• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Hanya Mengurangi Mata Panda, Ini 4 Manfaat Masker Mata
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Hanya Mengurangi Mata Panda, Ini 4 Manfaat Masker Mata

Bukan Hanya Mengurangi Mata Panda, Ini 4 Manfaat Masker Mata

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Desember 2022

“Selain mengurangi mata panda, ada berbagai manfaat lainnya dari masker mata. Seperti misalnya untuk menghilangkan kerutan di bawah mata hingga membuat mata menjadi lebih rileks.”

Bukan Hanya Mengurangi Mata Panda, Ini 4 Manfaat Masker MataBukan Hanya Mengurangi Mata Panda, Ini 4 Manfaat Masker Mata

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan terlihat segar. Mulai dari mengonsumsi berbagai makanan sehat, melakukan kegiatan yang tidak merusak mata, hingga melakukan perawatan pada mata. Bukan hanya wajah, kamu juga bisa menggunakan masker mata sebagai perawatan agar kesehatan kulit pada area mata terjaga dengan baik.

Penggunaan masker mata terbukti mampu mengurangi gejala mata panda. Selain itu, ada berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan ketika rutin menggunakan masker mata. Yuk, simak ulasan mengenai manfaat masker mata sebagai langkah perawatan kesehatan berikut ini!

Manfaat Masker Mata

Mata menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Dengan terjaganya kesehatan mata, maka kamu bisa menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari dengan lancar. 

Hampir serupa dengan bagian tubuh yang lain, mata juga memerlukan istirahat dan perawatan yang tepat. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu akan terhindar dari berbagai keluhan kesehatan yang menyebabkan gangguan pada mata.

Ada berbagai keluhan yang kerap terjadi saat mata tidak mendapatkan perawatan yang baik, seperti:

  • Penglihatan ganda.
  • Mata kering.
  • Nyeri pada mata.
  • Pusing.
  • Kesulitan konsentrasi.

Namun, banyak kondisi mata yang tidak membaik meskipun telah mendapatkan istirahat yang cukup. Untuk itu, kamu perlu melakukan berbagai perawatan lainnya agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan masker mata.

Menggunakan masker mata atau eye mask juga dikenal bisa membantu kamu untuk menghilangkan mata panda. Selain faktor kurang tidur, mata panda juga bisa terjadi akibat dehidrasi yang membuat kulit pada area mata mengalami gangguan.

Dengan menggunakan eye mask, kebiasaan ini membuat kulit di sekiitar mata menjadi sehat sehingga kehitaman dapat memudar secara perlahan. Selain mengatasi mata panda, berikut ini manfaat lainnya menggunakan masker mata:

1. Membuat Mata Menjadi Lebih Rileks

Penggunaan masker mata dapat membuat mata menjadi lebih rileks. Untuk mendapatkan manfaat lebih baik, kamu bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin agar eye mask yang kamu gunakan memiliki sensasi dingin.

2. Mengatasi Kerutan Bawah Mata

Kulit pada bagian mata lebih tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Selain itu, paparan langsung dari sinar matahari atau polutan dapat membuat kulit di bawah mata lebih cepat memiliki kerutan.

Dengan penggunaan masker mata yang sesuai, kamu bisa membuat kerutan pada area mata menghilang atau tersamarkan secara perlahan.

3. Mengatasi Mata Lelah

Terlalu banyak menatap layar gadget dapat menyebabkan mata menjadi kelelahan. Untuk mengatasi ini, kamu bisa menggunakan eye mask yang mengandung vitamin C dan ginseng agar kesegaran mata dapat kembali secara optimal.

4. Mengatasi Kantung Mata

Penggunaan eye mask juga bisa kamu gunakan untuk membantu dalam mengatasi kantung mata. Ada berbagai penyebab yang menyebabkan kamu memiliki kantung mata, seperti kurang tidur, menangis, alergi, hingga mengonsumsi garam terlalu banyak.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin menggunakan eye mask. Jangan ragu untuk segera lakukan pemeriksaan pada dokter mata ketika keluhan kesehatan pada mata yang kamu rasakan tidak membaik dalam waktu beberapa hari. 

Kamu bisa buat janji pemeriksaan menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Elle. Diakses pada 2022. The 17 Best Under-Eye Masks For Puffiness, Dark Circles, And Wrinkles.
Rapid Aid. Diakses pada 2022. Benefits of A Cold Gel Eye Mask.