• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bumil, Ini 6 Fakta Unik Mengenai Kehamilan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bumil, Ini 6 Fakta Unik Mengenai Kehamilan

Bumil, Ini 6 Fakta Unik Mengenai Kehamilan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Agustus 2022

“Ada banyak fakta unik terkait kehamilan yang tidak banyak orang tahu. Salah satunya adalah momen melahirkan dapat setara seseorang sehabis lari maraton.”

Bumil, Ini 6 Fakta Unik Mengenai Kehamilan

Halodoc, Jakarta – Kehamilan bisa jadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan tertentu. Untuk wanita yang baru pertama kali hamil, ada berbagai fakta terkait kehamilan yang mungkin baru pertama kali didengar.

Memang ada banyak sekali fakta unik yang berhubungan dengan kehamilan dan terkadang tidak masuk akal. Padahal, ternyata hal tersebut benar adanya tanpa ada yang mengetahui sebelum dilakukan riset.

Berbagai Fakta Unik Terkait Kehamilan

1. Melahirkan Setara Maraton

Salah satu fakta unik yang tidak banyak orang tahu, ternyata wanita yang melahirkan layaknya sedang lari maraton. Tubuhnya mendorong seluruh kekuatan yang dimiliki agar persalinan yang normal bisa terjadi.

Lebih beratnya lagi, wanita yang sedang menjalani proses melahirkan, tubuhnya tidak diberi waktu istirahat. Ia harus terus mengeluarkan tenaga untuk “mendorong” bayi keluar dari tubuh. Bahkan, ada tuntutan agar dirinya bisa mengurus bayi setelah persalinan tersebut.

2. Rasa Sakit saat Persalinan

Ada saja pria yang menyepelekan rasa sakit yang dialami oleh wanita saat persalinan. Padahal, proses melahirkan dapat menjadi perjuangan hidup dan mati bagi sang ibu dan janinnya.

Coba dibayangkan, saat proses melahirkan, wanita harus menahan rasa sakit seperti 20 tulang patah secara bersamaan. Tentu rasa sakitnya tidak tertahankan, ditambah harus tetap fokus untuk mengeluarkan tenaga, agar bayi dapat dilahirkan dengan normal.

3. Janin Makan Lebih Dahulu

Tidak banyak yang tahu jika bayi mengambil semua nutrisi yang dibutuhkannya lebih dulu dibandingkan ibunya. Saat ibu sedang makan, bayi memiliki urgensi untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya terlebih dahulu. Maka dari itu, saat bayi dilahirkan, ia mesti dilatih untuk terbiasa hidup di luar rahim.

4. Aktivitas Janin dalam Rahim

Saat pemeriksaan kesehatan kehamilan, ada banyak aktivitas yang dilakukan oleh bayi yang masih di dalam rahim. Ia mungkin mengisap jempol, tangannya saling berpegangan, hingga masturbasi. Beberapa orang tua mungkin keheranan melihat aktivitas yang dilakukan janinnya selama pemeriksaan USG.

5. Janin Juga Buang Air Kecil

Mungkin jadi fakta baru bagi para ibu hamil, ternyata janin di dalam rahim juga buang air kecil. Hal ini bisa terjadi saat ginjal sudah terbentuk, berarti saat usianya sudah memasuki minggu ke-13 hingga ke-16 dari kehamilan.

6. Ukuran Rahim Setara Semangka

Fakta lainnya yang menarik terkait kehamilan adalah ukuran rahim yang terus membesar. Sebelum hamil, ukuran rahim hanya sebesar lemon. Saat hamil dan usianya terus bertambah, ukurannya bisa berkembang hingga sebesar semangka. Pertumbuhannya hampir 500 kali lipat dari awal.

Itulah berbagai fakta unik tentang kehamilan yang mungkin banyak wanita masih belum ketahui. Memang beberapa fakta yang disebutkan mengejutkan dan mungkin menimbulkan rasa khawatir. Meski begitu, tetap usahakan yang terbaik agar persalinan bisa terjadi dengan normal.

Ibu juga bisa lho melakukan pemesanan untuk pemeriksaan kehamilan melalui fitur janji medis dari aplikasi Halodoc. Nikmati kemudahan terkait hal ini dengan download aplikasi Halodoc, gunakan aplikasi ini dimana dan kapan saja!

Referensi:
Immunify Me. Diakses pada 2022. 5 Surprising Things About Pregnancy You May Not Have Known.
Lil Zippers. Diakses pada 2022. 16 Really Weird Facts About Pregnancy.
Mom. Diakses pada 2022. 30 Weird and Totally Normal Facts About Pregnancy.