Alergi

Pengertian Alergi

Apa yang Anda ingat jika mengingat kata “alergi?” Reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap “berbahaya” itulah yang disebut dengan alergi. Perlu diketahui bahwa alergen atau subtansi pemicu terjadinya Alergi hanya terjadi pada orang yang memiliki alergi tersebut. Pada orang lain, faktor pemicu tidak akan memicu reaksi kekebalan tubuh.

Gejala Alergi

Saat terjadi alergi, tubuh akan memproduksi antibodi karena menganggap hal itu berbahaya. Jika tubuh meningkatkan jumlah antibodi terhadap pemicu alergi maka akan memicu pelepasan senyawa kimia yang menyebabkan gejala-gejala alergi.

Beberapa gejala yang umumnya muncul adalah bersin, batuk, sesak nafas, ruam, hidung berair, pembengkakan pada wajah, mulut atau lidah, gatal & merah pada mata, dan mata berair. Setiap orang yang mengidap alergi memberikan respon yang berbeda-beda, alergi pun ada yang tergolong ringan ada juga yang tergolong berat. Beberapa alergi bahkan berakibat fatal yang disebut anafilaksis yang memerlukan penanganan medis darurat.

Penyebab Alergi

Ada cukup banyak hal yang bisa menyebabkan alergi. Namun beberapa diantaranya adalah gigitan serangga, tungau debu, bulu hewan, obat-obatan, makanan tertentu, serta serbuk sari.

Pengobatan Alergi

Jika kamu memiliki alergi, sebaiknya sedia selalu obat anti alergi jika tiba-tiba alergi kambuh. Hubungi juga dokter untuk mendapat penanganan terhadap alergi dengan tepat.

Pencegahan Alergi

Cara paling mudah untuk mengcegah alergi adalah dengan menghindari diri dari alergen atau hal-hal yang dapat memicu terjadinya alergi. Kamu juga harus selalu membawa obat anti alergi untuk berjaga-jaga kemana pun pergi.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika mengalami tanda dan gejala alergi di atas, segera berbicara dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapat penanganan yang tepat.