11 April 2019

Cara Agar Badan Tetap Bugar Saat Puasa

Cara Agar Badan Tetap Bugar Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Puasa sebenarnya bukan menjadi alasan untuk malas bergerak, sehingga membuat tubuh jadi lemas atau tidak bugar. Sebenarnya cara menjaga agar badan tetap bugar selama puasa gampang kok. Penasaran seperti apa tips-tipsnya? Nah, berikut selengkapnya:

1. Tetap Berolahraga

Saat menjalankan ibadah puasa, bukan berarti aktivitas fisik harus distop. Kamu bisa kok tetap berolahraga setelah atau sebelum berbuka. Nah, berikut beberapa olahraga yang bisa dicoba:

Jogging

Olahraga sejuta umat ini juga bisa kamu coba selama berpuasa. Kamu bisa melakukannya 30 menit sebelum berbuka. Jogging punya banyak manfaat lho bagi kesehatan. Rutin ber-jogging amat baik bagi kesehatan jantung. Pasalnya, olahraga ini bisa meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas tertinggi.

Baca juga: Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh

Yoga

Bagi kamu yang baru menjajal olahraga ini, lakukanlah dengan intensitas yang ringan agar enggak menguras tenaga. Yoga juga bisa menjadi olahraga bagi kamu yang ingin berolahraga cukup intens dalam waktu singkat.  

Bersepeda

Sama halnya seperti jogging, bersepeda juga termasuk olahraga yang baik bagi sistem kardiovaskular. Kamu bisa mencoba olahraga ini pada sore hari sambil memburu takjil. Jika enggak tertarik untuk berkeliling, kamu bisa kok mencoba sepeda statis sebagai alternatifnya.

Olahraga yang satu ini bisa meningkatkan kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung. Selain itu, rutin bersepeda juga baik untuk mengencangkan dan membangun otot, terutama di bagian bawah tubuh. Contohnya, betis dan paha.

Beban Tubuh

Olahraga yang satu ini cukup sederhana, kamu bisa melakukan dimanapun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu. Misalnya, kamu bisa mencoba push up, sit up, jumping jack agar tubuh tetap aktif bergerak.

Yang perlu diingat, ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan saat hendak berolahraga saat di bulan puasa. Misalnya, intensitas atau waktunya. Nah, agar olahraga bisa berjalan dengan efektif selama puasa, berikut tips-tips yang bisa kamu coba.

  • Jika tidak kuat, kurangi jam latihan. Misalnya, dari satu jam menjadi 30 menit.

  • Kurangi intensitas dan gerakan tubuh jadi lebih ringan. Contohnya, perlambat langkah saat berlari.

  • Boleh dilakukan pada pagi hari bila telah terbiasa.

  • Hindari olahraga yang mengeluarkan banyak keringat karena bisa menyebabkan dehidrasi.

  • Bagi yang tidak terbiasa di pagi hari, cobalah di sore hari (17.00)

  • Sebaiknya olahraga tetap dilakukan minimal tiga kali seminggu.

Baca juga: Jelang Puasa, Ingat-Ingat Olahraga Ini Bila Ramadan Tiba

2. Perhatikan Asupan Makanan dan Cairan

Saat puasa cobalah minum banyak air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Pada dasarnya, orang dewasa memerlukan sekitar dua liter perhari, atau setidaknya 8 gelas perhari, ataupun setara 250 mililiter setiap gelasnya. Jadi, bukan sembarang delapan gelas per hari saja.

Strategi 2–4–2, minumlah 2 gelas saat sahur dan menjelang imsak. Lalu, 4 gelas dari buka puasa sampai makan malam. Kemudian, 2 gelas lagi saat menjelang tidur.

Nah, agar kesehatan tubuh terjaga dan badan tetap bugar selama puasa, cobalah terapkan pola makan bergizi seimbang. Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Dihindari Saat Menjalankan Ibadah Puasa

3. Cukupi Kebutuhan Tidur

Ingat, kekurangan tidur bisa membuat kita jadi rentan terserang masalah kesehatan fisik, karena turunnya kualitas sistem imun tubuh. Di samping itu, kekurangan tidur juga bisa menimbulkan masalah psikis, dari menurunkan suasana hati, stres, hingga depresi.

Lalu, berapa sih waktu tidur malam yang ideal? Menurut rekomendasi durasi tidur National Sleep Foundation, usia 18–64 tahun setidaknya memerlukan tidur selama 7–9 jam.

Mau tahu agar badan tetap sehat dan bugar selama puasa? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!