23 July 2017

Bukan Hanya Nikmat, Ini 5 Manfaat Cokelat Bagi Tubuh

Bukan Hanya Nikmat, Ini 5 Manfaat Cokelat Bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Rasanya semua orang baik anak-anak, remaja,  sampai orang tua menyukai makanan yang satu ini. Makanan enak ini bisa dengan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan maupun toko makanan dengan berbagai variasi rasa yang menggoda. Cokelat memang memiliki rasa yang khas dan nikmat. Dibalik kenikmatannya, ternyata cokelat juga memiliki beberapa manfaat. Kandungan utama cokelat adalah kokoa. Zat flavanol dalam kokoa memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel yang memengaruhi risiko kesehatan seperti sakit jantung. Untuk mengetahui  manfaat cokelat untuk kesehatan lainnya berikut daftarnya.

1.  Kaya Kandungan Mikronutrien
Di dalam cokelat terdapat kandungan delapan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu cokelat juga mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin A, B1, B2, E, dan mineral, termasuk magnesium, zat besi, kalium, dan fosfor.

2.  Efek Stimulan bagi Tubuh
Kakao yang merupakan tanaman penghasil cokelat, memiliki beberapa komponen dengan efek stimulan pada tubuh. Salah satunya termasuk kafein, yang merupakan stimulan fisik, pencernaan, otak, teobromin, serta teofilin.

3.  Meningkatkan Mood
Cokelat dipercaya bisa meningkatkan mood karena komponen feniletamin di dalamnya. Beberapa kandungan dari cokelat juga dikenal memiliki efek antidepresan. Bukan hanya itu, magnesium juga memiliki peran untuk menjaga keseimbangan mood agar tetap stabil.

4.  Mengandung Antioksidan
Kandungan antioksidan bukan hanya didapatkan pada sayur dan buah, tapi terdapat juga pada cokelat. Antioksidan dipercaya memiliki peran untuk melindungi sistem kardiovaskular tubuh dan mencegah timbulnya kanker.

5.  Menekan Risiko Penyakit Kardiovaskular
Untuk cokelat hitam sendiri juga memiiki manfaat untuk menghindari seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Efek-efek yang bisa didapatkan antara lain:

1. Menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi cokelat bisa menekan tekanan darah sistolik sampai dua poin.
2. Meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. Manfaat cokelat juga bisa menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.
3. Manfaat cokelat juga dipercaya bisa mencegah diabetes dengan cara memperbaiki resistansi insulin. Untuk pengidap diabetes tipe 2, manfaat cokelat yang bisa dirasakan adalah mengurangi komplikasi dari gula darah yang tinggi.
4. Cokelat hitam yang dikonsumsi juga dipercaya bisa mengurangi sindrom kelelahan kronis yang dialami tiap hari.
5. Cokelat hitam memiliki banyak kandungan akan antioksidan yang disebut polifenol yang berguna untuk memperlancar aliran darah. Para peneliti meyakini jika polifenol bisa meningkatkan aliran darah ke kaki dengan memengaruhi biokimia yang membuat arteri cepat melebar.

Manfaat cokelat di atas memang baik untuk kesehatan. Namun bila kamu mengonsumsinya secara berlebihan tentu akan memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatnya berat badan. Seseorang akan merasakan  manfaat cokelat bila dikonsumsi dalam jumlah wajar.

Dengan mengetahui manfaat cokelat untuk kesehatan, yuk coba rutin mengonsumsi cokelat mulai sekarang. Khasiatnya sudah terbukti baik untuk kesehatan. Untuk tips kesehatan lainnya, tanyakan langsung pada yang ahli melalui aplikasi Halodoc saja. Kamu dapat  berinteraksi dengan ribuan dokter umum dan juga dokter spesialis yang telah standby 24/7 untuk menjawab segala pertanyaan secara GRATIS. Kamu juga bisa beli obat melalui smartphone dengan layanan Pharmacy Delivery. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!

Baca Juga: Intip 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan