• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Hanya Meletakkan Anting, Ini Fungsi Lain Daun Telinga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Hanya Meletakkan Anting, Ini Fungsi Lain Daun Telinga

Bukan Hanya Meletakkan Anting, Ini Fungsi Lain Daun Telinga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Januari 2022

“Daun telinga adalah salah satu bagian tubuh yang masih banyak orang tidak tahu fungsinya. Dengan mengetahui fungsinya, kamu mungkin akan lebih menjaga bagian ini karena bisa saja memengaruhi telinga di bagian yang lebih dalam.”

Bukan Hanya Meletakkan Anting, Ini Fungsi Lain Daun Telinga

Halodoc, Jakarta – Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi penting untuk aktivitas sehari-hari. Meski begitu, masih banyak orang yang bingung terkait manfaat dari daun telinga. Maka dari itu, setiap orang perlu tahu manfaat dari bagian telinga ini, karena sebenarnya juga cukup penting. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut!

Fungsi Daun Telinga yang Perlu Diketahui

Daun telinga (lobulus auriculae) adalah bagian telinga luar yang lembut dan memiliki tulang rawan yang mengandung suplai darah yang besar dengan banyak ujung saraf. Untuk sebagian orang, bagian telinga ini termasuk dalam zona sensitif seksual. Selain itu, genetika berperan terkait bentuk daun telinga seseorang, apakah besar, melebar, atau lainnya.

Daun telinga juga dapat menjadi pertanda jika terjadi masalah pada tubuh, terutama saat alami pembengkakan. Masalah ini umumnya disebabkan oleh alergi, infeksi, atau bahkan cedera. Kamu juga dapat mengalami masalah radang atau infeksi pada telinga yang disebabkan oleh tindikan. Ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan jika hal ini terjadi.

Lalu, apa sih fungsi sebenarnya dari daun telinga? Berikut jawabannya:

1. Menjaga Telinga Tetap Hangat

Salah satu manfaat dari daun telinga adalah mampu menjaga telinga agar tetap hangat. Hal ini karena bagian tersebut memiliki suplai darah yang banyak, sehingga bagian tersebut tidak mudah untuk kedinginan. 

2. Menyaring Frekuensi Suara

Daun telinga juga mampu menyaring frekuensi suara yang masuk ke telinga. Hal ini karena beberapa frekuensi suara mampu bagian dalam telinga, sehingga penyaringan diperlukan. Jika frekuensinya dapat diterima, maka kamu akan mendengar suaranya.

3. Menangkap Lokasi Suara

Perlu diketahui juga jika daun telinga mampu menangkap gelombang telinga dan meneruskannya ke dalam agar dapat didengar sehingga diketahui sumber arah suara. 

4. Menangkap Suara

Bagian ini juga dapat menangkap suara dan mengarahkannya ke saluran telinga bagian dalam agar suaranya dapat diperkuat. Gelombang suara dapat membuat gendang telinga bergetar yang akhirnya diartikan sebagai bunyi.

5. Pelindung Telinga Bagian Dalam

Kamu juga perlu tahu jika daun telinga sangat berguna untuk melindungi telinga bagian dalam yang tentu saja lebih rentan untuk terkena gangguan. Maka dari itu, bagian ini kerap memiliki rambut halus yang berguna untuk menyaring benda asing yang berusaha masuk ke dalam telinga.

6. Menjaga Keseimbangan

Daun telinga juga sangat penting untuk menjaga keseimbangan, baik tekanan darah atau tekanan udara. Contohnya pada saat naik pesawat, perbedaan udara terjadi perubahan secara signifikan sehingga menimbulkan rasa sakit pada telinga. Nah, daun telinga dapat meningkatkan tekanan udara sehingga rasa sakit tersebut mereda.

Nah, itulah beberapa fungsi dari daun telinga yang tidak banyak orang tahu. Beberapa fungsi dari bagian telinga ini sangat penting sehingga perlu dijaga kesehatannya. Sebab, jika daun telinga bermasalah, bisa jadi bagian dalamnya juga dapat mengalami gangguan yang dapat membahayakan.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait segala hal yang berhubungan dengan bagian pendengaran, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa kamu dapatkan di mana saja dan kapan saja!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. Anatomy of the Earlobe.
Wikipedia. Diakses pada 2022. Earlobe.