, diare, serta membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu mendapatkan kulit mulus. Alasannya karena air kelapa mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, asam amino, enzim, mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium, potasium, magnesium, mangan dan seng.

Meski banyak manfaat, air kelapa tidak selamanya memberikan manfaat bagi kesehatan. Terdapat juga efek samping air kelapa bila dikonsumsi terlalu banyak. Di antaranya adalah:

1. Memiliki Sifat Diuretik

Efek samping air kelapa bila terlalu banyak dikonsumsi bisa membuat kamu sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki sifat diuretik. Meskipun salah satu manfaat dari air kelapa bisa menghidrasi tubuh, tapi bila terlalu banyak meminumnya membuatnya menjadi tidak sehat.

2. Tidak Sepenuhnya Menghilangkan Dehidrasi

Rasanya memang segar bila sehabis menjalankan aktivitas yang melelahkan kamu mengonsumsi air kelapa. Di dalam air kelapa terdapat kandungan mineral dan vitamin baik untuk dikonsumsi setelah kamu melakukan aktifitas yang melelahkan dan memeras keringat. Tapi, sebenarnya minum air kelapa saja tidak cukup. Pasalnya, ketika tubuh mengeluarkan keringat, tubuh akan kekurangan sodium. Nah, sodium pada air kelapa tidaklah cukup untuk mengganti kekurangan sodium di tubuh kamu. Jadi, sebaiknya tetaplah mengonsumsi air mineral untuk mencukupi kebutuhan sodium.

3. Menyebabkan Ketidakseimbangan Elektrolit

Di dalam air kelapa terdapat kandungan kalium yang tinggi yang baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi air kelapa terlalu berlebihan bisa memicu terjadinya hyperkalemia. Ini merupakan kondisi ketika jumlah kalium dalam darah sangat tinggi yang bisa melambatkan detak jantung.

4. Bertindak Sebagai Pencahar

Efek samping air kelapa bila terlalu berlebihan bisa memunculkan masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan air kelapa juga termasuk pencahar alami. Bagi kamu yang sedang mengalami sembelit, air kelapa sebenarnya bagus untuk membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.  Tapi, manfaat ini bisa jadi tidak cocok untuk beberapa orang yang mengalami masalah dengan buang air besar.

5. Tidak Cocok Sebagai Asupan Harian untuk Diet

Memang air kelapa menjadi minuman yang rendah lemak, tapi bukan berarti menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami. Hal ini dikarenakan efek samping air kelapa bila dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat kamu mengalami diare.

6. Menimbulkan Kejang Otot

Jangan mengonsumsi air kelapa secara berlebihan ketika kamu sedang berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Hal ini dikarenakan salah satu efek samping air kelapa, yakni bisa menimbulkan kejang otot dan rasa lelah di badan akibat dari kadar kalsium dalam kandungan air kelapa yang terlalu berlebihan.

Itulah enam efek samping air kelapa bagi tubuh. Meskipun air kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh, kamu harus tetap waspada dengan efek samping air kelapa. Ada baiknya untuk menjaga kesehatan kamu juga mengonsumsi vitamin. Kamu bisa membeli vitamin maupun obat di aplikasi Halodoc melalui layanan Pharmacy Delivery. Aplikasi ini bisa mengantarkan pesanan kamu tidak lebih dari satu jam ke alamat tujuan kamu. Untuk menggunakan aplikasi Halodoc, kamu perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca Juga: